Komik Hai, Miiko! Akan Berlanjut Hingga Miiko DKK Masuk SMP

0
Hai, Miiko!
© Eriko Kono / Shogakukan Inc. 2020

Hai, Miiko!, komik asal Jepang karya Eriko Ono ini merupakan salah satu komik asal Jepang terpopuler di Indonesia. Komik ini sendiri diterbitkan di Indonesia secara berkala oleh penerbit m&c!. Kini, sebuah perubahan besar dari komik Hai Miiko akan segera terjadi, di mana Miiko akan dikisahkan telah lulus SD, dan masuk ke SMP.

Dilansir langsung dari akun Twitter sang komikus, Eriko Ono, dirinya mengungkapkan bahwa chapter terbaru dari komik Hai, Miiko!, Miiko dan kawan-kawan akan dikisahkan menjalani upacara kelulusan SD. Hal ini merupakan perubahan yang cukup besar di komik ini, mengingat komik Hai Miiko selama ini memiliki alur setting waktu yang cenderung berjalan lambat atau malah tidak bergerak sama sekali, di mana Miiko diceritakan duduk di kelas 4 SD dalam versi komik terdahulunya, Namaku Miiko!, dan dikisahkan telah duduk di kelas 5 SD sejak di komik Hai Miiko, dan tidak pernah mengalami kenaikan kelas selama bertahun-tahun, hingga akhirnya diceritakan naik ke kelas 6 SD mulai di edisi ke-29. Namun kali ini Ono-sensei beserta para timnya telah memutuskan untuk melanjutkan kisah Miiko DKK secara lebih real time. Selain itu diumumkan pula bahwa mulai pada edisi ke-34 dari komik tankoubonnya, Miiko dikisahkan telah duduk di bangku SMP. Di Jepang sendiri, versi tankoubon dari komik ini baru saja terbit edisi ke-33nya pada 28 Februari 2020 lalu.

Hai Miiko! atau Kocchi Muite! Miiko adalah komik yang diterbitkan di Jepang pertamakalinya pada tahun 1995. Komik ini merupakan kelanjutan dari komik Miiko desu! yang diterbitkan di Jepang pada tahun 1991, dan juga telah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit m&c! dengan judul Namaku Miiko!. Dalam komik ini dikisahkan mengenai kehidupan sehari-hari dari seorang anak SD bernama Miiko, di mana dia menjalani hidupnya bersama dengan teman-teman dan keluarganya, lengkap dengan segala suka dukanya. Karakter Miiko sendiri dan juga adik laki-lakinya, Mamoru awalnya dibuat oleh Eriko Ono sebagai karakter maskot untuk majalah komik lawas asal Jepang bernama Pyong Pyong, di mana belakangan akhirnya sosok Miiko dan Mamoru dimunculkan dalam komik Namaku Miiko! di majalah tersebut. Dan saat majalah Pyong Pyong berhenti terbit, kisah dari Miikopun berpindah ke majalah Ciao dengan judul Hai, Miiko!, dan terus diserialisasikan hingga kini, dan sempat diadaptasi menjadi anime pada tahun 1998. Komik ini bergitu populer di Jepang, bahkan menurut penuturan pihak m&c!, popularitasnya di Indonesia lebih besar ketimbang di Jepang sendiri.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.