Akibat Korona, Acara Daisuki! Japan dan ICGP Region Jawa Timur Ditunda

0
daisuki! japan ten virus korona

Salah satu acara pop culture Jepang di Indonesia kembali mengalami penundaan. Melalui media sosial mereka, Event Organizer acara pop culture Jepang Japan Culture Daisuki secara resmi mengumumkan penundaan acara Daisuki! Japan Ten 2020. Pihak panitia menyebutkan alasan pengunduran acara Daisuki! Japan TEN adalah karena adanya kondisi waspada terhadap pandemik COVID-19 yang tengah melanda tanah air.

Advertisement Inline

Secara terpisah, pihak CLAS:H juga secara resmi menunda babak penyisihan kompetisi cosplay Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) di wilayah Sumatra, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Untuk regional Jawa Timur sendiri, kompetisi ICGP memang awalnya akan diselenggarakan di acara Daisuki! Japan TEN. Hingga berita ini ditulis, masih belum diketahui apakah ke depannya babak penyisihan ICGP regional Jawa Timur tetap akan diadakan bersamaan dengan Daisuki! Japan TEN atau tidak.

Mengusung tema #JatimIso, acara ini awalnya direncanakan akan digelar pada Minggu, 5 April 2020 di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. Namun situasi terkait penyebaran virus COVID-19 memaksa acara ini ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Daisuki! Japan sendiri merupakan salah satu acara pop culture Jepang yang secara rutin diadakan setiap tahun di kota Malang. Sebelum pengumuman pengunduran dipublikasikan, Daisuki! Japan telah mengumumkan akan mengundang berbagai performer seperti Nekonoi Katsu, Mayumi Reena, dan Larissa Rochefort. Mereka juga telah mengumumkan jajaran juri untuk ICGP 2020, yakni Gerard Jason, Amin Rider, dan John Switch.

Didirikan pada tahun 2012, Japan Culture Daisuki sendiri merupakan salah satu event organizer yang masih aktif menyelenggarakan berbagai acara pop culture Jepang di Jawa Timur, termasuk diantaranya adalah Dasuki! Japan Wonderpop Matsuri pada tahun 2016 yang mendatangkan penyanyi anisong Mika Kobayashi sebagai bintang tamu.

KAORI Newsline | Oleh Dany Muhammad dan Aulia Nabih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.