Jumali Jindra Menjadi Seiyuu Daisuke Jigen si Penembak Jitu di Anime Lupin III yang Tayang di Klik Film

0
daisuke jigen
Ⓒ Monkey Punch / TMS Entertainment / “Lupin III” Production Committee / Photo Courtesy of Aji Darma Susanto

Jumali Jindra sang karakter di balik Squidward dalam Spongebob Squarepants turut menjadi seiyuu di anime Lupin III. Lupin III atau Lupin the Third adalah salah satu seri komik yang sangat populer di Jepang. Kisah dari aksi sang maling legendaris rekaan mendiang Monkey Punch​ ini begitu sukses dan digemari kalangan dari dalam dan luar Jepang, hingga akhirnya diadaptasi berkali-kali menjadi serial anime, maupun film layar lebar, hingga game, termasuk yang terbaru adalah film 3D yang baru saja dirilis pada tahun 2019 lalu. Kini sejumlah anime dari Lupin III dapat disaksikan di Indonesia melalui layanan streaming milik Falcon Pictures, yaitu Klik Film.

Sejumlah anime dari Lupin the Third yang bisa disaksikan di Klik Film adalah sejumlah film televisi atau TV Special dari anime Lupin III, dan juga film 3D Lupin III The First. Kecuali film 3D Lupin III The First yang masih ditayangkan dengan bahasa Jepang, semua anime Lupin the Third yang ditayangkan di Klik Film sudah didubbing ke dalam bahasa Indonesia oleh studio CS Pro. Karakter Lupin III sendiri didubbing oleh Nanang Niskalla.

Satu lagi seiyuu yang turut serta mendubbing anime Lupin the Third di Klik Film adalah Jumali Jindra. Jumali Jindra adalah seiyuu yang sebelumnya dikenal memerankan karakter Squidward Tentacle di Spongebob Squarepants dan Saito Hajime di Samurai X. Jumali Jindra sendiri adalah seiyuu yang memulai debutnya di Sanggar Prathivi pada tahun 1991, dan dikenal memiliki suara yang cukup khas di mana dirinya telah malang-melintang dalam bisnis pengisian suara dengan berbagai film yang telah ia mainkan. Tercatat suaranya telah berkumandang pada film-film seperti Samurai X, Spongebob Squarepants, Scooby Doo, Kung Fu Boy, The Emperor’s New Groove, Looney Tunes, Madagascar, Dororo, Ace Ventura, dan berbagai judul lainnya. Di luar aktivitasnya sebagai Seiyuu, Jumali Jindra juga aktif sebagai pemain teater, dan juga punya akun youtube sendiri. Saat ini Jumali Jindra juga aktif menjadi seiyuu dari karakter Profesor Agasa dan Inspektur Megure di anime Detektif Conan yang tayang di NET. Adapun di anime Lupin III, Jumali Jindra berperan sebagai karakter Daisuke Jigen.

lupin the third
Jigen dan Lupin Ⓒ Monkey Punch / TMS Entertainment / “Lupin III” Production Committee

Daisuke Jigen sendiri adalah karakter sidekick atau pendamping dari Lupin III. Ia digambarkan sebagai seorang penembak jitu yang kerap kali menemani dan membantu Lupin dengan setia di setiap aksi-aksinya. Lupin begitu mempercayai dirinya sebagai seorang partner yang bisa dipercaya dan diandalkan, meski Jigen terkadang tidak menyukai sejumlah tingkah Lupin, terutama obsesinya yang berlebihan terhadap wanita-wanita cantik. Karakter Daisuke Jigen sendiri dibuat oleh Monkey Punch dengan mengambil inspirasi dari karakter Britt dari film klasik The Magnificent Seven, dan diperankan oleh mendiang aktor James Coburn. Bahkan seiyuu yang memerankan Daisuki Jigen dalam setiap anime-anime Lupin III adalah Kiyoshi Kobayashi yang kerap kali mendubbing suara James Coburn ke dalam bahasa Jepang. Pengecualian adalah pada OVA The Plot of the Fuma Clan yang dirilis di Jepang pada tahun 1987, di mana Daisuke Jigen diperankan oleh Banjo Ginga.

Karakter Daisuke Jigen sebagaimana digambarkan oleh Monkey Punch

Lupin III sendiri adalah karakter komik karya mendiang Monkey Punch​. Ia dikisahkan sebagai cucu dari pencuri legendaris karya Sastrawan asal Prancis Maurice LeblancArsene Lupin. Kisahnya dimuat dalam komik yang diterbitkan di Jepang selama tahun 1967 – 1969, dan 1977 – 1981. Selain itu kisah sang cucu Arsene Lupin ini juga telah diangkat menjadi anime dan film live action, di mana jauh setelah komiknya tamat, dan sang pengarang sendiri, Monkey Punch telah wafat, kisah Lupin the Third masih kerap kali diangkat ke dalam anime atau film live action, hingga sekarang, di mana yang terbaru adalah film Lupin III The First yang kali ini merupakan film dengan grafis 3D, dan turut ditayangkan oleh Klik Film, namun masih dalam bahasa Jepang. Entah apakah Klik Film nantinya juga akan mendubbing Lupin III The First ke dalam bahasa Indonesia, hingga akhirnya suara Jumali Jindra bisa terdengar dalam film Lupin the Third versi 3D tersebut atau tidak. Adapun salah satu adaptasi film live actionnya juga pernah diputar di bioskop Indonesia. Intip ulasan KAORI atas adaptasi film live action tersebut berikut ini:

Ulasan Film: Lupin the 3rd

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.