BAGIKAN
Bus Tingkat "Jakarta City Tour" di depan RPTRA Kalijodo | Foto: Fasubkhanali

Kalijodo kini dikenal sebagai tempat arena skate park dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Selain dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi serta dekat dengan halte Jembatan 2 di koridor 9, kini Kalijodo dapat dijangkau dengan menggunakan bus tingkat “Jakarta City Tour”.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terhitung 22 Februari 2017 mengoperasikan bus tingkat ‘Jakarta City Tour’ dengan rute Balai Kota – Kalijodo. Rute baru ini menambah jumlah rute perjalanan bus tingkat ‘Jakarta City Tour’ yang sebelumnya berjumlah 4 rute menjadi 5 rute. Masyarakat dapat menikmati seluruh perjalanan bus tingkat “Jakarta City Tour” secara cuma-cuma, termasuk untuk rute Balai Kota – Kalijodo.

Staff KAORI berkesempatan untuk mencoba rute baru ini. Menurut info yang KAORI dapatkan, jumlah bus yang melayani rute ini tidaklah banyak yaitu hanya 3 bus. Jadi, calon penumpangnya harus sedikit lebih bersabar. Beruntung saat Staff KAORI ingin mencoba rute ini, bus datang tak terlalu lama.

Advertisement Inline

Bus yang Staff KAORI naiki adalah bus Mercedes Benz OC500RF 2542 yang merupakan bus hasil Corporate Social Responsibility (CSR) dari Tahir Foundation dengan badan bus buatan karoseri Nusantara Gemilang.

Rute dan jadwal operasional bus tingkat “Jakarta City Tour” Kalijodo – Balai Kota | Gambar Oleh: Fagra Hanif

Mengawali perjalanan dari halte Balai Kota, bus berjalan menuju Jalan M. H. Thamrin dan selanjutnya berhenti di halte Sarinah. Selanjutnya, bus menuju Jalan Sudirman dan berhenti di halte Tosari. Kemudian bus masuk ke jalur cepat hingga Semanggi dan berputar arah ke Slipi. Setelah sampai di Slipi, bus melanjutkan perjalanan melalui tol dan keluar di pintu keluar Jelambar atau Angke. Bus selanjutnya berbelok ke kanan dan akhirnya tiba di RPTRA Kalijodo.

Selanjutnya, Staff KAORI juga ikut dalam bus yang sama untuk kembali menuju Balai Kota. Rute yang dilewati tidak berbeda. Dari depan RPTRA Kalijodo, bus berputar balik di U-Turn yang tak jauh jaraknya dari RPTRA Kalijodo. Kemudian, bus langsung masuk ke pintu tol Angke 2. Bus berjalan cukup lancar dengan kecepatan rata-rata sekitar 70 hingga 80 km/jam. Bus baru keluar tol saat mendekati Semanggi dan berputar hingga masuk ke Jalan Sudirman yang menuju Bundaran HI. Selanjutnya, bus berhenti di halte Tosari, Plaza Indonesia hingga kembali lagi ke halte Balai Kota.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.