BAGIKAN
Bus wisata bertingkat kota Semarang melintasi kawasan Simpang Lima

Senin (2/10), menjadi momentum yang baru bagi kegiatan pariwisata di kota Semarang, Jawa Tengah. Ini ditandai dengan peresmian bus tingkat wisata yang siap mengantarkan wisatawan berkeliling salah satu Kota Besar di Jawa Tengah ini. Bus wisata ini beroperasi dengan rute yang melewati beberapa destinasi wisata di dalam kota Semarang.

Bus tingkat wisata yang siap mengantar para wisatawan dalam berkeliling kota Semarang
Bus tingkat wisata yang siap mengantar para wisatawan dalam berkeliling kota Semarang (KAORI Nusantara / Yonathan Kharisma)

Bus wisata berwarna dominan merah dan dibalut dengan gambar beberapa tempat wisata di kota Semarang ini mampu mengangkut 70 penumpang dalam sekali perjalanan dengan rincian 58 penumpang berada di dek atas dan 12 penumpang berada di dek bawah.

Didukung oleh mesin Scania K310UB dengan transmisi otomatis, bus wisata ini berkeliling kota Semarang dengan kecepatan rata rata 30 km/jam, sedangkan badan bus sendiri dikerjakan oleh karoseri Nusantara Gemilang dengan jenis Maxi Miracle Double Decker. Fasilitas dalam bus ini tergolong cukup lengkap dengan adanya Wi-Fi Hotspot dan Closed-Circuit Television (CCTV), sehingga para wisatawan merasa nyaman dan aman dalam menikmati perjalanan berdurasi sekitar 3 jam mengeliling kota Semarang.

Diperlengkapi dengan CCTV di beberapa titik dalam bus untuk memberikan rasa aman kepada para pengunjung

Perjalanan bus wisata kota Semarang ini dilakukan 3 kali untuk hari Selasa – Kamis dengan jam keberangkatan pukul 08.00, 11.15, dan 15.00. Saat akhir pekan, perjalanan ditambah satu kali keberangkatan pada pukul 19.00 sehingga menjadi 4 kali setiap hari Jumat – Minggu.

Wisatawan yang akan menaiki bus wisata akan mendapatkan tanda pengenal ini di Museum Mandala Bhakti

Para wisatawan dapat menikmati perjalanan bus wisata ini secara gratis dengan cara menukarkan kartu identitas yang masih berlaku ke petugas dinas perhubungan yang berjaga di Museum Mandala Bhakti dengan kartu penumpang bus tingkat.

Rute bus tingkat ini dimulai dari Museum Mandala Bhakti kemudian berlanjut melewati Jl. Imam Bonjol, Stasiun Poncol dan Tawang hingga berhenti sejenak di area kota lama tepatnya di taman Sri Gunting, di samping Gereja Blenduk (GPIB Immanuel) selama 15 menit.

Suasana dalam bus wisata yang ramai akan wisatawan

Perjalanan dilanjutkan kembali dengan menyusuri jalanan kota Semarang melewati ikon wisata lainnya, Lawangsewu yang berada di ujung jalan Pemuda, area bundaran Tugu Muda, kemudian berbelok ke arah pusat oleh oleh di jalan Pandanaran, memutari Simpang Lima dan akhirnya berhenti di Kampung Pelangi (Jl. Dr. Soetomo) yang berada di sebelah SMP Domenico Savio.

Setelah berhenti di Kampung Pelangi selama 15 menit, bus kembali melanjutkan perjalanan menuju Jl. Kaligarang melewati Klenteng Sam Poo Kong kemudian ke bundaran Kalibanteng dan menyusuri Jl. Jendral Soedirman hingga Jl. MGR Soegiyopranoto dan mengakhiri perjalanan di Museum Mandala Bhakti.

Bus wisata
Bus wisata kota Semarang melintasi area jalan Pandanaran

Yuk, muter-muter Kota Semarang dengan bus tingkat ini!

Cemplus Newsline by KAORI