Digital Nomad

Sesuai dengan namanya, seorang digital nomad adalah tenaga ahli yang bekerja dengan tidak menetap di satu tempat saja. Seorang digital nomad dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainya sesuai dengan keinginan.

Pekerjaan ini sudah menjadi gaya hidup untuk masyarakat milenial pada sekarang ini. Gaya hidup ini banyak dilakoni penulis, programmer, desainer atau pengembang website, fotografer, penerjemah, internet marketing, ataupun seorang konsultan. Mereka bisa bekerja dengan leluasa di mana saja asalkan ada koneksi internet.

Advertisement Inline

Keuntungan Dan Keseruan Menjadi Digital Nomad

Digitall Nomad mempunyai beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan bila mengerutinya. Saat ini banyak orang dari berbagai kalangan yang tertarik untuk bekerja dengan gaya seperti ini. Berikut ini beberapa keuntungan dan keseruan yang bisa kamu dapatkan bila menjadi pekerja Digital Nomad.

1. Lokasi yang Independen

Di Indonesia lokasi favorit untuk para pekerja digital nomad adalah di Pulau Dewata Bali. Selain keindahannya alamnya, Pulau Bali punya banyak pilihan wisata yang menawarkan berbagai suasana rileks sehingga tidak akan mengalami stres selama bekerja. Itulah konsep digital nomad dalam bekerja.

2. Mudah Untuk Memancing Mood Bekerja

Untuk para karyawan kantoran pasti tahu betul betapa susahnya menemukan mood booster dalam bekerja apabila dalam kondisi mood sedang jelek. Misalnya saja saat dimarahi oleh atasan gara-gara melakukan sedikit saja kesalahan.

Berbeda halnya dengan digital nomad, sambil nunggu mood kerja datang, kamu bisa bersepeda dulu, hiking, berenang, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Intinya kapanpun akan memulai kerja kamu bisa menentukannya sendiri.

Pekerja kantoran tidak mungkin melakukan hal ini, karena bekerja secara konvensional juga tidak memiliki ruang gerak yang bebas. Sedangkan untuk pekerja digital nomad kamu bisa bebas melakukan dan menentukan.

3. Kreativitas Tanpa Batas

Kalau kamu adalah seorang pekerja digital nomad, kamu akan bisa bebas menentukan lapak tempat untuk bekerja. Sehingga kamu pun mempunyai keuntungan dengan bisa memilih suasana yang nyaman sehingga ide dan kreativitas akan mengalir dengan deras.

Berbeda dengan orang yang kerja kantoran bila dibandingkan dengan seorang pekerja digital nomad. Untuk yang kerja kantoran, mungkin akan sulit mencari suasana nyaman. Terkadang suasana di kantoran ini tidak akan bisa memancing kreativitas untuk buat berkembang.

Seorang digital nomad bisa kerja di pinggir pantai, melihat matahari terbit dan terbenam, sambil ditemani minuman menyegarkan. Suasana seperti ini tentu akan bisa membuahkan ide dan kreativitas.

4. Waktu Kerja yang Fleksibel

Satu lagi keuntungan jadi seorang digital nomad adalah tidak terikat dengan jam kerja. Kamu tidak perlu khawatir datang telat ke kantor atau pusing gara-gara jatah cuti menipis. Kamu bisa bangun siang, sorenya baru mulai bekerja.

Itu dia salah satu keuntungan dengan menjadi pekerja digital nomad. Kita sendiri yang akan menentukan waktu kerja. Namun jangan sampai terbawa suasana, kita tetap harus mengikuti jadwal atau deadline serta dengan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Dukungan Coworking Space

Seorang pekerja digital nomad bisa bekerja di tempat-tempat umum yang memiliki akses internet. Bahkan saat ini sedang muncul juga tren baru yaitu coworking space. Di Indonesia sendiri diprediksi akan hadir lebih dari ratusan coworking space dalam satu tahun mendatang karena menjamurnya tren digital nomad dan perusahaan rintisan.

Di saat kamu menjadi digital nomad, kamu tidak perlu kerja di kantor atau pun di tempat yang tertutup. Kamu bisa kerja dimana saja sesuai dengan keinginan kamu seperti di cafe, rumah atau kamu juga bisa mengerjakan ini di tempat yang bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik.

Menjadi pekerja digital nomad tentu terdapat berbagai serba-serbi dan keunikannya. Biasanya yang memilih profesi ini adalah mereka-mereka para pekerja muda yang masih aktif dan gemar travelling atau bertualang serta mencoba hal baru. Carilah informasi yang lebih mendalam, gali lagi potensi diri sendiri dengan lebih baik dan kumpulkan keberanian untuk menjalani hidup yang lebih bermanfaat.

Untuk kenyamanan bekerja, digital nomad juga membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Mengingat pemasukan yang relatif tidak stabil, digital nomad wajib juga memiliki asuransi untuk perlindungan kondisi keuangan dari hal tak teduga semisal sakit atau bencana.

Dengan alasan yang sama, yaitu pendapatan, saat membeli  asuransi jangan sungkan berdiskusi dengan agen untuk memastikan benefit yang didapat sesuai dengan premi asuransi yang dibayarkan.

Jika kamu ingin melakukan dua hal sekaligus, seperti berlibur dan sekalian kerja. Menjalani profesi Digital Nomad adalah pilihan yang bisa kamu ambil untuk dijadikan ladang mata pencaharian. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.