BAGIKAN
Presiden Joko Widodo Resmikan Operasional KA Bandara
Penekanan sirine oleh Presiden Joko Widodo menjadi tanda peresmian operasional KA Bandara. | Sumber: Sekretariat Negara.

Setelah mulai uji coba menggunakan penumpang dan soft launcing sejak Senin (26/12), pada Selasa (2/1) Presiden Joko Widodo resmikan operasional KA Bandara Soekarno-Hatta. Presiden Joko Widodo hadir pukul 08.50 di Stasiun bersama dengan beberapa Menteri Kabinet Kerja. Saat memasuki area stasiun KA, Jokowi mengenakan kaus berwarna merah lengan panjang dan celana panjang hitam. Seremoni peresmian sendiri ditandai penekanan tombol sirine oleh Presiden.

Presiden saat mencoba layanan Kalayang di Bandara Soekarno-Hatta sebelum meresmikan KA Bandara. | Foto: Sekretariat Negara,

Melalui KA Bandara ini Presiden Joko Widodo berharap agar masyarakat dapat menggunakan transportasi publik apabila hendak menuju bandara. Terlebih nantinya KA Bandara ini akan terintegrasi dengan layanan transportasi MRT dan LRT di kawasan Dukuh Atas.

Presiden saat menaiki KA Bandara. | Foto: Sekretariat Negara,

Dengan harga tiket Rp 70.000 sejak diresmikan pada Selasa (2/1), tiket dapat dibeli melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Play Store, dan vending machine yang tersedia di stasiun pemberangkatan. Pembayaran tiket pada vending machine dapat dilakukan dengan kartu prabayar, kartu debit, dan kartu kredit. Sehingga, turis mancanegara dapat menggunakan kartu kreditnya yang berlogo Visa, Mastercard, JCB maupun American Express.

Advertisement Inline

Baca juga: Bus Low-Deck Jadi Armada Integrasi Stasiun KA Bandara Dengan Transjakarta

Dengan perjalanan pertama dari BNI City pada pukul 3.40 dan dari pukul 6.10 dari Bandara Soekarno-Hatta, jumlah total perjalanan mencapai 42 KA per harinya, KA Bandara ini dilayani oleh armada 10 rangkaian. Seluruh rangkaian dibangun oleh INKA yang bekerja sama dengan Bombardier Transportation. Dengan konfigurasi 6 unit kereta tiap rangkaiannya, setiap 1 rangkaian dapat menampung maksimum 272 penumpang dalam sekali perjalanan.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.