BAGIKAN

reon

Salah seorang ilustrator komik Indonesia, Rudy Ao baru-baru ini telah mempublikasikan sebuah gambar karyanya, di mana gambar tersebut disebut-sebut adalah cover dari sebuah komik tentang sosok panglima perang asal Aceh, Laksamana Keumalahayati. Yang menarik, pada gambar tersebut, terdapat embel-embel “COMIC” dan sebuah logo dari Keana Films. Selain itu dalam gambar tersebut juga terdapat nama Marcella Zallianthy, Edna Caroline, Habibie Yukfazain, Ardian Syaf, Rudy Ao, Aris Naka Abee, Chis Arieswenda, dan Ibenk Irawan.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai proyek tersebut baik untuk film maupun komiknya. Namun menurut pengakuan dari Aris Naka Abee, komiknya sendiri akan berformat 20 halaman berwarna.

Laksamana Keumalahayati adalah sosok panglima perang Kesultanan Aceh di abad ke-16 Masehi. Dirinya juga disebut-sebut sebagai “laksamana wanita pertama dalam sejarah modern”. Semasa hidupnya, dirinya memimpin laskar janda Aceh yang disebut “Inong Balee” dalam menghadapi ancaman dari penjajah asing. Keberanian dan kegagahannya bahkan telah membuat Kerajaan Inggris memilih jalan diplomasi dan perdamaian dengan Kesultanan Aceh dalam memenuhi ambisinya untuk melintasi Selat Malaka dan membuka rute penjelajahan ke Jawa.

Kini, nama Keumalahayati diabadikan menjadi nama kapal, universitas, rumah sakit, dan sejumlah jalan di pulau Sumatra, termasuk sebuah pelabuhan yang terletak tak jauh dari makamnyaa.

KAORI Newsline | Courtesy of Rudy Ao & Aris Naka Abee | Cover yang terdapat di atas baru merupakan desain awal dan belum final