Kondisi lokasi tergelincirnya Kereta Cepat Alvia (Twitter/Moises Lopez @chapoisat)

Selasa (2/6), sebuah kecelakaan yang melibatkan kereta cepat yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api (KA) nasional Spanyol, Renfe Operadora (Renfe) dengan sebuah mobil terjadi di kota Zamora, Spanyol. Kereta cepat dengan nama Alvia yang tengah melaju cepat menuju ibukota Spanyol, Madrid anjlok dan terguling setelah menabrak sebuah mobil SUV yang jatuh dari jalan layang (flyover) di atas jalur kereta tersebut. Kecelakaan ini mengakibatkan 1 orang masinis muda yang mendinasi KA tersebut dan sang pengemudi SUV tewas.

Dilansir dari La Voz de Galicia, kecelakaan ini terjadi pada pukul 16.11 waktu setempat (GMT+2) dan mengakibatkan perjalanan kereta di jalur yang sama terganggu. Kereta nomor 1 yang menabrak SUV yang jatuh tersebut anjlok dan terpental sejauh 200m dari tempat terjadinya tabrakan. Parahnya dampak kecelakaan ini mengakibatkan dua masinis yang berada di dalamnya harus dievakuasi dari kabin menggunakan prosedur darurat.

Dari 180 penumpang yang berada dalam kereta Alvia, 5 orang mengalami luka memar dan serangan kecemasan, dengan 175 penumpang lainnya selamat menurut laporan EL PAIS. Sementara itu, dari 2 (orang) masinis yang berdinas, salah satunya harus meregang nyawa akibat kejadian ini sementara seorang lainnya harus dirawat di rumah sakit akibat mengalami patah tulang. Masinis yang meninggal dunia di tempat kejadian merupakan masinis muda yang tengah dalam praktek latihan pengoperasian kereta penumpang.

Menurut keterangan dari penumpang, saat kejadian kereta mengalami “turbulensi” seperti saat berada di dalam pesawat dan sempat terjadi kepanikan sesaat di dalam kereta. Beberapa saat setelah guncangan usai, para penumpang akhirnya dapat melihat SUV yang mengakibatkan kejadian tersebut. Dengan sigap para penumpang menghubungi 112 untuk meminta bantuan.

Akibat kejadian ini, penumpang yang selamat terpaksa harus berjalan kaki menuju titik kumpul untuk dipindahkan menuju bus yang disediakan untuk melanjutkan perjalanan. 5 orang yang mengalami luka memar telah dibawa menuju rumah sakit Zamorano untuk diberikan pertolongan.

Sementara itu, otoritas pemerintah setempat tengah menginvestigasi penyebab SUV yang dikendarai oleh seorang warga lokal berusia 89 tahun tersebut jatuh dari flyover dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan ini.

Alvia merupakan layanan kereta cepat yang dioperasikan oleh badan usaha milik negara Spanyol di bidang KA, Renfe yang melayani rute Madrid – Ferrol. Layanan kereta cepat Alvia ini menggunakan rangkaian KA cepat Class 130 yang dapat melaju hingga kecepatan 250 km/jam.

Baca Juga: Alstom Rencanakan Uji ATO Untuk Kereta Regional Jerman

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.