BAGIKAN

popcon

Popcon Asia, sebuah festival industri kreatif Indonesia akan kembali hadir di Jakarta untuk ketiga kalinya, pada tanggal 19 – 21 September 2014. Acara yang akan diadakan di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan ini menampilkan berbagai produk komik, film, mainan, dan animasi dari berbagai artis dan pekerja seni ternama dari dalam dan luar negeri.

Menyambut penyelenggaraan di tahun ketiga Popcon Asia 2014 yang mengusung “Be Pop, Be You” ini, panitia menambah kuota jumlah penampil dan booth menjadi lebih dari 100 exhibitor, karena animo yang besar dari berbagai kalangan.

Advertisement Inline

“Kami ingin menjadikan Popcon sebagai wadah yang merangkul lebih banyak kalangan, baik umum maupun kreatif. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan rasa optimis bagi para pelaku industri kreatif lokal dengan memberikan apresiasi kepada mereka, sekaligus menunjukkan kepada khalayak umum bahwa industri kreatif Indonesia tidak kalah dari Jepang, Amerika, dan negara lain di dunia,” kata Mayumi Haryoto, Program Director Popcon Asia 2014 2014.

Bintang Tamu Popcon

Beberapa Bintang Tamu

Pada Popcon Asia 2014 pihak penyelenggara telah mempersiapkan program-program unggulan untuk memanjakan para pengunjung yang kebanyakan terdiri dari anak muda penggemar budaya pop, yang terdiri dari pameran dan penjualan karya-karya artis, pertunjukkan hiburan dan edukasi ini akan menampilkan nama-nama yang sudah tidak asing lagi di industri kreatif seperti Nakanaridari Amerika Serikat, Harvey Tolibao dari Filipina, serta Ardian Syaf, komikus DC dan Marvel Comics dari Indonesia. Pengunjung akan bisa menikmati berbagai sesi menarik dari para artis ini, seperti jamstrip, atau jam session dengan para komikus, serta Art Battle, adu gambar secara langsung antara dua seniman.

Teaser

Salah satu highlight yang akan dihadirkan di Popcon Asia, adalah tampilnya berbagai ikon superhero lokal seperti Gundala, Nusantararanger, Satria Garuda Bima X, Gatot Kaca, dan Pendekar Tongkat Emas. Pengembangan karakter asli Indonesia untuk mendunia menjadi salah satu fokus dan misi Popcon Asia. Selain membangkitkan karakter-karakter klasik, Popcon juga menampilkan karakter baru yang tidak kalah seru seperti Selendang7.

“Popcon Asia ingin menampilkan Indonesia ke dunia luar. Bagaimana ikon dan kekayaan intelektual asli Indonesia punya kualitas internasional yang bisa diterima bukan cuma oleh konsumen dalam negeri, tetapi juga luar,” tambah Mayumi.

Pendukung Popcon

Para Pendukung

“Popcon yang juga didukung oleh Institut Français Indonesia dan Pusat Kebudayaan Korea ini bertujuan agar industri dalam negeri semakin memperkaya wawasan, dan mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan kebudayaan pop di negara mereka. Dari Prancis akan hadir Ankama Studio dengan Wakfu Games-nya, serta Ubisoft sebagai pengembang game ternama Assasin’s Creed. Sementara dari Korea Selatan akan menghadirkan Pororo dan Robo Car serta beberapa game online dari Gemschool. Bukan cuma live show, tapi mereka juga bisa berfoto dengan karakter-karakternya,” kata Grace Goh dari Popcon Asia.

Popcon Asia 2014 juga menginisiasi Kosasih Award. sebuah penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi tertinggi kepada komik Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai penghormatan untuk RA Kosasih, komikus Indonesia ternama yang membuat berbagai komik seperti Sri Asih, Ramayana, dan Mahabaratha.

Untuk pertamakalinya, pada Popcon 2014 ini juga diadakan “Popbabes 2014”. Ajang pemilihan perempuan muda yang geek tapi berprestasi ini sudah dibuka sejak tanggal 4 Agustus 2014. Pemenang akan menjadi duta dari Popcon Asia selama satu tahun ke depan. Ajang ini akan mengajak pengunjung berinteraksi langsung dalam pemilihan pemenang, di mana para finalis Popbabes akan bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung dan menarik simpati dari mereka.

Akhir kata, selamat menikmati Popcon Asia 2014!

KAORI Newsline | Info lain bisa diperolah di www.popconasia.com | Facebook: Popcon ASIA  |  Twitter: @PopconAsia

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.