Dikutip dari review AMH di kaskus (silakan buka link ini) oleh Azuma Denton (alias zumzum 😀 )

Chara dari anime HigurashiHigurashi no Naku Koro Ni (atau yang dikenal sebagai “When the Cicadas Cry” di luar Jepang) merupakan sebuah visual novel yang dirilis oleh 07th Expansion yang telah diadaptasi menjadi anime. Season pertama nya dimulai pada tanggal 04 April 2006 dan berakhir pada 26 September 2006 dengan total 26 episode. Lalu pada tanggal 6 Juli 2007, season keduanya dirilis dengan perkiraan total 24 episode secara keseluruhan.

Higurashi terkenal sebagai visual novel yang menampilkan char loli yang banyak beserta cerita yang penuh darah dan psycho. Oleh karena itu, saya mengasih rating 17++ untuk anime ini.

Advertisement Inline

Apa sih yang spesial pada Higurashi no Naku Koro ni?? Sekilas dilihat, Higurashi tidak punya sesuatu yang spesial selain mengemborkan loli dan darah. Namun cerita Higurashi lebih dalam dari itu. Di balik cerita Higurashi, ada suatu misteri terselubung. Dari tiap arcs (untuk arcs, akan dijelaskan dalam section arcs), kita akan dibawa mengumpulkan informasi-informasi yang berupa potongan puzzle untuk dihubungkan.

Story
Higurashi no Naku Koro ni mengambil setting di sebuah desa bernama Hinamizawa pada tahun 1983. Keiichi Maebara adalah seorang murid pindahan yang baru saja menetap di sana. Di sana dia masuk ke sekolah satu-satunya di sana yang mempunyai murid yang sangat sedikit sehingga satu kelas tersebut terdiri dari berbagai tingkatan.

Pada musim panas tersebut, Keiichi mengetahui adanya festival tahunan yang selalu diselenggarakan oleh desa Hinamizawa. Festival tersebut dinamakan Watanagashi Festival yang ditujukan untuk menyembah Oyashiro~sama. Di sini Keiichi menyadari berbagai keanehan yang ada pada desa Hinamizawa dan teman-temannya, seperti setiap festival Wataganashi, pasti ada satu orang yang meninggal dan satu orang yang menghilang, insiden pembangunan dam 4 tahun yang lalu serta masa lalu teman-temannya yang ternyata tidak sepolos mukanya.

Character
Keiichi Maebara
Murid pindahan dari Tokyo dan merupakan karakter utama dari Higurashi. Senjatanya adalah tongkat baseball.

Rena Ryuugu
Teman dekat dari Keiichi. Penyuka benda-benda imut (yang ditunjukkan dengan seringnya memungut benda aneh di tempat penampungan sampah). Senjatanya adalah golok.

Mion Sonozaki
Pewaris keluarga Sonozaki. Merupakan anak paling tua di kelasnya Keiichi. Ketua klub permainan yang diikuti Keiichi.

Shion Sonozaki
Adik kembarnya Sonozaki yang bekerja sebagai maid pada suatu cafe di kota sebelah Hinamizawa. Diusir dari Hinamizawa demi mempertahankan martabat keluarga Sonozaki. Senjatanya adalah stun gun.

Rika Furude
Anak pendeta kuil Oyashiro~sama. Sekilas terlihat tidak bersalah namun dia yang paling tahu tentang insiden-insiden yang terjadi di Hinamizawa. Senjatanya adalah pisau dapur.

Satoko Hojo
Orang tuanya merupakan pendukung pembangunan dam di desa Hinamizawa. Akibatnya Satoko dimusuhin oleh orang-orang dewasa di desanya. Hal ini makin parah mengingat orang tuanya sudah meninggal dan kakak satu-satunya menghilang. Sekarang dia tinggal bersama Rika yang selalu menjaganya.

Media Information

Musik:

Anime Season 1
OP : Higurashi no Naku Koro ni by Eiko Shimamiya
ED : Why, or Why Not?? by Rekka Katakiri

Anime Season 2
OP : Naraku no Hana by Eiko Shimamiya
ED : Taisho by anNina

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.