SHARE

reon

Ekspos KAORI kali ini membahas kontroversi cosplayer yang menggunakan hijab dalam artikel dua bagian.

Bagian I: Ekspos: Apa Salah dan Dosa Cosplay Hijab
Bagian II: Wawancara: Apa Kata sang Cosplayer Hijab
cosplay hijab 2

Berkaitan dengan munculnya tren baru dalam cosplay, yakni cosplay yang mengenakan hijab, kali ini tim KAORI Newsline melakukan wawancara dengan salah satu cosplayer berhijab dengan nama alias Matsurikara. Berikut ini adalah hasil wawancara kami dengan cosplayer yang memiliki nama asli Deanty M. Muchtiarsyah yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA nya berikut ini :

Matsuri ini kan banyak memiliki foto-foto saat bercosplay mengenakan hijab? Sebenarnya sejak kapan Matsuri menekuni cosplay dengan gaya hijab ini?

Untuk ber-cosplay dengan mengenakan hijab ini, sebenarnya sudah cukup lama mulai ditekuni. Pertama kali melakukan cosplay dengan gaya hijab ini dimulai sekitar tahun 2012 lalu.

Lalu untuk inspirasi sendiri, darimana Matsuri mendapat inspirasi untuk menekuni cosplay dengan mengenakan hijab ini?

Kalau inspirasi, waktu itu datang dari fanart karakter Hatsune Miku yang mengenakan hijab. Fanart tersebut dikasih lihat oleh salah seorang temen yang menyodorkan HP nya ke aku untuk melihat fanart dalam galeri foto ponsel miliknya tersebut. Dan waktu itu juga mendadak punya feel untuk menekuni cosplay.

Waktu itu sudah tertarik untuk cosplay sebenarnya, namun karena memang mengenakan hijab, jadi agak bingung gimana nantinya kalau ingin menekuni hobi cosplay ini. Tapi berkat bantuan teman yang memberikan fanart Miku mengenakan hijab itu, aku jadi mulai tertarik untuk mencoba bercosplay dengan hijab tersebut. Dia juga yang terus membujuk aku untuk mencoba cosplay Miku berhijab tersebut.

Dan disaat menentukan untuk ber-cosplay mengenakan hijab, apakah Matsuri/Deanty ini pernah melihat cosplayer ber-hijab yang lain sehingga jadi tertarik untuk melakukan cosplay ber-hijab?

Sejujurnya sih waktu pertama kali tertarik untuk melakukan cosplay ber-hijab belum pernah melihat ada yang melakukan hal serupa sih. Dan dulu sih memang hampir tidak ada cosplayer yang mengenakan hijab. Jadi niatan untuk melakukan cosplay mengenakan hijab ini memang datang dari ajakan teman yang tadi menunjukkan fanart Miku ber-hijab ke aku.

Wah kalau begitu? Matsuri ini apakah bisa disebut sebagai trend-setter untuk cosplay berhijab ini?

Kalau itu sih kurang tahu pastinya, dibanding dibilang sebagai trend-setter sih, mungkin lebih tepat kalau dibilang ini karena kebetulan aja sepertinya. Bukan berarti waktu itu tidak ada yang cosplay hijab selain aku sih.

Niatan untuk menekuni hobi cosplay sendiri datang dari mana?

Untuk cosplay sendiri sih, karena dulu merasa ada feel dan keinginan untuk mencoba hobi tersebut, kelihatannya sih menarik untuk ber-cosplay. Selain itu, tertarik untuk menekuni cosplay juga datang karena memang sering menghadiri berbagai acara jejepangan dan melihat berbagai cosplay disana. Aku juga sering melihat berbagai macam cosplayer dari majalah jejepangan seperti majalah Animonstar.

Matsuri kan cukup dikenal dengan sebutan “Miku hijab” nih, sebenarnya apakah pernah ber-cosplay karakter lain selain Hatsune Miku?

hijab cosplay_2

cosplay hijab 1

Seingetku sih, dulu pernah melakukan cosplay karakter Yuzuki Yukari, Snow Miku, Kagamine Rin, Minions dari Despicable Me. Seingetku sih itu, tapi lebih jelasnya bisa berkunjung ke halaman World Cosplay milik aku sih.

Nah katanya kan Matsuri ini tertarik melakukan cosplay karena sering hadir ke acara jejepangan, kalau boleh tahu, apa sih acara jejepangan pertama yang dihadiri Matsuri sambil cosplay dengan mengenakan hijab?

Pertama kali ber-cosplay hijab sih waktu perhelatan acara Hobbyfest tahun 2012 kalau tidak salah, yang diselenggarakan oleh KHCI (Komunitas Harajuku dan Cosplay Indonesia).

Dan pada acara itu sudah ber-cosplay menjadi Miku Hijab?

Iya, pada acara itu saya sudah berkeliling mengenakan cosplay Hatsune Miku dengan hijab.

Lalu bagaimana reaksi pengunjung yang melihat gaya cosplay Matsuri?

Cukup surprising sih waktu itu, banyak yang minta foto bareng, dan reaksi orang-orang yang melihat Miku ber-hijab ini cukup bagus dan sangat terbuka serta welcome sih. Makin ke sini makin banyak sih yang welcome ke aku.

Waktu di Hobbyfest itu, apakah Matsuri ikut lomba di atas panggung atau sekedar melakukan Costreet saja?

Di acara itu sih belum ikut apa-apa, cuma keliling-keliling saja mengenakan kostum (costreet) namun tidak ikut kompetisi costreet nya sih.

Lalu bagaimana reaksi orang-orang terdekat, seperti teman-teman sekolah dan keluarga begitu mengetahui Matsuri menekuni hobi cosplay ini?

Untuk teman-teman sendiri, terutama teman sekolah sih, cukup mendukung dan sering dieluh-eluh kan oleh mereka. Namun jika dari keluarga, agak kurang didukung karena dikhawatirkan hobi ini bisa mengganggu prestasi belajar di sekolah sih. Dan berhubung akan segera memasuki dunia perkuliahan, disarankan untuk lebih fokus ke kuliah dahulu oleh orang tua.

Sebenarnya untuk sekarang ini kan sudah banyak bermunculan berbagai cosplayer yang mengenakan hijab, apakah sudah ada komunitas yang menaungi para cosplayer ber-hijab tersebut?

Untuk lingkup komunitas sih belum ada, namun ada beberapa teman yang membuat grup di media sosial facebook yang dikhususkan untuk mereka yang suka cosplay dan membuat fanart karakter hijab. Grup bernama Hijab Cosplay Gallery itu memiliki lingkup se-dunia. Selain grup juga ada fanpage dengan nama serupa.

Grup dengan lingkup se-dunia itu, siapa yang pertama kali memprakarsai pembentukan Hijab Cosplay Gallery tersebut?

Grup tersebut sih dibuat oleh teman-teman sesama orang Indonesia.

Sebelumnya dikatakan bahwa, selain cosplay ber-hijab, di grup tersebut juga terdapat berbagai macam fanart karakter berhijab, apakah fanart tersebut juga dibuat sendiri oleh member grup tersebut?

Iya, selain ber-anggotakan para cosplayer hijab, grup tersebut juga ber-anggotakan para illustrator yang membuat beberapa fanart karakter ber-hijab. Jadi fanart tersebut juga dibuat oleh anggota grup ini sendiri.

Dengan perkembangan tren cosplay ber-hijab ini, apakah ada lomba khusus untuk kategori cosplay ber-hijab ini?

Sampai saat ini sih sepertinya belum ada, aku pribadi juga baru pertama kali ikut lomba untuk kategori cover dance saja.

Berkaitan dengan maraknya reaksi pro maupun kontra mengenai tren cosplay ber-hijab ini, apakah punya tanggapan terhadap reaksi seperti ini?

Bagiku sih, itu merupakan suatu hal yang biasa. Setiap orang boleh mempunyai pendapat dan kesukaan masing-masing. Tapi reaksi yang datang mengenai tren cosplay hijab ini tidak hanya datang dari orang-orang Indonesia saja, reaksi serupa juga dilontarkan oleh orang-orang dari negara lain.

Dan aku juga menghargai bagi siapapun yang menerimanya dengan baik, kalau memang ada komentar dan reaksi buruk, tidak terlalu jadi masalah yang cukup besar juga. Karena di sisi lain banyak teman-teman dan pihak yang mendukung-ku untuk bercosplay hijab ini.

Cosplay sendiri ada untuk siapa saja, untuk ras apapun, usia berapapun, toh dalam cosplay itu tidak ada yang namanya hak milik. Karena bebas untuk dimainkan oleh siapa saja.

Cosplay Hijab sendiri, bagi Matsuri itu apa?

Cosplay hijab itu sih sekedar hobi saja. Dan sama dengan cosplay-cosplay lainnya, namun dengan sedikit perbedaan yang ada tentunya.

Akhir-akhir ini, Matsuri kan ber-cosplay karakter Ayano dari Mekakucity Actors, namun tidak lagi mengenakan hijab seperti yang biasanya, apakah sedang mencari suasana baru?

hijab cosplay_1

Tidak mencari suasana baru juga sih. Kebetulan karakter Ayano ini aku pilih karena karakter nya sendiri lumayan tertutup. Terutama pada bagian leher nya, yang tertutup oleh syal. Sehingga dipilih lah karakter ini dengan gaya biasa, karena pada dasarnya karakter ini sudah cukup menutup tubuh.

Apa rencana ke-depan yang akan dilakukan Matsuri? Apakah akan kembali membuat kostum cosplay baru?

Sebenarnya sih sedang tertarik untuk kembali ber-cosplay karakter Hatsune Miku, lebih tepatnya sih berminat untuk membuat yang versi Senbonzakura. Rencananya akan kembali mengenakan gaya hijab untuk karakter tersebut nantinya. Namun karena baru saja akan memulai semester-semester awal perkuliahan, jadi sepertinya untuk kedepannya akan fokus ke pendidikan terlebih dahulu. Jika memang sudah agak lenggang, akan kembali melanjutkan ber-cosplay lagi nantinya.

Terakhir, apakah ada pesan-pesan dari Matsuri untuk teman-teman cosplayer dan penggemar cosplay? Terutama terkait Cosplay ber-hijab sendiri?

Jangan mudah menyerah hanya karena ada orang yang menghina, atau menghujat kamu karena cosplay yang kamu lakukan. Justru harus lebih semangat dan tunjukkin bahwa bisa melebihi mereka. Anggaplah segala reaksi tersebut sebagai kritikan dan masukan untuk diri sendiri, namun jangan sampai dimasukkan ke hati.

Kalau memang ada yang memuji cosplay-mu, jangan mudah kalap atau merasa terlalu tinggi. Dan ingat, cosplay itu memang untuk siapapun, namun bukan berarti bisa asal-asalan dalam menekuninya, Do your best!

KAORI Newsline

23 COMMENTS

  1. " Kebetulan karakter Ayano ini aku pilih karena karakter nya sendiri lumayan tertutup. Terutama pada bagian leher nya, yang tertutup oleh syal. Sehingga dipilih lah karakter ini dengan gaya biasa, karena pada dasarnya karakter ini sudah cukup menutup tubuh."

    baca brooo…

  2. " Kebetulan karakter Ayano ini aku pilih karena karakter nya sendiri lumayan tertutup. Terutama pada bagian leher nya, yang tertutup oleh syal. Sehingga dipilih lah karakter ini dengan gaya biasa, karena pada dasarnya karakter ini sudah cukup menutup tubuh."

    baca brooo…

  3. " Kebetulan karakter Ayano ini aku pilih karena karakter nya sendiri lumayan tertutup. Terutama pada bagian leher nya, yang tertutup oleh syal. Sehingga dipilih lah karakter ini dengan gaya biasa, karena pada dasarnya karakter ini sudah cukup menutup tubuh."

    baca brooo…

  4. aku jg cosplayer hijab,, sah sah aja kok malah byk yg sneng, asalkan costumnya gk melanggar syariah islam sperti memakai pakain ketat kyak legging or etc,,ttep smgat aja buat matsuri tp klo boleh jujur yg cosplay trakhir syg skali hrus lepas jilbab dn menggunakan wig meskipun trtutup karena di dalam islam haram menggunakan wig,,konsistenlah ttep menggunakan hijab y matsuri ^0^. thankiuh ^^

  5. aku jg cosplayer hijab,, sah sah aja kok malah byk yg sneng, asalkan costumnya gk melanggar syariah islam sperti memakai pakain ketat kyak legging or etc,,ttep smgat aja buat matsuri tp klo boleh jujur yg cosplay trakhir syg skali hrus lepas jilbab dn menggunakan wig meskipun trtutup karena di dalam islam haram menggunakan wig,,konsistenlah ttep menggunakan hijab y matsuri ^0^. thankiuh ^^

  6. Wah berhijab kan hak seseorang (dan kewajiban seorang muslimah) jadi menurutku sah sah saja mereka berhijab. Lagi pula kalau di sebut ooc, konsep karakter kan gak cuma penampilan, tapi dari sifat juga. Jadi asalkan sang cosplayer bisa menghayati peran nya, it's okay.

    Melakukan hobby tapi tidak melanggar aturan agama, bukannya malah makin barokah?? Wkwkwk XD
    Yah… Hanya pendapatku saja.. 🙂

  7. Wah berhijab kan hak seseorang (dan kewajiban seorang muslimah) jadi menurutku sah sah saja mereka berhijab. Lagi pula kalau di sebut ooc, konsep karakter kan gak cuma penampilan, tapi dari sifat juga. Jadi asalkan sang cosplayer bisa menghayati peran nya, it's okay.

    Melakukan hobby tapi tidak melanggar aturan agama, bukannya malah makin barokah?? Wkwkwk XD
    Yah… Hanya pendapatku saja.. 🙂

  8. Yah baguslah kalo sudah memakai hijab para cosplayer, namun tetap saja kalo makai hijab jangan setengah2 , seperti saat dia memakai karakter Ayano, di situ dia bilang kalo karakter tersebut sudah tertup sampai leher, nah loh !! emangnya hukum memaka hijab itu cuma sampai leher dan Menutup aurat beda dengan membungkus aurat . jadi kalo pake jilbab tapi masih membentuk lekukan badan sama aja loh

    ya tapi kembali ke orangnya juga, mau makai silbab yg sesuai dengan perintah-Nya apa atau gimana. yg jelas kalo niat pake hijab karena kewajiban dari-Nya ya gunakanlah aturan2-Nya