BAGIKAN

Menjelang akhir tahun 2017, re:ON Comics masih bertahan dengan edisi ke-30. Bertepatan dengan itu, polling pembaca pun kembali lagi. Selain itu, ada satu judul komik romansa yang pamit dulu, namun satu judul andalan kembali lagi di edisi ini. Komik apa itu?

Grandpa is Here (Nan Nan)

Vincent mencoba cara terakhir untuk memastikan siapa sebenarnya sosok si kakek dan menyingkirkannya untuk selama-lamanya. Tapi tentu saja, sumber utama horor dari Grandpa is Here adalah kondisi psikologis Vincent yang semakin rusak dengan situasi misterius yang terus menekan dirinya. Apakah menghadapi kebenaran tentang sosok si kakek akan semakin menambah tragedi psikologis Vincent?

Grey & Jingga: Purple Sunday (Sweta Kartika)

Zahwa, adik Zahra, datang ke kafe. Karena cinta monyetnya pada Grey, Zahwa langsung cemburu pada Nila sebagai adik tirinya Grey. Konflik kekanak-kanakan ini dibawakan dengan baik oleh Sweta dengan gaya gambarnya yang cukup fleksibel, mampu memainkan elemen-elemen dari komik shoujo dan bahkan shounen juga untuk mempertegas suasana pada momen-momen tertentu. Komposisi panel yang apik dan penggambaran objek kehidupan sehari-hari juga memperkuat kesan membumi dari komik ini.

The Grand Legend: Ramayana (Is Yuniarto)

Rama berhasil menerobos masuk ke arena dan bertemu dengan Surpanaka. Tetapi Surpanaka menjebak Rama agar bertarung dengan Hanggada sang pendekar Wanara dan dengan Baloo di arena. Sejauh ini situasi masih menghibur bagi Surpanaka. Namun terlena oleh kesenangan dari permainannya, ada pemain-pemain yang pergerakannya luput dari pengamatannya. Bisakah gerakan-gerakan mereka membantu Rama membalik keadaan?

Bachelor’s Brotherhood (Shu Eirin)

Setelah mengenal Seto dan Novy lebih dekat, kali ini Tony berkesempatan mengenal lebih dekat Fel, teman Novy yang membuat doujinshi untuk dewasa. Tony diminta untuk berpura-pura menjadi pacarnya Fel agar Fel tidak dijodohkan oleh ayahnya. Tapi bukannya meloloskan Fel dari masalah, kurangnya persiapan membuat rencana ini justru membuat Tony terseret semakin dalam ke dalam konflik keluarga mereka. Tapi di sisi lain, Tony sendiri pada akhirnya memang tidak bersikap “ora urus,” entah dia paham resikonya atau tidak.

Onthelku (Matto Haq)

Alif berupaya membantu mendekatkan Rani dengan Bayu dalam acara dansa. Tapi sayangnya, semua berantakan karena Bayu tidak dapat membaca situasi. Momen ini menunjukkan betapa Bayu selama ini secara egois memahami orang dari perspektif penilaiannya sendiri, tanpa mencoba melihat sudut pandang dari orang lain mengenai diri mereka.

Galauman (Ockto Baringbing dan Ino Septian)

Dengan stiker polisinya, Lain menang dari sisi jumlah. Karena itu, Christa, Gracia, dan Jakapus mengalihkan pertarungan menjadi adu kecerdikan. Pemanfaatan sederhana dari psikologi lawan menambah sedikit nuansa berbeda pada pertarungan, dan juga menjadi momen bagi Jakapus yang nyentrik untuk mendapat kepercayaan dari Christa dan Gracia.

Reon and Friends (Yudhanegara Njoman, Gita Juwita dan Dini Marlina)

Reon and Friends kali ini agak berbeda dari biasanya karena menampilkan elemen supranatural, Dark Oren yang menarik anak-anak ke dalam cermin. Tapi mirip-mirip dengan cerita iyashikei, tidak benar-benar ada hal buruk yang terjadi di sini, dan kejadian itu justru menjadi petualangan kecil yang aman, layaknya khayalan masa kecil.

Tawur (C. Suryo Laksono)

Budi kembali ke arena dan bergabung dengan Wiji dan Wina. Arjun pun akhirnya juga turun menghadapi mereka. Kehadiran Budi jelas penting, namun teamwork dengan Wiji dan Wina tetap menentukan untuk mengimbangi Arjun. Dan aksi mereka melawan Arjun menggambarkan dengan baik bagaimana mereka telah memahami peran masing-masing dalam kerja sama.

Nusa V (Sweta Kartika)

Gentiri kembali ke tempat persembunyian kubu Sandekala, sementara para Ksatria Nusantara kembali ke markas mereka. Di tempat masing-masing, mereka membicarakan kemunculan ksatria kelima berjubah merah yang misterius. Bab ini lebih banyak menghadirkan dialog yang menjelaskan setting cerita, dengan tambahan bumbu komedi agar tidak terlalu membosankan. Yang jelas, titik plot yang penting bagi kedua pihak dalam waktu dekat adalah mencari tahu siapa sebenanya sang ksatria kelima dan apakah dia akan bergabung dengan Ksatria Nusantara lainnya.

Me Vs. Big Slacker Baby (Annisa Nisfihani)

Arin dan Alvan sudah kelas tiga dan harus segera memutuskan masa depan pendidikan mereka setelah lulus. Sementara Arin masih bingung mau kuliah di mana, masa depan Alvan nampaknya telah dipastikan akan kuliah di New York. Apakah itu berarti dalam hubungan ini Arin akan harus belajar mengalami cobaan terpisah oleh jarak? Itu bisa menjadi suatu arah yang menarik dalam kisah cinta mereka.

Selain komik-komik di atas, ada juga komik rubrik re:FRESH dengan 10 tips bermain media sosial. Artikel fitur yang dihadirkan adalah liputan acara Frankfurt Book Fair dan wawancara dengan komikus Grandpa is Here, Nan Nan, yang memberikan gambaran minat seperti apa yang ada di balik pilihan-pilihan genrenya yang menarik. Tidak ketinggalan rubrik re:CREATE memberikan tips penggunaan kuas yang berbeda-beda untuk menghasilkan line art dengan kesan yang berbeda-beda.

KAORI Newsline | oleh Halimun Muhammad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.