Perusahaan operator transportasi kereta api (KA) dan bis di Kota Fukushima, Fukushima Transportation (Fukushima Kōtsū) kini tengah mempersiapkan peremajaan armada kereta rel listrik (KRL) miliknya yang beroperasi di jalur Iizaka, satu-satunya jalur KA yang dioperasikan oleh Fukushima Kōtsū. Hal ini dilakukan karena armada KRL sebelumnya sudah mulai kesulitan untuk mendapat suku cadang atau onderdil.

Sebelumnya, jalur Iizaka ini menggunakan KRL seri 7000 generasi awal dari Tokyu Corporation yang dioperasikan pada 25 Juni 1991, seiring dengan penaikan tegangan operasi pada listrik aliran atas (LAA) jalur tersebut dari 750 V DC menjadi 1500 V DC. KRL  yang memiliki panjang 18 m per keretanya ini memiliki bentuk muka yang sudah dimodifikasi dari bentuk awalnya. KRL buatan Tokyu Car Corporation tahun 1864 ini dioperasikan dalam formasi 2 kereta atau 3 kereta per rangkaiannya. Sayangnya, keberadaan KRL seri 7000 generasi awal ini mulai langka yang membuat onderdil dari KRL ini mulai susah untuk ditemukan. Oleh karena itu, Fukushima Kōtsū kini akan mengganti KRL tersebut dengan yang lebih baru.

KRL seri 7000, 7101F dengan warna pink dan corak bunga milik Fukushima Kotsu | Foto: 羽吹舞 via commons.wikimedia.org
KRL seri 7000, 7101F dengan warna pink dan corak bunga milik Fukushima Kotsu | Foto: 羽吹舞 via commons.wikimedia.org

Fukushima Kōtsū berencana untuk mengganti KRL seri 7000 generasi awalnya dengan KRL seri 1000 milik Tokyu yang dulunya sempat beroperasi di jalur Toyoko hingga tahun 2013 lalu. KRL yang memiliki 3 pintu per rangkaiannya ini dipilih karena pertimbangan panjang per keretanya harus sesuai dengan standar jalur Iizaka yaitu 18 m per keretanya. Nantinya KRL seri 1000 ini akan dioperasikan dalam dua formasi berbeda per rangkaiannya yaitu dengan formasi 2 kereta (SF2) dan formasi 3 kereta (SF3).

KRL Seri 1000 milik Tokyu yang pernah beroperasi di jalur Toyoko dengan formasi 8 kereta | Foto: Chabata_K via commons.wikimedia.org
KRL Seri 1000 milik Tokyu yang pernah beroperasi di jalur Toyoko dengan formasi 8 kereta | Foto: Chabata_K via commons.wikimedia.org

KRL seri 1000 ini nantinya akan dikirim dari Balai Yasa Nagatsuta milik Tokyu menuju Fukushima secara bertahap selama 3 tahun (2016 – 2018), dengan detil seperti berikut:

Tahun \ Formasi SF2 SF3 Total Kereta
2016 1 1 5
2017 2 4
2018 1 1 5
Total 4 Set 2 Set 14 kereta

Menurut informasi yang beredar, KRL seri 1000 yang akan dikirim ke Fukushima Kōtsū sudah berada di Balai Yasa Nagatsuta dan sedang dalam proses perakitan kabin modifikasi beserta perangkaian formasi kereta. Berikut informasi KRL seri 1000 yang akan dikirim beserta susunan formasinya:

SF2: DeHa 1251 – DeHa 1301, DeHa 1253 – DeHa 1303, DeHa 1254 – DeHa 1304, DeHa 1257 – DeHa 1307.
SF3: DeHa 1252 – 1302 – 1402, DeHa 1258 – 1308 – 1408.

Keseluruhan biaya pembelian hingga pengiriman rangkaian KRL seri 1000 ini nantinya akan ditanggung oleh pemerintah Kota dan Prefektur Fukushima. Ini karena Fukushima Kōtsū merupakan Public-private partnership yang berarti unit usaha  kerja sama antara pemerintah dengan sektor swasta.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses