BAGIKAN
Bus Transjakarta (Scania K320IA) melayani koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) | (Fasubkhanali)

reon

Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, PT Transportasi Jakarta (Transjakarat) akan menyesuaikan jam operasionalnya. Khusus di hari tersebut, seluruh layanan Bus Rapid Transit (BRT) dan Non-BRT Transjakarta akan mulai beroperasi pukul 0900. Hal ini diberlakukan untuk memberikan kesempatan bagi para pengemudi, petugas halte dan petugas layanan bus agar dapat melaksanakan Sholat Idul Fitri 1438 H.

Baca Juga: Sekarang Ke Kalijodo Bisa Naik Bus Tingkat Gratis!

Penyesuaian jam operasional juga dilakukan di layanan bus wisata yang melayani masyarakat secara gratis. Untuk jam operasional bus wisata gratis ini akan dimulai pukul 1300. Tersedia 21 bus wisata gratis bagi masyarakat umum maupun wisatawan asing yang ingin berkeliling kota. Masyarakat dapat mengunjungii berbagai lokasi wisata menarik seperti Kota Tua, Kalijodo dan lain-lain.

Saat ini terdapat enam rute bus wisata yang dilayani Transjakarta. Keenam rute tersebut yakni “History of Jakarta” (Masjid Istiqlal-Kota Tua), “Jakarta Modern” (Masjid Istiqlal-Bundaran HI), “Art & Culinary” (Masjid Istiqlal-Kota Tua via Pecenongan), “Jakarta Skycraper” (Masjid Istiqlal-Bundara Senayan), “Jakarta Open Space” (Balaikota-RPTRA Kalijodo), serta Cagar Budaya Makam Mbah Priok (Masjid Istiqlal-Tanjung Priok).

Transjakarta juga akan menambah sejumlah bus yang beroperasi di masa liburan. Untuk Koridor 1 yang menghubungkan Blok M dengan Kota, mulai senin (26/6) hingga Minggu (2/7) akan dilayani oleh 45 bus. Penambahan ini dilakukan sebanyak 10 bus dari rata-rata operasional bus di akhir pekan sebanyak 35 bus.

Selain itu, koridor 6 yang menghubungkan Dukuh Atas dengan Ragunan juga akan ditambah jumlah busnya. Direncanakan sebanyak 32 bus akan melayani penumpang sejak Senin (26/6) hingg Minggu (2/7). Pada akhir pekan, biasanya koridor ini dilayani sebanyak 25 bus.

Lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga terlayani oleh layanan bus Transjakarta. Penumpang dapat menuju TMII dari halte Cawang UKI dan melanjutkan perjalanan menggunakan rute 9H yang menghubungkan Cawang UKI dengan TMII.

Selain ke titik rekreasi, Transjakarta juga menyediakan layanan rute khusus menuju Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair), Kemayoran. Layanan bus ini dimulai pada tanggal 8 Juni hingga 16 Juli 2017 dan beroperasi sejak pukul 0900 hingga 2300. Rute-rute yang tersedia, antara lain Monas-PRJ, PGC-PRJ, Pulogadung-PRJ, dan Kampung Melayu-PRJ.

Baca Juga: Ingin Khilaf di Jakarta Fair 2017? Transjakarta Luncurkan Rute Bus Layanan Khusus ke JIExpo!

Penambahan bus Transjakarta ke sejumlah titik wisata, seperti Monas, Ragunan, TMII, dan Ancol di masa liburan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau ke titik-titik wisata. Transjakarta telah menyiapkan sejumlah bus cadangan sebagai antisipasi meningkatnya jumlah penumpang di masa liburan.

Cemplus Newsline by KAORI