BAGIKAN
(©Psygnosis Camden Studio)

Masih ingatkah ketika dulu konsol PlayStation 1 atau bisa juga disebut PSX berjaya? Mungkin jika para pemain sudah lahir pada saat era 90-an pastinya sudah sangat akrab dengan konsol yang satu ini bukan? Begitu banyak video game yang sangat berkesan hadir di konsol ini. Bahkan kenangan ketika memainkan game-game tersebut masih tersisa di ingatan hingga sekarang.

Mari bernostalgia dengan salah satu gim tersebut yang hadir dengan genre Tactical Shooter dan RTS (Real Time Strategy) yang dirilis oleh Psygnosis Camden Studio pada tahun 2000 silam, yaitu Team Buddies. Jika biasanya game dengan tema ini dibalut dengan suasana serius dan menegangkan, hal tersebut terasa berbeda dengan Team Buddies yang dibalut dengan komedi dengan kadar humor yang tinggi, lengkap dengan tingkah laku konyol para Buddies ketika bertempur.

Cerita di gim ini berlatar di Buddie World, sebuah dunia yang damai dan dihuni oleh makhluk berbentuk pil yang disebut “Buddies”. Suatu hari gerhana terjadi dan banyak sekali kotak jatuh dari langit, Kotak itu ternyata berisikan bermacam-macam senjata. Setelah menemukan senjata di dalam kotak, para Buddies dipisahkan oleh warna dan mulai bertempur satu sama lain untuk meraih kekuasaan. Ternyata dalang dari biang kekacauan itu adalah Baddie Moon yang dihuni oleh makhluk berbentuk kubus yang disebut Baddies. Mereka sengaja menjatuhkan kotak-kotak tersebut dan mengadu domba para Buddies agar Buddie World hancur dan menjadi hiburan acara TV para Baddies, Tugas para pemain tentu saja untuk menghentikan tindakan para Baddies dan menghancurkan ibu kota Baddie Moon yang menjadi sumber dari terbuatnya kotak-kotak tersebut.

“Sekumpulan Para Buddies” (©Psygnosis Camden Studio)
“Musuh dari para Buddies yaitu Baddies” (©Psygnosis Camden Studio)
Advertisement Inline

Gameplay di dalam gim ini cukup simpel, Para pemain nantinya hanya akan menggerakkan salah satu Buddies yang tersedia di dslam tim bahkan di tengah-tengah pertempuran. Pemain bisa berpindah karakter dari satu Buddies ke Buddies yang lain dan bisa memberi perintah ke Buddies lainnya, seperti membuat senjata sampai mengacau di markas lawan. Pemain juga membutuhkan kotak untuk memulai membuat sesuatu, Baik untuk membuat senjata, teman Buddies, bahkan heavy vehicle seperti tank, pesawat, sampai UFO pun bisa dibuat melalui kotak. Di markas para pemain juga disediakan 2x2x2 stacking grid untuk meletakkan kotak -kotak yang berhasil pemain dapatkan dan bisa menyusunnya sesuai dengan rumus penyusunan kotak yang ada untuk membuatnya. Kotak yang biasanya terlihat adalah kotak berwarna merah, Namun terdapat kotak-kotak yang berwarna biru ini adalah kotak super yang bisa menaikkan kualitas dari benda-benda yang akan dibuat nantinya. Pemain dinyatakan menang jika Buddies milik musuh habis atau waktu pertempuran habis (time up) dengan keadaan pemain masih unggul dalam jumlah Buddies.

Jika nanti markas milik pemain hancur artinya pemain sudah tidak bisa menggunakan stacking grid miliknya karena stacking grid juga ikut hancur, yang berarti pemain tidak bisa membuat Buddies, senjata, maupun heavy vehicle. Dalam kondisi seperti ini, salah satu jalan adalah mencari senjata dari Buddies musuh yang baru saja mati. Di  multiplayer mode senjata-senjata yang akan digunakan oleh pemain dapat dipilih dan diatur sesuai dengan set yang ada.

“2x2x2 stacking grid yang disediakan untuk membuat senjata”(©Psygnosis Camden Studio)
“Pemain bisa membuat heavy vehicle berupa tank dengan cara mengisi 8 box 2x2x2 di dalam stacking grid” (©Psygnosis Camden Studio)

Ulasan gim Team Buddies berlanjut ke halaman kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.