BAGIKAN

Setelah sebelumnya hadir melalui layanan Usee TV, kini serial 3D Petualangan si Unyil hadir kembali melalui stasiun televisi TRANS7. Serial ini bisa disaksikan setiap hari Senin sampai Jumat, pukul 12.30 WIB.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnyaPerum Produksi Film Negara (PFN) dan PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) akan mengangkat kembali kisah sandiwara boneka klasik Si Unyil ke dalam bentuk anime 3D dengan judul Petualangan si Unyil.

Si Unyil awalnya adalah sandiwara boneka yang mengetengahkan kisah kehidupan seorang anak lelaki bernama Unyil. Tayang perdana di Stasiun Televisi TVRI pada medio tahun 1981-1993, serial karya karya Drs. Suyadi atau yang lebih dikenal sebagai Pak Raden dan Perum Produksi Film Negara ini dengan cepat mendapat tempat di hati masyarakat pada zamannya dan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer di Indonesia. Saat ini, masyarakat masih bisa melihat Si Unyil dalam acara Laptop Si Unyil di Stasiun Televisi TRANS7.

Cerita dari serial 3D Petualangan Si Unyil diambil dari peristiwa sehari-hari tetapi disajikan dengan cara cerdas dan berkadar humor tinggi sehingga anak-anak akan lebih banyak menikmati cerita yang kaya dari dunia mereka dengan rasa ke-Indonesia-an.

Selain Telkom dan PFN, pihak lain yang terkait dengan produksi Petualangan Si Unyil di antaranya sejumlah rumah produksi animasi serta animator muda terbaik di Indonesia melalui AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia), juga dengan pembiayaan untuk musim pertamanya oleh pihak TELKOM.

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah Seiyuu kenamaan juga turut berpartisipas dalam menyuarakan anime ini. Salah satunya adalah Mirna HaryatiSeiyuu jebolan SCTV yang baru-baru ini didapuk untuk menjadi Seiyuu dari anime pendek Grey & Jingga: The Twilight, yang kini didapuk untuk menyuarakan Unyil, meneruskan jejak Bambang Utoyo dan Hanimah. Selain itu ada juga Loecy Soesilo, Seiyuu Dekisugi di anime Doraemon, yang kini didapuk untuk menyuarakan Endut. Kemudian ada juga Wiwid Widyas Prihantoro yang sudah malang melintang dalam berbagai sandiwara boneka seperti Jalan Sesama, yang didapuk untuk menyuarakan Pak Ogah, dan masih sederet Seiyuu lainnya.

Musim pertama dari serial 3D ini berjumlah sebanyak 13 episode, di mana tiap-tiap episode berdurasi sebanyak 22 menit dan dibagi menjadi 2 cerita.

Ke depannya, akan ada beberapa konsep bisnis dalam pengembangan karaktar Unyil, di antaranya aplikasi games, dan komik.

KAORI Newsline