BAGIKAN
japanese film festival 2019

Bento Harassment. Film asal Jepang ini menjadi salah satu film yang turut diputar dalam rangkaian acara Japanese Film Festival 2019 yang diselenggarakan selama bulan November dan Desember di Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, dan Bandung. Intip ulasan singkat filmnya dari KAORI:

Sinopsis

Kaori merupakan seorang single parents yang harus menghadapi anak sulungnya, Futaba yang sedang memasuki fase pemberontakan (fase di mana si anak suka mengabaikan dan membuat kesalahan ke orang tua) setelah lulus SMP dan melanjutkan ke jenjang SMA. Sedangkan kakaknya, Wakaba sudah memilih hidup sendiri dan membantu ibunya di toko roti. Pada hari terakhir Masa SMA, Futaba membawa bento yang dibuat oleh ibunya dan secara tidak sadar, di dalam kotak bento tersebut terdapat banyak kejutan dan pesan untuk Futaba agar bisa mengerti apa yang ibunya lakukan untuk Futaba saat kelak dewasa nanti. Akan tetapi, semakin lama sikap Futaba semakin liar dan kerap melawan ibunya. Namun bagi Kaori, Futaba adalah anak yang butuh kasih sayang, terutama sejak kehilangan ayahnya.

Advertisement Inline

Komentar 

Aldin Firgiawan – KAORI Newsline 

Bento merupakan hal yang lumrah di khalayak umum terlebih lagi di Jepang sebagai alat untuk mempererat hubungan antara individu dengan individu lainnya. Di film Bento Harassment, penonton akan melihat sebuah konflik antara ibu dan anak di masa beranjak dewasa. Melalui Kaori sang tokoh utama, dia selalu membuat bento dari ide yang dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Dan dengan isi kotak bento milik Futaba yang dibuat oleh Kaori, terdapat pesan agar Futaba bisa menyadari suatu kesalahannya yang telah diperbuat kepada ibunya. Film ini juga mengajarkan sebuah pesan bahwa orang tua adalah tempat mencurahkan isi hati yang terdalam maupun itu masa lalu maupun masa depan nanti. Dan sekeras-kerasnya orang tua, mereka masih punya rasa kasih sayang terhadap anaknya sendiri agar kelak besar nanti bisa mengerti perjuangan orang tua dulunya. 

Film Bento Harassment diangkat dari tulisan essay karya Ttkk yang berjudul 今日も嫌がらせ弁当 (Kyou mo iyagarase bento) yang disutradarai oleh Renpei Tsukamoto dan diperankan oleh Ryoko Shinohara, Kyoko Yoshine, dan Rena Matsui (ex-member SKE 48). Film ini berlokasi di Hachijo-jima, Tokyo dan di mana film ini mempunyai adegan perkenalan pulau hachijo beserta kebudayaan lokalnya dan juga ada adegan cameo yang diisi oleh komedian jepang. 

Saksikan film Bento Harassment di event Japanese Film Festival 2019.

KAORI Newsline 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.