Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir. Banyak hal-hal yang terjadi selama rentang satu tahun ini, termasuk sejumlah insan-insan yang telah tutup usia meninggalkan dunia yang fana ini untuk selama-lamanya.

Berikut ini adalah sejumlah seiyuu asal Indonesia yang telah tutup usia selama tahun 2017:

Advertisement Inline

Giman

Giman adalah seorang seiyuu jebolan dari Sanggar Prathivi. Ia telah berperan mengisi suara dalam sejumlah film, di antaranya adalah Pasoa & Sang Pemberani, sebuah film berteknologi animasi 3D karya SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus. Almarhum tutup usia pada 20 Februari 2017.

Dewan

Dewansyach Nasution alias Dewan adalah seiyuu yang dikenal dalam perannya dalam menyulihsuarakan James P. “Sulley” Sullivan dalam film Monsters, Inc. karya Pixar Animation Studios, ke dalam bahasa Indonesia. Semasa hidup almarhum yang juga pernah aktif sebagai pengendara ojek online ini sempat mengisi suara berbagai film seperti The Lion King sebagai Mufasa, Mencari Dory sebagai Hank, maupun menjadi pak polisi dalam anime Si Jenius Bakabon. Almarhum tutup usia pada 18 April 2017.

Herman Wijaya

Herman Wijaya adalah adalah seorang seiyuu jebolan dari Sanggar Prathivi. Memulai karirnya sebagai Seiyuu progam-progam radio bersama Sanggar Prathivi, almarhum aktif dalam berkarir dalam program-program sandiwara radio yang sempat digemari masyarakat pada masanya seperti Wahyu Asta Brata hingga Tutur Tinular.

Kemudian ketika televisi swasta mulai bermunculan di kancah pertelevisian Indonesia, almarhum juga turut aktif menjadi Seiyuu untuk program-program asing yang disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia. Salah satu perannya yang terkenal adalah sebagai sosok Goofy karya Walt Disney Animation Studios, peran yang dilakoninya hingga akhir hayatnya. Selain itu dirinya juga pernah berperan sebagai Darkwing Duck. Almarhum juga aktif sebagai Seiyuu di sejumlah anime asal Jepang, di antaranya adalah sebagai Nakago dalam anime Fushigi Yuugi (dikenal di Indonesia sebagai Curious Play), hingga anime lainnya seperti Dragon League, hingga Ranma 1/2.

Almarhum tutup usia pada 20 Mei 2017.

Yunan Alamsyah

Yunan Alamsyah adalah seiyuu yang memulai karirnya sebagai seiyuu pada tahun 2003. Almarhum telah terlibat dalam penyulihan suara sejumlah film seperti Soledad, Chinese Ghost StoryTweenies, hingga Detektif Conan. Salah satu perannya juga adalah sebagai kakek dalam anime Kobo-chan yang tayang di Space Toon dan NET beberapa tahun yang lalu. Almarhum tutup usia pada 22 Desember 2017.

KAORI Nusantara turut berbelasungkawa atas kepergian mereka semua. Semoga segala amal mereka dapat diterima di sisinya, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan.

KAORI Newsline | Photo courtesy of Giman, Herman Wijaya, Yunan Alamsyah, & koleksi pribadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.