BAGIKAN
Rangkaian Kereta LRT Jakarta Tiba Seluruhnya
Rangkaian LRT Jakarta berada di Tanjung Priok, siap dikirim ke Kelapa Gading.

Jelang Asian Games pada bulan Agustus 2018, persiapan pengoperasian LRT Jakarta terus dikebut. Setelah mulai tiba pada bulan April 2018, hampir bersamaan dengan kedatangan kereta MRT Jakarta, kini delapan unit rangkaian kereta LRT Jakarta tiba seluruhnya di Jakarta.

Kepastian telah tuntasnya pengiriman ini ditandai dengan kedatangan rangkaian terakhir LRT Jakarta yang tiba pada Sabtu (14/7). Rencananya setelah proses unloading pada petang harinya, rangkaian akan langsung dikirim menuju Kelapa Gading dan akan langsung diangkat menggunakan crane menuju jalur layang pada Minggu (15/7) dini harinya.

Rangkaian LRT Jakarta berada di Tanjung Priok, siap dikirim ke Kelapa Gading.

Kemajuan terakhir dari kesiapan prasarana jalur LRT Jakarta sepanjang 5,8 km sendiri telah mencapai 77% pada pertengahan Juli 2018 dan ditargetkan dapat beroperasi sebelum Asian Games 2018. Dari segi sarana, proses uji coba telah dilaksanakan pada rangkaian kereta yang telah tiba di Jakarta sebelumnya.

Advertisement Inline

Baca juga: Rangkaian Pertama LRT Jakarta Mulai Jalani Uji Dinamis.

Proses produksi kereta LRT Jakarta ini juga lebih cepat dari waktu rata-rata pembuatan kereta LRT pada umumnya. Jika biasanya pembuatan kereta untuk LRT memerlukan waktu sekitar 20 bulan, kereta LRT Jakarta ini dibuat hanya dalam kurun waktu 13 bulan. Hal ini disebabkan model dan desain kereta LRT Jakarta sama dengan kereta LRT Gimpo Gold Line yang sedang dibuat di Hyundai Rotem, sehingga tidak membutuhkan modifikasi atau desain ulang sehingga bisa mempersingkat waktu produksi.

Sebelumnya, dua unit kereta LRT tiba di Indonesia Kendaraan Terminal, Tanjung Priok, pada Jumat (13/4). Enam unit tambahan kemudian tiba pada Sabtu (9/6) dan telah diparkir di jalur simpan LRT pada Minggu (24/6).

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.