BAGIKAN

Lingkar kreatif Scroll Down Comics dan Rimawarna akan merilis sebuah proyek kolaborasi. Menggabungkan ekspertise dan sumber daya kedua belah pihak, diluncurkanlah sebuah buku antologi cerpen bertajuk GET HYPE!! yang disadur dari dunia Cloverlines. Cloverlines merupakan serial komik karya Wednesday Ash dan asteRiesling, yang mengisahkan sepak terjang sebuah band pop galaktik dan petualangan mereka untuk menjadi musisi nomor satu Tata Surya. Selain komik, Cloverlines juga telah merilis berbagai single dan album musik menggunakan vocaloid GUMI sebagai vokalisnya.

“Pancingan-pancingan buat kolaborasi sebenarnya sudah diomongkan Ash beberapa kali semenjak kami dari Rimawarna mulai menjual Sendawa di Antariksa. Setelah bincang-bincang lebih lanjut, akhirnya kita kick-off juga.” ucap Winsen Tandra, ketua Rimawarna. “GET HYPE!! ini memadukan formula Sendawa di Antariksa, cerita-cerita yang ditulis penulis-penulis berbeda tapi masih dengan setting yang sama. Secara pribadi, saya merasa GET HYPE!! jauh lebih matang dari Sendawa karena struktur universe yang dipakai sudah terbangun. Ketimbang harus brainstorming dengan penulis-penulis lain yang tentunya memakan waktu, GET HYPE!! menggunakan setting Cloverlines yang mana sumbernya adalah dari Ash sendiri,” lanjutnya.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisement Inline

GET HYPE!! memiliki 10 kisah berbeda yang kesemuanya terjadi dalam dunia Cloverlines. Walaupun demikian, ada satu benang merah yang mengaitkan keseluruhan cerita. Semuanya dimulai saat Aimi Hoshikawa, vokalis band Cloverlines, tak sengaja mengungkap eksistensi mesin drum mereka, Rinne, sebagai sebuah gynoid sadar diri. Masyarakat Tata Surya yang menganggap kejadian ini sebagai penistaan terhadap sosok AI bernama Natsume Mirai yang menjadi juru selamat umat manusia, menuntut pemboikotan Cloverlines serta penghapusan memori Rinne. Padahal Cloverlines sudah didapuk untuk bermain di istirahat paruh waktu acara Hyper Bowl, final turnamen olahraga Overstrike. Apa yang akan terjadi pada mereka selanjutnya? Akankah karir Cloverlines kandas? Seberapa besar pengaruh ucapan Aimi terhadap penduduk Tata Surya?

“Jika ‘GET HYPE!!’ adalah karya terakhir yang lahir dari jagat Cloverlines, saya tetep bisa mati bahagia,” ujar editor-in-chief Scroll Down Comics, Ababil Ashari. “Apapun yang akan terbit dari jagat Cloverlines setelah ‘GET HYPE!!’ rilis, akan berakar di buku ini. Bisa dikatakan buku ini juga merupakan IP bible dari jagat Cloverlines itu sendiri.”

This slideshow requires JavaScript.

Wednesday Ash dan asteRiesling sebagai lore keeper dari Cloverlines turut merancang plot dan cerita GET HYPE!! bersama dengan penulis Rakaputra Paputungan, Meka Medina, Ivan Sihombing, Barhan A.R., Winsen Tandra, Raden Fajar Hadria Putra (kreator GHOSTY’s Comics), Nana Hanifah, dan Sasha Ariana (koppigbunny). Layaknya buku light novel, antologi GET HYPE!! juga memiliki puluhan ilustrasi karya ilustrator populer dalam skena doujinshi dan pop culture Indonesia: asteRiesling, Naught House, nyaa, Anobaith, Mystic-san dan Chiiririn dari NextHeaven, Yami Youichii, Ellinsworth (komikus Entytas), Xero (kreator Freak-Quency), hingga Azam Raharjo (komikus Arif dan Imam).

“Staf penulisan ‘GET HYPE!!’ sangat bertalenta tinggi, dan mengerti visi saya dari hari pertama. Apalagi Rakaputra Paputungan yang harus mengisi prosa di tengah dialog-dialog gila saya menjadi suatu bacaan yang apik dan menarik,” puji Ababil terkait keterlibatan para staf penulis dan ilustrasi. “Staf ilustrasi tak usah ditanya lagi, dari Chiiririn sampai Xero, saya rasa semua memberi yang terbaik dan dibuat lebih baik lagi di bawah penyuntingan seni dan desin karakter dari asteRiesling.”

This slideshow requires JavaScript.

Tak hanya memiliki cerita dan ilustrasi, GET HYPE!! juga dilengkapi dengan berbagai konten suplementer untuk memperkaya dunia Cloverlines. Salah satunya adalah dengan hadirnya episode eksklusif dari 3 komik strip internet populer seperti Teater Sekar, GHOSTY’S Comics, dan Risa Comics.

“Kalau boleh jujur, saya sangat terkejut semua dapat berjalan dengan lancar. Bayangkan buku 300+ halaman dikonsepkan dan dieksekusi hanya dalam 3 bulan! Luar biasa,” ungkap Ababil mengekspresikan rasa takjubnya.

“Keinginan saya tidak muluk-muluk. Teman-teman membeli buku ini dan menikmatinya saja saya rasa sudah cukup. Kalaupun ada harapan jangka panjang, besar harapan saya buku ini bisa membawa lebih tinggi nama-nama para kontributornya,” ungkap Winsen.

Buku GET HYPE!! dengan tebal lebih dari 300 halaman sudah bisa dipesan secara online di fan page Rimawarna di Facebook dengan harga 50.000 rupiah. GET HYPE!! juga akan dijual di acara Comic Frontier 9 di Balai Kartini tanggal 2-3 September 2017. 35 pembeli pertama di CF9 akan mendapatkan bonus komik Cloverlines in Hello World dan album me:GUMI a Tone Poem.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan berasal dari pihak pemberi siaran pers dan tidak merepresentasikan kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.