BAGIKAN

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya,  memasuki bulan April 2017 sejumlah film-film dari Studio Ghibli akan dan ditayangkan di 45 layar bioskop di 17 kota seluruh Indonesia. Perilisan film-film tersebut di bioskop Indonesia diprakarsai oleh Kaninga Pictures dan Hakuhodo DY media partners, dengan Studio Ghibli sebagai pemberi lisensi, bekerjasama dengan jaringan bioskop terbesar di Indonesia, Cinema 21.

Mulai bulan April hingga September 2017, kecuali pada bulan Juni yang bertepatan dengan Ramadan, penggemar animasi akan dapat menikmati film-film terlaris Studio Ghibli, dimulai dengan Spirited Away  (1-7 April 2017) yang dianugerahi gelar Film Animasi Terbaik (Best Animated Feature Film) pada Academy Award (piala Oscar,) tahun 2003, disusul oleh My Neighbor Totoro (1-7 Mei 2017), Ponyo on the Cliff by the Sea (1-7 Juli 2017), Princess Mononoke (1-7 Agustus 2017), dan Howl’s Moving Castle (1-7 September 2017). Informasi lebih lanjut mengenai kota, lokasi bioskop, jadwal penayangan, serta harga tiket dapat ditemukan dengan mengakses www.worldofghibli.id. Saat ini, tiket pertunjukan juga sudah dapat dibeli secara online di situs yang sama.

Yang menarik, bukan hanya itu saja. Namun dalam perhelatan yang dinamakan World of Ghibli ini akan diadakan juga ekshibisi mengenai Studio Ghibli di Indonesia pada 10 Agustus sampai 17 September mendatang. Hal ini disampaikan Willawati, perwakilan dari Kaninga Pictures di sela-sela konferensi pers yang diadakan pada 30 Maret 2017. Selain itu, disebutkan juga bahwasanya, perhelatan World of Ghibli ini bukan cuma akan memutar 5 buah film-film dari Studio Ghibli, namun sebanyak 22 film juga direncanakan akan diputar, di mana seluruh film Studio Ghibli akan ditayangkan secara bergiliran setiap hari selama ekshibisi yang diberi nama The World of Ghibli Jakarta berlangsung, yaitu pada 10 Agustus-17 September mendatang.

Advertisement Inline

Ekshibisi ini akan diselenggarakan di The Ritz-Carlton Ballroom, Pacific Place, penggemar Studio Ghibli diundang untuk menyaksikan wujud nyata dari lokasi, benda, dan karakter dalam film-film kesayangan mereka dalam wahana bertema film-film Studio Ghibli, yaitu Laputa: Castle in the Sky, When Marnie Was There, Arrietty, Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, Nausicaa of the Valley of the Wind, Porco Rosso, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, My Neighbor Totoro, dan Spirited Away. Selain itu, ekshibisi ini juga memiliki bagian yang memperlihatkan sejarah Studio Ghibli serta proses produksi film-film Ghibli, dilengkapi materi-materi aslinya seperti concept art, storyboard, hingga poster saat pertama kali film diluncurkan.

Sementara itu, menanggapi pertanyaan Studio Ghibli akan membuat film live action, atau mengadaptasikan film-film animasinya ke dalam bentuk live action, Toshio Suzuki, Direktur Eksekutif Studio Ghibli, menuturkan bahwa tidak ada rencana bagi pihak Ghibli untuk mengangkat film-filmnya ke dalam bentuk live action. Selain itu dirinya juga berpikir bahwa praktek pengadaptasian film animasi ke dalam bentuk film live action yang dilakukan oleh sebuah studio animasi ternama, dikarenakan karena studio yang bersangkutan sedang tiada memiliki ide bagus untuk membuat film animasi yang bagus. “Mungkin mereka (Studio animasi ternama tersebut – Red) sedang tidak terlalu punya banyak ide untuk membuat animasi ya, makanya membuat live action.” Sebagaimana yang diungkapkan oleh Toshio Suzuki pada sesi konferensi pers yang diselenggarakan pada 30 Maret 2017 lalu. Salah satu film dari Studio Ghibli sendiri, yaitu Grave of the Fireflies pernah diangkat menjadi film live action.

Mulai tanggal 1 April 2017, masa pra-penjualan tiket ekshibisi The World of Ghibli akan dimulai secara online di www.worldofghibli.id. Saat ini, penjualan tiket untuk film pembuka fase pertama, Spirited Away, juga telah dimulai di situs yang sama. Film pemenang penghargaan Academy Awards kategori Film Animasi Terbaik tersebut akan diputar di bioskop jaringan Cinema 21 seluruh Indonesia pada tanggal 1-7 April 2017. Bulan Mei hingga September, kecuali Juni yang bertepatan dengan Ramadan, berturut-turut akan diputar My Neighbor Totoro, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, dan Howl’s Moving Castle.

Baca Juga:

Posisi Ghibli dalam Animasi Jepang

Wah, Sherina Bernyanyi di Iklan Buatan Ghibli

Siap “Turun Gunung”, Hayao Miyazaki akan Mempersembahkan Film Terbarunya

Ghibli: Film Terbaru Hayao Miyazaki Masih Sekadar Rencana

Alleira Batik Hadirkan Batik Bercorak Ghibli

Akankah Hayao Miyazaki ke Indonesia? Ini Jawaban Toshio Suzuki

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.