Setelah sebelumnya dikabarkan akan segera menambah satu jenis armada kereta rel listrik (KRL) baru di jalur Oimachi, kini salah satu dari rangkaian tersebut telah dikirim dari pabrik pembuatnya di Yokohama.
Berdasarkan informasi dari rekan Cemplus di Jepang, rangkaian tersebut dikirim dari pabrik Japan Transport Engineering Company (J-TREC) di Yokohama menuju tempat stabling KRL di Shin-Tsurumi pada Selasa (26/11) dengan ditarik oleh lokomotif diesel tipe DE10 untuk selanjutnya dikirim ke Hachioji dengan lokomotif listrik tipe EF65.


Secara garis besar, KRL seri 6020 ini tidak berbeda dengan KRL baru lainnya milik Tokyu, seri 2020. Mulai dari segi bentuk muka, hingga spesifikasi teknis tidak ada perbedaan sama sekali kecuali pada skema warna yang digunakan (strip jingga untuk jalur Oimachi). KRL seri 2020 ini tersusun dalam formasi 7 kereta, sesuai dengan kebutuhan penambahan rangkaian untuk layanan ekspres di jalur tersebut.

Berikut susunan formasi dari rangkaian perdana KRL seri 6020, 6121F:
Rangkaian | Tc2 | M2 | M1 | T | M2 | M1 | Tc1 |
Tipe | クハ | デハ | デハ | サハ | デハ | デハ | クハ |
Nomor | 6121 | 6221 | 6321 | 6421 | 6521 | 6621 | 6721 |
Tokyu memesan 2 rangkaian KRL seri 6020 ini kepada J-TREC bersamaan dengan pemesanan unit kereta tambahan untuk KRL seri 6000. Rencananya kedua rangkaian ini akan diperkenalkan pada musim semi 2018 mendatang.


Cemplus Newsline by KAORI | Farouq Adhari & Adeliae.