Proyek jalur kereta api (KA) yang akan menghubungkan sejumlah bandara dengan stasiun kembali direncanakan. Kali ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera membangun jalur KA yang akan menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Sumarmo, Boyolali. Pembangunan ini rencananya akan dijadwalkan untuk mulai pada awal tahun 2018.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, KAI kini tengah dalam proses menyiapkan konsorsium yang akan melaksanakan proyek KA Bandara Adi Sumarmo ini. Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro mengungkapkan bahwa KAI akan membentuk anak perusahaan untuk bergabung dalam konsorsium bersama PT Angkasa Pura (AP) I dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Mengenai proyek ini, Edi menyatakan KAI telah mendapat rekomendasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah untuk ditembuskan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Nantinya, hasil keputusan yang dikeluarkan oleh Kemenhub berdasarkan surat rekomendasi tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk mengurus perizinan pembangunan proyek KA Bandara tersebut.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo pun mendukung pembangunan KA Bandara ini. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Sekretaris Daerahnya, Budi Yulistianto, mengatakan bahwa mereka berharap Pemerintah Pusat bersedia menanggung biaya proyek tersebut karena Pemkot Solo tidak mengalokasikannya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Solo.

Advertisement Inline

Nantinya, jalur KA dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Sumarmo ini akan dibuat ganda menurut Budi.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.