BAGIKAN
Hari Kemerdekaan
KRL Commuter Line (KAORI Nusantara / Farouq Adhari)

Kabar gembira! Setelah sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan akan menggratiskan layanan kereta api (KA) lokal dan komuter se-Indonesia pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 72 tahun, kini giliran anak perusahaannya yang merupakan operator kereta rel listrik (KRL) di Jabodetabek yang akan menggratiskan jasa layanan KRL-nya. Ini merupakan yang kedua kalinya layanan KRL digratiskan pada hari kemerdekaan RI.

Baca Juga: KAI Gratiskan KA Lokal dan Komuter se-Indonesia di Hari Kemerdekaan RI!

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai perusahaan operator KRL di Jabodetabek akan memberikan layanan KRL Gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk perjalanan KRL pada tanggal 17 Agustus 2017. Sebelumnya, KCJ juga pernah mengadakan layanan KRL gratis pada 17 Agustus 2015 mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00 WIB.

Advertisement Inline

Tahun ini, layanan KRL gratis dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada hari Kamis, 17 Agustus 2017, sejak jam keberangkatan KRL pertama hingga KRL terakhir tiba di tempat tujuan. Layanan ini juga berlaku untuk seluruh relasi KRL.

Dalam menggunakan layanan KRL gratis ini, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diketahui masyarakat, terutama terkait penggunaan tiket elektronik KRL Jabodetabek.

Bagi masyarakat pengguna atau pemilik Kartu Multi Trip (KMT) dan kartu uang elektronik Bank yang bekerjasama dengan KCJ, saldo minimal yang harus ada pada KMT dan kartu uang elektronik agar dapat menikmati layanan KRL gratis ini adalah sebesar Rp 13.000,00 yang merupakan batas saldo minimal transaksi setiap perjalanan menggunakan jasa KRL sebagaimana biasa.

Bagi calon penumpang yang belum mempunyai KMT, diharuskan memegang Tiket Harian Berjaminan (THB) sesuai relasinya. Penumpang hanya perlu memberikan uang jaminan sebesar Rp10.000,00 untuk mendapatkan kartu THB. Uang jaminan ini akan dikembalikan pada saat penumpang mengembalikan kartu THB. Sementara itu, penentuan relasi pada kartu THB tidak akan dikenakan biaya.

Pengguna yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek, juga akan dikenakan penalti dan suplisi seperti biasa.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut menikmati layanan KRL Gratis ini, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang ada serta ikut menjaga ketertiban serta kenyamanan bersama di dalam KRL maupun stasiun,” himbau Direktur Operasi dan Pemasaran KCJ, Subakir seperti dilansir dari rilis resmi KCJ pada Selasa siang (15/8).

Selain layanan KRL Gratis, KCJ juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya dalam memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke-72 tahun. Sejak pekan lalu, KCJ menggelar lomba fotografi melalui Instagram dengan objek foto KRL dan Stasiun Tanjung Priok, sebagai salah satu Stasiun dengan nilai sejarah yang tinggi.

Puncaknya pada 17 Agustus 2017, KCJ akan menggelar sejumlah kegiatan bersama komunitas pengguna KRL di Stasiun Tanjung Priok antara lain cosplay kostum perjuangan, permainan dan lomba khas 17-an, serta berbagai hiburan. Mereka yang mengikuti berbagai kegiatan tersebut berkesempatan untuk membawa pulang sejumlah hadiah menarik.

Berbagai layanan khusus dan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KCJ untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada moda transportasi umum KA, khususnya KRL komuter Jabodetabek.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.