Inilah Game-Game Terbaik dari Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

0
bersama melawan covid-19

Awal April lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio menggelar ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”. Dalam ajang yang juga didukung oleh Garena, Maingame.com dan Telkomsel ini, Kemkominfo mengajak masyarakat untuk mengasah kreativitas mereka dalam membuat game, yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 yang saat ini menyebar di Indonesia.

Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi bagaimana melawan, mencegah, dan meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yaitu video game. Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini. Sesuai dengan judul acaranya, ajang ini juga digelar secara online untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat tetap belajar dan bekerja dari rumah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerja sama selama tiga hari (mulai tanggal 2 April hingga 5 April 2020) untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang berpartisipasi.

“Setelah melihat game yang dihasilkan oleh peserta dan dibuat dalam waktu 3 hari, ini sungguh memperlihatkan bahwa kondisi kita harus beraktifitas di rumah tidak menjadi kendala untuk belajar hal baru, dan juga menghasilkan karya yang bermanfaat,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo.

Advertisement Inline

“Kami mengharapkan para pemenang dan seluruh peserta mendapatkan manfaat terhadap perkembangan kemampuan mereka dalam membuat game. Yang tentunya ini bagus bagi masa depan industri game developer Indonesia. Dan juga dalam kondisi Covid-19 ini, kami mengharapkan agar apresiasi yang didapatkan oleh para pemenang akan mendorong mereka untuk mau berbagi dengan para saudara-saudara kita yang membutuhkan disekitar kita. Mereka-mereka yang terdampak kehidupannya akibat Covid-19 ini bisa kita tolong secara bersama-sama,” paparnya lebih lanjut.

“Program ini adalah salah satu bentuk nyata usaha pemerintah dan asosiasi untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang muncul dari krisis COVID-19,” ungkap Ketua Umum AGI Cipto Adiguno. “Selain mendorong kreativitas masyarakat yang mungkin terhambat karena harus tetap di rumah, diharapkan karya-karya yang dihasilkan, baik pemenang maupun tidak, mampu mengedukasi masyarakat tentang tidak hanya bahaya COVID-19, tapi juga efek samping berdiam diri di rumah dalam waktu lama dan cara-cara menanggulanginya,” lanjutnya.

Game-game terbaik dari ajang Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Ajang ini benar-benar menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lalu pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan ada juga seorang mahasiswa Indonesia peserta kategori umum yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta membuat game di acara ini.

Tercatat ada 238 karya tercipta dalam Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” ini. Rinciannya ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Setelah melalui proses penjurian dan juga voting masyarakat, berikut adalah daftar game-game terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi dari pihak sponsor.

This slideshow requires JavaScript.

Kategori SD

Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)

Pemenang Pertama: Fight the Virus​ ​ (Anneke Nazeeya Setiawan)

Banyak orang masih belum sadar kalau untuk memerangi Covid-19 kita memerlukan masker dan sabun untuk cuci tangan (Hand sanitizer) dan juga desinfektan untuk mematikan virus. Dengan memainkan game ini orang diharapkan mengerti dan sadar bahwa ketiga alat tersebut (masker, hand sanitizer, dan desinfektan) sangatlah penting. Game ini juga mengajak pemain untuk membagikan masker kepada yang belum punya masker sehingga semua orang lebih terlindungi lebih baik.

Link download: https://bit.ly/fightTheVirus (PC)

Attack on Corona​ ​ (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

Pemenang Kedua: Attack on Corona​ ​ (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)

Attack On Corona adalah game yang dimana pemain diharuskan untuk membunuh virus corona (covid -19) dengan cara mengklik atau menekan semua serum yang tampil.​

Link download:https://bit.ly/AttackCorona (Mobile Android)​

Kategori SMP

Mr Sprayman​ ​ (Aghnat Hasya Sayyidina)

Pemenang Pertama: Mr Sprayman​ ​ (Aghnat Hasya Sayyidina)

Kamu adalah manusia terakhir setelah pandemi corona yang baru saja memusnahkan hampir seluruh populasi manusia di Bumi. Berita baiknya kamu tidak perlu mengkarantina diri lagi. Berita buruknya kau harus keluar dari persembunyianmu karena corona telah berevolusi. Bertempat di masa depan dimana vaksin corona sama sekali belum ditemukan dan kamu adalah harapan terakhir untuk membebaskan

Bumi dari virus ini. Basmi musuh-musuhmu dari minion hingga si Boss Corona sendiri dengan spray​ gun yang sudah dimodifikasi. Cepat – lambat corona akan menguasai Bumi dan itu semua tergantung padamu.

Link download:https://bit.ly/MrSpraymanSMP (PC)​

Social Distancing The Game​ ​ (Gavin Malik Setiawan)

Pemenang Kedua: Social Distancing The Game​ ​ (Gavin Malik Setiawan)

Social Distancing (jaga jarak, jauhi kerumunan, diam di rumah) sampai saat ini adalah cara yang paling ampuh untuk melawan Covid 19 selama vaksin belum ditemukan. Hanya saja banyak yang belum sadar pentingnya social distancing dan bahaya dari Covid 19. Misi game ini adalah player harus pulang ke rumah dengan aman dengan jaga jarak dari (tidak menyentuh) orang lain. Jika player terkena orang sakit atau orang dengan Covid 19 yang tanpa gejala, maka player kalah (animasi orang mati). Dengan memainkan game ini pemain diharapkan sadar bahaya Covid 19 dan juga bahaya mendekati orang sakit dan juga orang yang terlihat sehat tetapi sebenarnya membawa virus Covid 19. Di dalam game ini juga ada edukasi pentingnya cuci tangan.

Link download: https://bit.ly/SocialDistancingGameSMP (PC)​

Kategori SMA

Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)

Pemenang Pertama: Di Rumah Aja​ ​ (Raihanita Damayanti)

Game ini dibuat sehubungan dengan adanya isu Covid-19 yaitu penyakit pandemi yang sekarang sudah tersebar di berbagai wilayah di dunia termasuk Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah kita mempopulerkan tagar #dirumahaja untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya social distancing. Dalam game ini, anda akan berperan sebagai polisi yang menghimbau masyarakat akan pentingnya perintah social distancing. Anda wajib meyakinkan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah ini.

Link download: https://bit.ly/DiRumahAjaSMA (PC)​

Sijaro ​ ​(Wiaji Robian Dwi Cahya)

Pemenang Kedua: Sijaro ​ ​(Wiaji Robian Dwi Cahya)

Kurangnya pemahaman tentang gejala virus corona oleh masyarakat indonesia menyebabkan banyaknya kesalahan dalam penanganannya. Game ini dibuat untuk memberi edukasi / pemahaman tentang gejala virus corona dan penangannya dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Cara bermain: diberikan contoh gejala virus corona dan pilih salah satu penanganan yang tepat untuk gejala tersebut.

Link download: https://bit.ly/SijaroSMA (Mobile Android)​

Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

Pemenang Favorit Junior: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)

Dalam game ini, kamu harus membantu abil pulang kembali ke rumah dengan tetap sehat tanpa mengenai virus.

Link download: https://bit.ly/PetualanganCovid19 (​ Mobile Android)

Kategori Umum

Stay – A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany)

Pemenang Pertama: Stay – A Cute but Anxious Girlfriend Simulator​ ​ (Fajri Rahmadhany)

Saat pacar kita terisolasi di kos karena dia merantau dan tidak bisa pulang kampung karena tidak diizinkan. Dalam game ini, pemain harus melakukan berbagai hal dari rumah mulai dari makan, bekerja hingga belajar. Pemain harus tetap menjaga indeks kebahagiaan dan kesehatan agar tetap seimbang.

Link download: https://bit.ly/AnxiousGirlfriendUmum (Mobile Android)​

“Pada akhirnya kami harus memilih satu pemenang karya Fajri, Stay-​ A cute but anxious girlfriend simulator ​sebagai pemenang pertama. Game ini tidak hanya memiliki daya tarik dari keindahan visual dan musiknya, tapi juga berhasil meng-​capture atensi gamers dengan alur cerita dan edukasi yg diberikan tentang pandemi ini. Good luck dan selamat untuk Dhanny!” ungkap Anton Soeharyo, CEO dari Maingame.com sekaligus perwakilan dewan juri mengomentari pemenang pertama ajang ini.

Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)

Pemenang Kedua: Safey Shoppy​ ​ (Vinda D Zoebir)

Di saat disuruh ibu belanja bahan makanan ke supermarket di tengah maraknya virus Covid-19, pemain harus mengikuti petunjuk pemerintah dan patuhi aturan agar tetap aman, sehat dan terjaga dari bahaya virus yang sedang menyerang.

Link download: https://bit.ly/SafeyShoppyUmum (Mobile Android)

Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)

Pemenang Ketiga: Fight Covid-19​ ​ (Andrie Nata. S)

Dalam game ini, pemain berperan sebagai donatur yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memerangi wabah Covid-19. Pemain harus memberikan donasi yang tepat sesuai dengan yang diminta oleh masyarakat.

Link download: https://bit.ly/FightCovidUmum​ (Mobile Android)

Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna)

Pemenang Favorit Umum: Planet Covid​ ​ (Kevin Jaya Wiguna)

Planet Covid adalah sebuah game tap tap, di mana player berperan sebagai raja yang mengatur pembangunan rumah sakit, strategi pemakaian disinfectant, dan sebagainya untuk menekan jumlah kematian korban COVID-19.

Link download:https://bit.ly/PlanetCovidUmumu (Mobile Android)

“Hasil dari kompetisi yang berlangsung selama 3 hari sangat membanggakan karena telah melahirkan banyak karya karya game anak bangsa yang hebat,” ungkap Anton Soeharyo. “Sangat sulit bagi para juri untuk memilih pemenang. Bagi kami semua peserta adalah pemenang karena mereka memilih #DirumahAja dan berkarya positif melawan wabah Covid-19.” lanjutnya.

“Kami senang sekali melihat antusiasme para peserta dari berbagai penjuru Indonesia, meskipun waktu sosialisasinya sangat singkat,” ungkap Co-Founder/CEO Clevio Fransiska Oetami. “Karya-karya yang terkumpul banyak banget yang luar biasa. Terus terang bangga sekali melihat bagaimana anak-anak Indonesia bisa menuangkan ide-ide kreatif dan positif melalui game untuk mengedukasi masyarakat tentang wabah Covid-19 yang sedang kita hadapi ini.”

“Tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk menilai siapa yang terbaik, karena game-gamenya keren-keren sekali, sarat nilai edukatif dan pastinya seru, lucu, asyik dimainkan. Selamat untuk para pemenang #ayobikingame #dirumahaja, juga terima kasih untuk semua peserta yang sudah ikut, terima kasih untuk kreativitas dan semangat kalian menebar inspirasi lewat serunya bermain game. Kalian sudah menunjukkan bagaimana dengan teknologi, tidak ada batas jarak maupun usia untuk berkarya, bahkan di masa sulit sekalipun. Kami tunggu karya-karya kalian selanjutnya di clevio!​ ” paparnya.

Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung mengunjungi halaman resminya di https://agi.or.id/ayobikingame.​

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.