Setelah sebelumnya dikabarkan akan segera menambah satu jenis armada kereta rel listrik (KRL) baru di jalur Oimachi, kini salah satu dari rangkaian tersebut telah dikirim dari pabrik pembuatnya di Yokohama.

Berdasarkan informasi dari rekan Cemplus di Jepang, rangkaian tersebut dikirim dari pabrik Japan Transport Engineering Company (J-TREC) di Yokohama menuju tempat stabling KRL di Shin-Tsurumi pada Selasa (26/11) dengan ditarik oleh lokomotif diesel tipe DE10 untuk selanjutnya dikirim ke Hachioji dengan lokomotif listrik tipe EF65.

KRL seri 6020 yang ditarik oleh lokomotif DE 10 dari stasiun Jimmu-ji menuju stasiun Zushi | Foto: Adeliae
Signage nomor kereta milik 6121F | Foto: Adeliae

Secara garis besar, KRL seri 6020 ini tidak berbeda dengan KRL baru lainnya milik Tokyu, seri 2020. Mulai dari segi bentuk muka, hingga spesifikasi teknis tidak ada perbedaan sama sekali kecuali pada skema warna yang digunakan (strip jingga untuk jalur Oimachi). KRL seri 2020 ini tersusun dalam formasi 7 kereta, sesuai dengan kebutuhan penambahan rangkaian untuk layanan ekspres di jalur tersebut.

Rangkaian KRL 6121F tiba di stablingan Shin-Tsurumi | Foto: Adeliae

Berikut susunan formasi dari rangkaian perdana KRL seri 6020, 6121F:

Rangkaian Tc2 M2 M1 T M2 M1 Tc1
Tipe クハ デハ デハ サハ デハ デハ クハ
Nomor 6121 6221 6321 6421 6521 6621 6721

Tokyu memesan 2 rangkaian KRL seri 6020 ini kepada J-TREC bersamaan dengan pemesanan unit kereta tambahan untuk KRL seri 6000. Rencananya kedua rangkaian ini akan diperkenalkan pada musim semi 2018 mendatang.

Proses penyatuan lokomotif EF65 dengan rangkaian KRL seri 6020 | Foto: Adeliae
Proses penyatuan lokomotif EF65 dengan rangkaian KRL seri 6020 | Foto: Adeliae
6121F tiba di Hachioji | Foto: Adeliae

Baca Juga: Jalur Oimachi Makin Ramai, Tokyu Ubah KRL seri 6000 jadi Formasi 7 Kereta

Cemplus Newsline by KAORI | Farouq Adhari & Adeliae.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses