HDR -7

Bisa dijelaskan ke pembaca KAORI itu HD’R Comic Cafe itu sebenernya apa?

Kalau HD’R Comic Cafe itu sebenarnya usaha yang berlatar belakang hobi. Kalau singkatan dari HD’R-nya itu sebenarnya cuma inisial nama saja. Nama karena usaha ini kita bangun bersama keluarga Jadi HD’R itu hanya inisial nama keluarga aja. Kalau pengertian sampai tahap pengertian filosofi itu tidak ada.

Kalau boleh dijabarkan HD’R itu nama siapa aja?

Jadi “R”-nya itu nama kita (Rizal), sedangkan HD itu dari “Hari Djatmiko”, nama depan keluarga besar kita. Sebenernya tidak ada yang terlalu spesifik sih. Dulunya itu nama ini hanya untuk membedakan Comic Cafe yang punya kita sama yang di Jakarta. Karena memang kita tidak ada hubungannya dan bukan satu unit gitu. Kalau kita buat atas nama Comic Cafe juga takutnya jadi simpang siur gitu.

Terus, kenapa kok mengusung sebuah cafe yang bertema komik?

Jadi kita dulu itu melihat Cafe itu peranan basic-nya itu kan F n’ B, Food and Beverage. Nah karena dulu itu kebetulan saya dan istri saya itu punya hobi baca komik, bahkan nonton film-film yang berhubungan juga sama komik, akhirnya kita coba combine. Cafe ini kira-kira kalau kita combine dengan dunia hobi, bagus enggak ya? Akhirnya kita lakukan, konsep cafe dengan hobinya ini sama-sama kita perkuat. Akhirnya kita buat HD’R Comic Cafe tersebut.

Tapi akhirnya HD’R Comic Cafe juga berkembang menjadi tempat ngumpul tidak hanya pecinta komik tapi juga komunitas hobi secara keseluruhan. Nah tanggapan bapak bagaimana?

Iya. Jadi sebenarnya kalau masalah komunitasnya sih, intinya kita tidak spesifik ke komik saja. Hobi itu kan banyak. Saya sendiri hobi baca komik, Tapi saya juga suka mengumpulkan character figure dari komik yang saya baca. Hampir semua komik itu kan ada figurenya, hampir semua komik juga ada filmnya. Jadi mereka semua itu sebenarnya saling punya keterkaitan dan networking-nya itu enggak lari kemana-mana. Untuk saya sih plot utamanya itu ada di komik, tapi komik itu masih bisa berhubungan dengan anime, film, figure, atau hobi lainnya. Jadi seperti itu.

Jadi figure yang ada disini itu punya pak Rizal semua?

Iya. Komiknya juga sama. Ini koleksi disini semuanya.

Terus ngomongin comic cafe itu salah satu yang paling diingat oleh pengunjung itu adalah nama menunya yang memasukkan unsur komik atau pop culture lain,  seperti Goodnight Shizuka atau Kulit Misae. Kenapa sih namanya dibuat unik seperti itu?

Jadi biar lebih identik identitas cafe kita, menu pun kita pikirkan kemasannya agar berbeda dan unik, jadi itupun kita ngambilnya tidak ngawur dan asal. Goodnight Shizuka itu salah satu contohnya, jadi Shizuka itu sebelum tidur suka minum Hot Chocolate. Kemudian kenapa diamakan Kulit Misae, karena kan Misae itu suka emosi sama Shinchan, sehingga kalau orang suka emosi pasti akan cepet berkerut wajahnya. Jadi enggak asal dan kita buat sendiri. Beberapa kita ambil dari filosofi di komik yang koleksi disini.

Jadi filosofinya akhirnya balik ke komik juga?

Iya, sehingga menambah sebuah ciri khas tema untuk cafenya tersebut.

HDR -8

Oke. terus buat akhir minggu kemaren kan habis ngadain event Comicamp. Nah apa sih latar belakang HD’R Comic Cafe mengadakan event tersebut?

Iya, sebenarnya event tersebut sudah masuk ke plan kerja kita semenjak satu setengah tahun yang lalu. Cuma akhirnya baru terealisasi bulan Mei kemarin karena banyak proses dan persiapan yang harus kita lakukan. Sebenarnya begini, Comic Cafe ini kan semenjak berdiri itu sudah identik sekali dengan yang namanya dunia hobi dan dunia industri kreatif, baik itu yang berupa komik atau media lainnya. Comic Cafe sendiri itu juga selama ini operasionalnya ditunjang oleh anak-anak komunitas yang memiliki hobi bervariasi. Nah event tersebut kita buat sebagai wadah untuk customer kita sebenarnya. Sehingga seluruh peranan atau seluruh komunitas yang pernah terlibat didalam Comic Cafe kita buatkan wadahnya yaitu Comic Cafe. Harapannya pangsa pasar luar itu juga bisa melihat bahwa hobi ini bisa berdampak positif

Oh, jadi tujuannya memang buat hobi secara keseluruhan?

Iya. Hobi itu sendiri ada dua, ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif. Ternyata, hobi ini kalau dibawa ke sisi positif bisa menghasilkan. Contoh anda hobi baca komik. Kalau anda cuma bisa menjadi konsumen saja berarti anda hanya bisa membeli komik kemudian membacanya. Tapi kalau anda menjadi konsumen yang kreatif, anda bisa saja mengamati sebuah komik, mempelajari gaya gambarnya, kemudian membuat komik sendiri dan akhirnya menghasilkan uang. Nah itu bisa membuka mata kita bahwa pekerjaan itu tidak semuanya berasal dari instansi. Pekerjaan itu sebenarnya bisa kita ciptakan. Salah satunya yang paling mudah ya melalui hobi.

Oke, membuat pekerjaan dengan hobi ya?

Iya, Karena dengan hobi anda pasti memiliki passion. Dengan passion anda memiliki semangat untuk mengerjakannya, kira-kira seperti itu.

Okesip mas. Nah, buat Comic Cafe kira-kira ada event apa lagi kedepannya?

Jadi Comicamp itu sudah kita plot jadi event tahunan. Pasti akan ada Comicamp 2, Comicamp 3, dan seterusnya

Selain itu ada event apa lagi?

Terus kita juga dulu kita ada event lagi yang bernama Nakama Day. Jadi Nakama Day itu rencana masih kita godok lagi apakah mau kita buat lebih besar lagi. Nakama Day itu event yang kita buat lebih ke wadah komunitas. Jadi disitu komunitas bisa saling mengenal, bisa saling berbagi kesukaan, atau berbagi hobi, sehingga mereka bisa saling sharing ilmu. Dulu itu pas kita selenggarain masih dalam kapasitas kecil, lokasinya masih di HD’R Comic Cafe sendiri. Tahun ini mungkin bisa kita buat lebih besar lagi.

Terakhir, ada pesan-pesan khusus yang ingin disampaikan buat pembaca KAORI?

Pesan-pesan saya sih, orang itu wajar untuk bermimpi. orang itu wajar buat punya impian, sebesar apapun impiannya. Kenapa? karena semakin banyak orang yang punya mimpi, maka orang-orang tersebut akan semakin punya upaya dan usaha juga buat menciptakan mimpinya tersebut. Jadi jangan takut untuk memulai sesuatu yang besar dan seperti yang saya ungkapkan tadi, mulailah dari sesuatu yang paling dekat dengan anda yaitu hobi. Anda seorang otaku? Hobinya apa? Coba mulai dari situ. Trial and error itu pasti ada. Tapi yang penting bagaimana biar usaha dan upayanya itu jangan sampai  padam.

KAORI Newsline | Oleh Hafizh Andifaisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.