BAGIKAN
dua masinis wanita MRT Jakarta
Indri dan Amalia, dua masinis wanita MRT Jakarta yang menyelesaikan masa pelatihan di Malaysia.

Moda transportasi yang akan beroperasi di Jakarta, MRT Jakarta patut berbangga. Selain karena menggunakan tekologi mutakhir, MRT Jakarta juga akan memiliki masinis kereta api reguler wanita pertama di Indonesia. Setidaknya dua masinis wanita MRT Jakarta sudah lulus dan menyelesaikan pelatihan di Malaysia.

Dua masinis wanita MRT Jakarta tersebut ialah, Indri dan Amalia, bersama dengan masinis laki-laki MRT Jakarta telah menyelesaikan pelatihan di Rapid Rail Academy milik Rapid KL. Indri yang berasal dari Lampung, mengungkapkan bahwa ia amat berbangga menjadi masinis MRT Jakarta dan tidak merasa minder bekerja di lingkungan yang di masinis yang di Indonesia masih asing dengan kehadiran wanita.

Baca juga: 1 Tahun Lagi Beroperasi, Proyek MRT Jakarta Telah Selesai 92 Persen.

Advertisement Inline

“Saya berharap seluruh rakyat Indonesia akan mendukung kami sebagai agen transformasi untuk sistem transportasi perkotaan,” kata Indri. Sementara itu rekan sekerjanya, Amalina, juga menyatakan, saat ini di Indonesia belum ada wadah untuk mereka menimba ilmu sebagai masinis sepereti di Malaysia. Total, MRT Jakarta mempunyai 90 orang masinis, dimana 5 orang diantaranya adalah wanita.

Masinis MRT Jakarta yang merampungkan masa pelatihan di Malaysia. | Foto: Utusan Online.

Dalam pelatihan yang berlangsung di Rapid Rail Academy, para masinis MRT Jakarta tersebut dilatih untuk melaksanakan sistem pengoperasian dan persinyalan kereta, termasuk diantaranya mempelajari sistem rolling stock, troubleshooting, praktik langsir, merangkai kereta, hingga mengemudikan kereta di salah satu jalur LRT di Kuala Lumpur dengan didampingi oleh instruktur. Pelatihan ini merupakan bagian dari kontrak kerjasama Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun dengan Prasarana Malaysia Berhad (Prasarana).

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.