Operator kereta api (KA) barang lokal di Jerman, Bentheimer Eisenbahn telah menyatakan kesiapannya untuk membangkitkan kembali layanan KA penumpang di jalur Bad Bentheim – Nordhorn – Neuenhaus yang terletak di Niedersachsen. Sebagai bentuk kesiapannya, Bentheimer Eisenbahn telah menganugerahkan kontrak pengadaan sejumlah kereta rel diesel (KRD) kepada perusahaan pabrikan KA asal Perancis, Alstom.

Dilansir dari Railway Gazette, jalur yang dioperasikan oleh Bentheimer Eisenbahn tersebut awalnya memiliki layanan KA penumpang. Namun, pada tahun 1974 layanan tersebut tergantikan oleh layanan bus yang dioperasikan oleh sebuah operator KA di Jerman.

Advertisement Inline
Layanan KA Barang milik Bentheimer Eisenbahn | Foto: Date Jan de Vries
Layanan KA Barang milik Bentheimer Eisenbahn | Foto: Date Jan de Vries

Titik balik harapan bangkitnya layanan KA penumpang akhirnya muncul pada tahun 2015. Pemerintah lokal telah menyetujui untuk membiayai proyek pengembalian layanan KA penumpang di jalur sepanjang 30 km tersebut dengan dana sebesar €17 juta atau sekitar Rp 240 Milyar. Dengan dana tersebut, pemerintah lokal berharap layanan KA penumpang akan segera dibuka kembali.

Sebanyak 5 unit KRD tipe Coradia Lint 41 telah dipesan langsung oleh Bentheimer Eisenbahn kepada Alstom. Terpilihnya Alstom sebagai penyedia sarana karena Alstom-lah satu-satunya pabrik manufaktur KA yang sanggup menyediakan 5 unit KRD tersebut berdasarkan penilaian pasar atas syarat dan ketentuan yang diajukan.

KRD Corradia Lint 41 yang dioperasikan oleh Regio DB

Layanan KA penumpang di jalur Bad Bentheim – Nordhorn – Neuenhaus ini dijadwalkan akan dibuka pada 20 Desember 2018. Bentheim Eisenbahn diharapkan dapat menyelesaikan segala bentuk persiapan mulai dari sarana hingga prasarana secara tepat waktu.

Berikut video animasi mengenai rencana reaktivasi oleh Bentheim Eisenbahn.

Galeri Ilustrasi untuk desain baru stasiun Bad Bentheim, Nordhorn, dan Neuenhaus:

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.