Ini Alasan Pemindahan Produksi Attack on Titan the Final Season dari Wit Studio ke MAPPA

1
attack on titan final season
© Hajime Isayama, KODANSHA/”ATTACK ON TITAN” Production Committee

Attack on Titan the Final Season yang disebut-sebut akan menjadi musim terakhir dari serial anime yang diadaptasi dari seri komik karya Hajime Isayama ini akan tayang pada 7 Desember 2020 di stasiun TV NHK-G. Namun sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, tidak seperti season-season sebelumnya yang diproduksi oleh Wit Studio, season final ini akan diproduksi oleh studio MAPPA. Atas pergantian studio produksi ini, tim produser yang terdiri dari Kensuke Tateishi, Toshihiro Maeda, dan Tetsuya Kinoshita pun angkat bicara.

Dilaporkan di majalah Newtype edisi November 2020 sebagaimana dilansir dari Anime News Network, Tateishi mengaku bahwa sejak tahap produksi Attack on Titan season ketiga, pihaknya telah berkonsultasi dengan Wit Studio, hingga dicapai kesepakatan bahwa season final akan digarap oleh studio yang berbeda. Salah satu alasannya adalah karena di akhir season ketiga ada karakter yang menatap ke laut, menandai titik balik untuk cerita. Selain itupihak kreator, juga ingin meningkatkan kualitas animenya lebih jauh. Setelah berdiskusi lebih lanjut dengan Wit Studio, rupanya memang terdapat sejumlah kesulitan untuk melanjutkan visi tersebut. Karenanya, diputuskanlah untuk mengganti studio. Tentu saja itu bukanlah hal yang mudah karena Wit Studio sendiri telah bekerja dengan sangat baik, dan menggantikan mereka adalah tantangan yang sangat besar. Karenanya banyak studio yang menolak karena mereka tidak merasa sanggup melanjutkan tugas yang telah dimulai dengan sangat baik oleh Wit Studio.

Di sisi lain Maeda menyatakan sebenarnya ada sejumlah studio yang juga tertarik untuk ambil bagian, namun pada akhirnya menolak karena masalah jadwal. Sampai akhirnya pihak MAPPA menyatakan sanggup untuk mengemban tugas tersebut. Diakui oleh Tateishi, pihak Wit Studio sendiri juga mempercayai kredibilitas MAPPA, hingga dicapailah kesepakatan bahwa MAPPA akan memproduksi Attack on Titan the Final Season. Selain itu Kinoshita juga menyebut bahwa MAPPA cukup serius dalam menggarap season final ini, dan menyebut bahwa Attack on Titan harus memiliki akhir yang layak demi para fans, dan juga akan meningkatkan prestise dari studio MAPPA itu sendiri. Maedapun yakin bahwa MAPPA adalah studio yang tepat untuk mengerjakan season final ini, terutama setelah melihat video trailernya.

Attack on Titan atau dalam bahasa Jepangnya adalah Shingeki no Kyojin adalah serial anime yang diadaptasi dari seri komik yang dirilis sejak tahun 2009. Seri komiknya telah dirilis di Indonesia oleh penerbit Level Comics. Selain anime, serial ini juga diadaptasi menjadi film live-action oleh Toho Pictures pada 2015 dan rencananya juga akan diadaptasi menjadi film Hollywood oleh rumah produksi Warner Bros. Seri komiknya sendiri dikabarkan akan tamat pada tahun 2020 ini.

KAORI Newsline

1 KOMENTAR

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.