BAGIKAN
Kereta Cepat Tiongkok Terbakar
Rangkaian CRH yang terbakar. | Foto: Twitter @Tetsudology

Sebuah rangkaian Kereta cepat Tiongkok terbakar saat perjalanannya pada hari Kamis (25/01) siang waktu setempat. Api tiba-tiba muncul pada gerbong kereta urutan ke-2 di rangkaian KA cepat milik China Railway – Highspeed (CRH) tersebut. Diketahui rangkaian tersebut melayani perjalanan dari stasiun Qingdao di wilayah pantai menuju Hangzhou di bagian utara Tiongkok.

Baca juga: Tiongkok Selesaikan Uji Coba Dua Purwarupa Kereta Cepat Terbarunya

Kru KA yang berkoordinasi dengan pengendali perjalanan terpusat segera menghentikan perjalanan KA alias Berhenti Luar Biasa (BLB) di stasiun Dingyuan, provinsi Anhui untuk mengevakuasi seluruh penumpang dan awak lainnya, untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pemadaman api yang intensif dan cukup memakan waktu. Beruntung, api dapat dipadamkan dengan segera sebelum menjalar ke bagian lain dari rangkaian KA.

Advertisement Inline

Biro Perkeretaapian Wilayah Shanghai belum memberikan keterangan pasti berapa jumlah penumpang dalam perjalanan KA tersebut. Beruntung, tiada korban yang jatuh dalam peristiwa ini.

Diduga, hubungan arus pendek pada instalasi kelistrikan kereta nomor urut 2 tersebut yang menjadi penyebab munculnya percikan api yang pada akhirnya membakar sebagian unit kereta tersebut saat berjalan dengan kecepatan tinggi.

Kereta cepat Tiongkok sendiri sebelumnya pernah mengalami kecelakaan fatal pada tahun 2011 saat dua buah rangkaian ka cepat bertabrakan di jembatan dan menyebabkan gerbong kereta terjun dari jembatan hingga menyebabkan 40 orang meninggal dunia.

Cemplus Newsline by KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.