Fuyu no Polaris
© Stage-nana/Sekai Project

Masih ingat dengan novel visual Naricissu yang sangat terkenal karena kisahnya? Kali ini dari developer yang merilis Narcissu yaitu Stage-nana telah merilis kembali novel visualberjudul Winter Polaris atau Fuyu no Polaris melalui Steam yang dibawa oleh Sekai Project pada 12 Desember 2019.

Sebelumnya, novel visual Winter Polaris ini pertama kali rilis pada 29 Desember 2017, dan hanya tersedia saat Comic Market 93 dengan tersedia 3 bab cerita, yang kemudian lanjutan ceritanya hadir sebagai patch yang tersedia mealui situs resmi Stage-nana secara gratis. Versi komplit dari novel visual ini hadir dalam bahasa Jepang dan Inggris. Skenario ceritanya dikerjakan oleh Tomo Kataoka dan Tomoka Ikenami, dan ilustrasi serta desain karakter dikerjakan oleh Ikuna Tamon.

Dalam novel visual ini dikisahkan kala di mana dunia dalam keadaan sudah hancur karena suatu wabah yang membuat semua orang di dunia menghilang bagaikan udara, kecuali seorang pemuda yang selamat dalam kejadian mengerikan itu. Menjadi satu-satunya korban selamat dari kejadian mengerikan itu, membuat pemuda tersebut merindukan kehangatan orang lain, hingga pemuda itu bertemu dengan seorang gadis bernama Tsubaki yang mengakui dirinya adalah seorang yang abadi.

Advertisement Inline

Seperti pada novel visual Narcissu, novel visual ini termasuk dalam kategori kinetic novel yang di mana para pemain hanya mengikuti cerita yang ada dalam novel visual. Waktu bermainnya adalah sekitar 2-10 jam. Terbagi menjadi dua bagian cerita dengan masing-masing bagian cerita memiliki 9 bab, satu bab cerita yang merupakan hubungan dari dua bagian cerita di akhir serta dengan epilog dari Winter Polaris ini. Winter Polaris ini juga diceritakan dalam berbagai sudut pandang selain sudut pandang dari pemuda atau protagonis dari novel visual ini.

© Stage-nana/Sekai Project
© Stage-nana/Sekai Project

Dalam narasinya, penggambaran karakter cukup dalam terutama untuk karakter Tsubaki ini, tidak hanya itu deskripsi kekerasan juga dinarasikan dalam Winter Polaris ini. Narasi yang ringan namun dalam menceritakan bagaimana seorang membuat kesalahan, kerinduan akan seseorang, perpisahan, hingga kesendirian yang dialami sang protagonis dan Tsubaki. Dalam Winter Polaris ini, para pemain akan diajak berputar-putar akan hal apa saja yang dialami oleh para makhluk yang abadi ini dari zaman ke zaman.

Meskipun memiliki tema cerita yang sangat mendalam dan sederhana, namun novel visual ini memiliki kelemahan dalam menyambungkan timeline atau jarak waktu dari cerita ini, terutama setelah membaca dua bagian cerita Winter Polaris ini, dan juga akan adanya plot hole mengenai keabadian yang ada pada karakter di Winter Polaris ini. Serta ilustrasi CG yang hanya baru terlihat ketika mencapai pertengahan cerita, membuat novel visual ini agak susah diimajinasikan.

© Stage-nana/Sekai Project

Kesimpulan, setelah memainkannya ini sampai selesai adalah bahwa Winter Polaris ini menceritakan kekhawatiran para makhluk yang abadi. Di mana terasa jelas dalam novel visual ini bahwa mereka ingin menjalani hidup layaknya orang pada umumnya, tetapi karena keabadian inilah terasa seperti kutukan yang harus mereka terima.

KAORI Nusantara

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.