Siapa yang suka dengan idol dan seiyuu blasteran Jepang – Amerika, Sally Amaki? Member grup idol 22/7 besutan Yasushi Akimoto ini memang cukup populer di jagat dunia maya, terutama karena kemahirannya berbahasa Inggris, termasuk keaktifannya di dunia maya dalam mengomentari isu-isu terkini mengenai anime, dan hal-hal populer lainnya.

Namun siapa sangka bahwa nun jauh di Ghana, di benua Afrika, cukup jauh dari Jepang yang merupakan bagian dari benua Asia, ternyata ada juga seorang bernama Sally Amaki? Ya, 2 orang atau lebih yang berbeda satu sama lain, bahkan tidak saling mengenal, namun memiliki nama yang sama memang bukanlah hal yang benar-benar aneh, seperti misalnya di Indonesia ada sebuah komunitas bernama Paguyuban Sugeng, yang merupakan kumpulan dari insan-insan bernama Sugeng.

Advertisement Inline

Kembali ke soal Sally Amaki asal Ghana, sosok yang satu ini bukanlah seorang idol, bukan pula seorang seiyuu, melainkan seorang politisi!

Adalah Sally Amaki Darko Attopee, atau dikenal juga sebagai Madam Tilapia, adalah seorang politisi asal kota Accra, Republik Ghana di bilangan benua Afrika. Lulusan Universitas Pendidikan Winneba, Ghana ini aktif dalam perpolitikan Ghana, di bawah naungan Partai Kongres Nasional Demokratik.

Pada Pemilu Parlemen di Ghana pada tahun 2016 lalu, dirinya sempat terdaftar sebagai Caleg untuk daerah pemilihan Ablekuma Utara. Meskipun begitu, dirinya harus mengakui kekalahan, tatkala Madam Nana Akua Owusu Afriyie dari Partai Patriotik Barulah yang terpilih mewakili daerah pemilihan tersebut. Partai Kongres Nasional Demokratik sendiri tercatat menjadi oposisi di pemerintahan Ghana sejak Pemilu tahun 2016 lalu, bahkan partai tersebut tidak pernah memenangkan suara di daerah pemilihan Ablekuma Utara sejak Pemilu tahun 1996.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.