BAGIKAN

Comicamp 2 adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh HDR Comic Café yang bekerja sama dengan Japan Culture Daisuki. Gelaran kedua eventini bertempat di rooftop lantai 3 Mall Dinoyo City, Malang, yang dimulai pada tanggal 29 April hingga 30 April 2017. Sama seperti tahun lalu, event ini tetap bertujuan untuk mengenalkan para kreator dan industri kreatif lokal kepada warga Indonesia khususnya Malang serta memberitahukan eksistensi kreator dan pelaku industri kreatif lokal yang berkualitas. Dalam event ini, pihak penyelenggara banyak mengundang performer, guest creator, dan guest cosplayer.

Pada hari pertama, event sudah cukup ramai dengan pengunjung dan juga dengan suara hujan. Meskipun dengan keadaan hujan dan bahan atap yang menambah kebisingan suara saat hujan, acara berjalan lancar dengan suara sound system yang dikeraskan. Pada hari Sabtu ini, terdapat beberapa pembicara mulai dari Akhmad Fadly hingga Papang Jakfar.

Advertisement Inline

Pembicara pertama yaitu Akhmad Fadly, komikus Dewa Ruci dari Perakit Komik Malang. Dia memberikan resep membuat komik, yaitu komik harus memiliki inti cerita atau story core. Cara ini dilakukan dengan membuat sebuah premis cukup satu kalimat. Dari premis itu dibuat permasalahan yang dapat dipecahkan tokoh hingga dapat mencapai tujuannya. Akhmad Fadly memberikan contoh Naruto. Premisnya ialah Naruto ingin menjadi Hokage. Premis itu kemudian dikembangkan hingga mencapai 700 chapter. Ada satu quote yang asik dari Akhmad Fadly, yaitu “Komik yang bagus adalah komik yang bermasalah“ karena memang jika komik tidak ada masalah, maka tidak ada konflik.

Pembicara yang kedua ialah Papang Jakfar. Dalam event ini dia memperkenalkan maskot resmi Kota Malang yaitu OSI dan JI. Papang Jakfar menceritakan proses dalam membuat maskot dengan awal pemilihan itu disayembarakan oleh pemerintah Malang dan dengan peserta yang banyak, peserta dikurangi hingga belasan. Papang Jakfar dan yang lainnya diberi waktu 10 hari. Dia menjelaskan bahwa OSI adalah singa bersurai daun dan JI merupakan burung Manyar berdasi pramuka. Papang Jakfar juga membeberkan penjelasan mengapa desain karakter dibuat seperti itu.

Pengalaman menarik saat mendesain ialah template pengumpulan dari panitia baru dikirim pada hari kedelapan. Salah satu staf Kaori sempat bertanya tentang apa yang harus kreator tampilkan ketika mempresentasikan karya agar investor tertarik dan meminta agar penjelasannya menggunakan pengalaman dia saat presentasi maskot Kota Malang. Dan dia menjawab bahwa dia menjelaskan fitur-fitur apa yang dimiliki oleh maskot buatannya.

Pembicara yang ketiga ialah creator komik Roh Garuda. Mereka menjelaskan bahwa konsep awal dari cerita mereka adalah 5 karakter yang terinspirasi dari Pancasila. Pengalaman yang mereka dapatkan di awal adalah diikutkan lomba karakter dan kalah, akan tetapi mereka kembangkan dan menjadi sekarang. Tujuan mereka adalah membuat Roh Garuda menjadi animasi. Salah satu kunci berkarya yang mereka utarakan adalah jangan takut bahwa hasilnya buruk, yang penting adalah dibuat dulu dan dikembangkan. Mereka juga mengutarakan bahwa zaman sekarang berkarya itu tidak harus saklek di bidangnya, akan tetapi harus bisa merangkap menjadi sesuatu yang lain agar karyanya bisa dikenal.

Pada hari Sabtu, performer yang tampil di panggung sangatlah bersemangat. Meskipun ada beberapa masalah, performa mereka tidak terhalang dan pengunjung tetap antusias. Suasana pada saat performer tampil begitu berbeda. Ketika JAV Guitar tampil, pengunjung tampak tenang dan tidak sedikit yang menghayati. Akan tetapi saat FIBeats dan Star Captain tampil, munculah teriakan / chant dari pengujung baris depan.

Pada kesempatan yang sama, HDR Comic Café merilis boardgame milik mereka dan diumumkan pada event Comicamp 2. Pengunjung juga dapat mencoba boardgame milik mereka di stan mereka.

Di sisi lain, terdapat kerumunan yang cukup ramai dan berada di dekat pintu masuk. Di sana lah tempat penjualan merchandise dari guest cosplayer Onnies dan DD Tenka. Di tempat yang sama, mereka akan melakukan sesi tanda tangan dan foto bersama untuk para pengunjung yang membeli tiket VIP ataupun yang membeli merchandise milik Onnies atau DD Tenka.

Hari pertama pun diakhiri dengan penampilan dari DJ Zennith dengan me-remix lagu – lagu jejepangan yang populer.

Keseruan event Comicamp 2 hari kedua berlanjut ke halaman selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.