Seri pembuka Super GT musim 2017 telah digelar di Sirkuit Internasional Okayama pada 8-9 April 2017. Dalam seri pembuka tersebut, pabrikan Lexus berhasil mendominasi peringkat papan atas kelas GT500, dengan mobil #37 KeePer TOM’S LC500 berhasil menjadi pemenang di kelas tersebut. Sementara itu, mobil #4 GOODSMILE Hatsune Miku AMG dengan livery Racing Miku-nya berhasil kembali meraih kemenangan di kelas GT300 setelah menanti selama 3 tahun. Lalu, bagaimana jalannya balapan selama 81 putaran yang berlangsung dalam kondisi mendung tersebut?
Baca Juga: Penasaran dengan ajang balap Super GT musim 2017? Mari baca panduannya di artikel ini.
Kemalangan Honda di kelas GT500
Dalam sesi kualifikasi, tim Autobacs Racing Team Aguri (#8 ARTA NSX-GT) berhasil membuat kejutan dengan meraih pole position untuk balapan yang berlangsung pada hari Minggu. Sayangnya, nasib buruk menimpa tim ARTA dan juga sebagian tim pabrikan Honda lainnya ketika balapan akan dimulai. Pada sesi formation lap, berturut-turut mobil #17 KEIHIN NSX-GT (dikemudikan oleh Takashi Kogure), #8 ARTA NSX-GT (Tomoki Nojiri), dan #64 Epson Modulo NSX-GT (Bertrand Baguette) terhenti karena mengalami masalah elektronik. Enam putaran selanjutnya, giliran mobil #100 RAYBRIG NSX-GT yang ikut mogok karena masalah serupa.

Dominasi Lexus LC 500 dan Mercedes AMG GT3
Balapan pun dimulai dengan dipandu oleh safety car karena masalah yang menimpa tiga mobil Honda pada sesi formation lap. Jarak lomba yang awalnya akan digelar selama 82 putaran harus dipangkas menjadi 81 putaran. Setelah safety car kembali ke pit lane pada putaran ke-3, kelas GT500 dan GT300 berturut-turut dikuasai oleh mobil-mobil dari pabrikan Lexus dan Mercedes-Benz.
Di kelas GT500, #37 KeePer TOM’S LC500 yang dikemudikan oleh Nick Cassidy berhasil menyalip #6 WAKO’S 4CR LC500 (Kazuya Oshima) dengan manuver yang cukup berani pada putaran ketiga dan memimpin balapan. Sementara itu, #65 LEON CVSTOS AMG (Haruki Kurosawa) dan #4 GOODSMILE Hatsune Miku AMG (Tatsuya Kataoka) saling mengejar sejak awal lomba. Sebuah insiden yang menimpa mobil pendatang baru di kelas GT300 pada putaran ke-5, #52 SAITAMA TOYOPET GreenBrave MARK X MC, membuat balapan harus kembali memasuki periode safety car.

Di kelas GT300, mobil #4 GOODSMILE AMG berhasil memimpin balapan di kelas tersebut setelah menyalip mobil #65 LEON AMG pada putaran ke-20. Dominasi tersebut berhasil dipertahankan oleh tim GoodSmile Racing hingga akhir balapan. Sementara itu, mobil #25 VivaC 86 MC yang berada di posisi ke-3 berhasil mengejar #65 LEON AMG setelah melewati periode pit-stop di pertengahan lomba dan sempat menyalip mobil #65 beberapa putaran setelah melakukan pit-stop.
Balapan kembali memasuki periode safety car untuk ketiga kalinya setelah mobil #51 Ferrari 488 GT3 (Morio Nitta) milik tim ARNAGE & Inging Racing menyenggol mobil #64 Epson NSX-GT dan menabrak dinding pembatas dengan cukup keras pada putaran ke-49.
Kembali ke kelas GT500, persaingan di antara tim-tim Lexus yang menguasai peringkat podium semakin sengit. Mobil #1 DENSO KOBELCO SARD LC500 (Heikki Kovaleinen) dan #19 WedsSport ADVAN LC500 (Yuhi Sekiguchi) sempat bersenggolan, kemudian mobil #19 WedsSport keluar lintasan pada putaran ke-27. Selepas periode safety car ketiga, persaingan memperebutkan posisi pertama antara #37 KeePer LC 500 dan #6 WAKO’S 4CR LC500 (Andrea Caldarelli) menjelang akhir balapan semakin sengit.
Persaingan memperebutkan posisi kedua di kelas GT300 juga tak kalah seru. #25 VivaC 86 MC yang kini dikemudikan Takamitsu Matsui berhasil membuntuti #65 LEON AMG (Naoya Gamou), kemudian berhasil menyalip di putaran ke-43. Namun sayang, di salah satu tikungan mobil #25 VivaC kehilangan kendali ketika akan di-overlap oleh dua mobil terdepan kelas GT500 yang juga saling mengejar pada putaran ke-74. Meskipun dapat melaju kembali di lintasan dengan segera, mobil tersebut turun ke posisi ke-4. Posisi ke-3 berhasil dicuri oleh #9 GULF NAC PORSCHE 911 (Kyosuke Mineo). Kedudukan posisi kemudian tidak berubah hingga balapan selesai.

Di saat yang sama, mobil #6 WAKO’S LC500 berhasil menghindari mobil #25 VivaC yang kehilangan kendali ketika akan di-overlap. Namun, hal tersebut membuat jarak antara mobil dengan #37 KeePer LC 500 di depannya semakin melebar. Peringkat ketiga berhasil diraih oleh #1 DENSO LC 500.
Enam mobil yang digunakan oleh tim pabrikan Lexus berhasil menguasai enam peringkat terdepan. Sementara itu, tim dari pabrikan Nissan belum menunjukkan performa yang menjanjikan dalam seri pembuka di Okayama. Mobil #23 MOTUL AUTECH GT-R (Tsugio Matsuda/Ronnie Quintarelli) finish di peringkat ke-7, sedangkan #12 CALSONIC IMPUL GT-R (Hironobu Yasuda/Jann Mardenborough) berada di peringkat 8.

Di sisi lain, GoodSmile Racing & TeamUKYO berhasil kembali meraih kemenangan di ajang Super GT. Sebelumnya mereka terakhir kali meraih kemenangan di kelas GT300 dalam seri kedua yang digelar di sirkuit Fuji Speedway pada Mei 2014. Sementara itu, tim Rn-Sports (#111 EVA RT TEST-01 Rn-s AMG GT) dengan livery Eva Racing-nya finish di peringkat ke-16.
Video highlight seri perdana Super GT musim 2017 di Okayama dapat ditonton di bawah ini.
Berikut adalah peraih posisi 5 besar balapan seri perdana Super GT 2017 di kelas GT500 dan GT300.
Hasil Lomba
GT500
Posisi | No. | Nama Mobil | Putaran | Jarak |
1 | 37 | KeePer TOM’S LC500 | 81 | 2:12’39.626 |
2 | 6 | WAKO’S 4CR LC500 | 81 | +1.503 |
3 | 1 | DENSO KOBELCO SARD LC500 | 81 | +2.761 |
4 | 38 | ZENT CERUMO LC500 | 81 | +2.939 |
5 | 36 | au TOM’S LC500 | 81 | +7.607 |
GT300
Posisi | No. | Nama Mobil | Putaran | Jarak |
1 | 4 | GOODSMILE HATSUNE MIKU AMG | 81 | 2:12’39.626 |
2 | 65 | LEON CVSTOS AMG | 81 | +1.503 |
3 | 9 | GULF NAC PORSCHE 911 | 81 | +2.761 |
4 | 25 | VivaC 86 MC | 81 | +2.939 |
5 | 55 | ARTA BMW M6 GT3 | 81 | +7.607 |
Klasemen Pembalap
GT500
Peringkat | No. | Pembalap | Poin | Weight Handicap (Kg) |
1 | 37 | Ryo Hirakawa & Nick Cassidy | 20 | 40 |
2 | 6 | Kazuya Oshima & Andrea Caldarelli | 15 | 30 |
3 | 1 | Heikki Kovalainen & Kohei Hirate | 11 | 22 |
4 | 38 | Yuji Tachikawa & Hiroaki Ishiura | 8 | 16 |
5 | 36 | Kazuki Nakajima & James Rossiter | 6 | 12 |
GT300
Peringkat | No. | Pembalap | Poin | Weight Handicap (Kg) |
1 | 4 | Nobuteru Taniguchi & Tatsuya Kataoka | 20 | 40 |
2 | 65 | Haruki Kurosawa & Naoya Gamou | 16 | 32 |
3 | 9 | Jono Lester & Kyosuke Mineo | 11 | 22 |
4 | 25 | Takamitsu Matsui & Kenta Yamashita | 8 | 16 |
5 | 55 | Shinichi Takagi & Sean Walkinshaw | 6 | 12 |
KAORI Newsline