SHARE
Warna Biru yang identik dengan klub sepak bola asal Bandung, Persib Bandung | Foto: Aryo Wicaksono
Purwarupa LRT Metro Kapsul yang dipajang di alun-alun Kota Bandung | Foto: Aryo Wicaksono

reon

Sebuah purwarupa dari calon transportasi publik terbaru milik Kota Bandung, kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul  akhirnya dipajang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Wali kota Bandung Ridwan Kamil pun sempat meninjau unit kereta purwarupa yang dipajang di Alun-alun Kota Bandung tersebut. Unit kereta purwarupa yang dipamerkan tersebut dihias dengan sebagian warna cat biru seperti seragam klub sepakbola kebanggaan Ibukota Provinsi Jawa Barat ini, Persib Bandung. Namun belum dipastikan, apakah unit-unit kereta yang dioperasikan nanti akan diwarnai seluruhnya seperti purwarupa ini, atau tidak.

Wali Kota Ridwan Kamil yang meninjau purwarupa Metro Kapsul | Foto: Sony Arifin

LRT Metro Kapsul sendiri merupakan moda transportasi berjenis KA ringan (Light Rail) berupa kapsul serupa bus, dengan jalur khusus dan dioperasikan dengan kendali terpusat ter-otomasi alias tanpa awak (driverless). Berjalan diatas jalur beton karena menggunakan roda karet (ban), kereta Metro Kapsul dapat berjalan beriringan hingga 10 kereta secara bersamaan, meskipun tidak dapat saling bersambung. Fase pertama dari proyek ini nantinya akan dibangun dengan rute Kebon Kawung – Alun-Alun – Tegalega.

LRT inovasi para insyinyur dalam negeri dibuat oleh tangan anak bangsa dengan menggunakan 90% konten lokal yang diklaim lebih murah 50%. Hingga saat ini, konsorsium Metro Kapsul yang terdiri dari 5 perusahaan dalam negeri terus berpadu dan berbagi tugas mengembangkan calon moda transportasi inovatif ini di wilayah Subang, Jawa Barat. Kelima perusahaan tersebut berikut lingkup pekerjaannya adalah PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk. selaku kontraktor pembangun konstruksi jalur dan stasiun, PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul sebagai perakit penggerak kereta, PT Kasa Kerja Mekanotama dan PT Metro Putra Perkasa yang mengerjakan perakitan chassis dan bodi kereta, serta PT Indoserako Sejahtera sebagai penggarap sistem kontrol dan otomasi pada unit kereta dan pengendali.

Purwarupa dari LRT Metro Kapsul ini akan dipajang hingga akhir pekan depan, menurut keterangan Wali Kota Ridwan Kamil melalui akun facebook-nya. Para pengunjung yang melihat pun dapat merasakan kereta asli Indonesia dengan masuk ke bagian dalamnya.

Berminat mengunjunginya?

Cemplus Newsline by KAORI