HD’R Comic Cafe bukanlah tempat yang asing untuk para pecinta komik dan komunitas hobi di Malang. Cafe yang terletak di Jalan Bunga Coklat 11 Kavling 1 dan 5 ini merupakan salah satu tempat yang cocok bagi mereka buat menghabiskan waktu. Didirikan pada tahun 2012, Cafe ini tidak hanya menyediakan menu camilan dan minuman khas cafe pada umumnya tapi juga kumpulan buku-buku komik yang bebas dibaca oleh para pengunjung.

HDR -1

Saat memasuki HD’R Comic Cafe, pengunjung dapat melihat berbagai jenis komik yang dapat dibaca oleh pengunjung di cafe ini mulai dari komik jepang populer seperti Naruto, Samurai X, atau Doraemon, hingga komik barat seperti komik-komik Marvel dan DC. Selain komik, HD’R Comic Cafe juga menyediakan novel-novel populer, baik novel dalam negeri ataupun terjemahan, untuk dibaca bebas oleh pengunjung.

HDR -2 HDR -3 HDR -4

Selain komik dan novel, pengunjung juga dapat mengisi waktu mereka dengan kegiatan lain. Mereka yang tidak hobi membaca dapat menghabiskan waktu sembari bermain game baik video game maupun board game. Beberapa konsol bahkan sudah dilengkapi dengan perlengkapan control pad khusus untuk bermain game arcade. Jadi untuk pengunjung yang memang sejak awal kurang hobi membaca dapat menghabiskan waktu dengan bermain game bersama dengan teman-teman mereka. Sementara itu, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan melihat-lihat pernak-pernik seperti action figure, T-Shirt, atau figma yang dipajang di beberapa sudut cafe ini.

HDR -5

HDR -6

Salah satu keunikan cafe ini selain komik adalah nama menunya yang unik. HD’R Comic Cafe memasukkan unsur-unsur komik ke dalam nama makanan, minuman, dan camilan mereka. Contohnya adalah “Nasgor Ratapan Anak Tiri” yang merupakan sebutan dari Nasi Goreng Telur atau “Amazing Gatot Kaca” yang merupakan chocolate vanilla. Untungnya pengunjung tidak perlu bingung makna sebenarnya makanan tersebut, karena di menu sudah tertera penjelasan dari nama-nama unik tersebut lengkap dengan gambar.

Sebagai Cafe yang berorientasi dengan komik dan hobi, HD’R Comic Cafe juga mendukng perkembangan indutri kreatif dan komunitasnya. Salah satu bentuk dukungan HD’R Comic Cafe adalah dengan melalui event bertajuk Comicamp yang dilaksanakan tanggal 21 sampai 22 Mei 2016. Bekerja sama dengan Japan Culture Daisuki, event ini berusaha memperkenalkan banyak talenta kreator lokal yang telah melanglang buana di dunia kreatif serta beragam kreator nasional berbakat melalui workshop dan seminar, namun tetap mempertahankan sisi entertainment dengan mengundang banyak cosplayer dan performer lokal maupun luar negeri. Beberapa narasumber yang hadir pada acara tersebut diantaranya Iis Yuniarto, Sweta Kartika, Ardian Syaf, dan Wahyu Aditya.

Untuk membicarakan lebih banyak mengenai event tersebut, staf KAORI berkesempatan untuk mewawancarai Pak Rizal, owner dari HD’R Comic Cafe. Pada wawancara ini Pak Rizal tidak hanya menceritakan tentang latar belakang dari event Comicamp tetapi juga mengenalkan lebih jauh mengenai HD’R Comic Cafe itu sendiri.

Penasaran seperti apakah seluk beluk dari HD’R Comic Cafe? Simak wawancara KAORI dengan owner cafe ini di halaman berikutnya.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.