Proyek kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta kian hari kian menunjukkan perkembangan positif. Tidak hanya progres dari pembangunan stasiun Bandara Soekarno-Hatta, pembangunan stasiun-stasiun persinggahan KA Bandara juga makin terlihat wujudnya. Oleh karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memantau langsung dengan meninjau lokasi proyek tersebut pada Minggu (12/3).

Dilansir dari ANTARA News, kedua Menteri bersama rombongannya tersebut mengunjungi sejumlah stasiun yang berkaitan dengan proyek KA Bandara seperti Stasiun Sudirman, Sudirman Baru, Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) Dukuh Atas, Stasiun Duri serta Stasiun Batu Ceper. Walaupun bukan stasiun khusus KA Bandara, Stasiun Sudirman dan juga Stasiun MRT Dukuh atas juga mempunyai peran penting dalam proyek KA Bandara yakni sebagai stasiun penghubung antara dua moda transportasi dengan layanan KA Bandara.

Menhub Budi mengatakan bahwa Stasiun MRT Dukuh Atas akan dilengkapi dengan fasilitas pejalan kaki yang dapat menghubungkan layanan MRT dengan layanan KA Bandara Soekarno-Hatta, kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, Bus Rapid Transit  (BRT) Transjakarta serta Stasiun Light Rail Transit (LRT).

Saat melakukan tinjauan serta inspeksi ke sejumlah stasiun, rombongan kedua Menteri tersebut bepergian menggunakan KA Inspeksi (KAIS) milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yaitu KAIS Merbabu yang terdiri dari 2 kereta/rangkaiannya dengan nomor SI 3 16 01 dan SI 3 16 02. KAIS ini merupakan salah satu sarana inspeksi milik Ditjen Perkeretaapian yang dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun.

KAIS Merbabu yang digunakan rombongan Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)
KAIS Merbabu yang digunakan rombongan Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno (KAORI Nusantara/Farouq Adhari)

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.