Kenalan Dengan Nanang Niskalla: Seiyuu Lupin III di Klik Film

0
lupin iii
Ⓒ Monkey Punch / TMS Entertainment / “Lupin III” Production Committee / Koleksi Foto Asdi Suhastra

Lupin III adalah salah satu seri komik yang sangat populer di Jepang. Kisah dari aksi sang maling legendaris rekaan mendiang Monkey Punch​ ini begitu sukses dan digemari kalangan dari dalam dan luar Jepang, hingga akhirnya diadaptasi berkali-kali menjadi serial anime, maupun film layar lebar, hingga game, termasuk yang terbaru adalah film 3D yang baru saja dirilis pada tahun 2019 lalu. Salah satu film live actionnya sendiri juga pernah diputar di bioskop Indonesia. Intip ulasan KAORI atas film live action tersebut berikut ini:

Ulasan Film: Lupin the 3rd

Kini beberapa film dari Lupin III, termasuk film 3Dnya juga sudah bisa ditonton di Indonesia. Adalah Klik Film, layanan streaming milik Falcon Pictures yang menayangkan sejumlah film televisi atau TV Special dari anime Lupin III, dan juga film 3D Lupin III The First di antara sejumlah film-film dari dalam maupun luar negeri yang bisa ditonton di Klik Film. Film-film dari kisah sang maling ini sendiri ditayangkan oleh Klik Film dengan dubbing bahasa Indonesia, kecuali untuk film 3D Lupin III The First yang masih tetap ditayangkan dengan bahasa Jepang aslinya.

Karakter Lupin III sendiri di Jepang telah mengalami beberapa kali pergantian seiyuu seiring dengan pergantian zaman. Awalnya sang maling disuarakan oleh mendiang Yasuo Yamada selama tahun 1971 hingga akhir hayatnya di tahun 1995, untuk kemudian diganti oleh Kanichi Kurita sejak tahun 1995 sampai sekarang. Adapun Toshio Furukawa juga pernah menjadi seiyuu dari sang maling, khusus untuk OVA The Plot of the Fuma Clan yang dirilis di Jepang pada tahun 1987. Adapun di Indonesia, dalam film televisinya yang ditayangkan oleh Klik Film, Lupin III atau Lupin the 3rd ini didubbing ke dalam bahasa Indonesia oleh Nanang Niskalla.

Nanang Niskalla adalah seorang seiyuu yang telah lama malang melintang dalam industri suara di Indonesia. Ia memulai debutnya sebagai seiyuu sejak tahun 1989 di bawah asuhan Sanggar Prathivi, di mana saat itu ia aktif menjadi pemain sandiwara radio. Sejumlah sandiwara radio yang pernah dia mainkan di antaranya adalah Misteri Nini Pelet hingga Satria Baja Hitam versi kaset cerita. Kemudian ketika televisi swasta mulai bermunculan di kancah pertelevisian Indonesia, almarhumah juga turut aktif menjadi seiyuu untuk program-program asing yang disulih suarakan ke dalam bahasa Indonesia.

Picture courtesy of langgam.com

Dalam belantika industri suara Indonesia, Nanang Niskalla dikenal kerapkali mendubbing suara aktor laga Jackie Chan ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, ia adalah seiyuu pertama yang mendubbing Spongebob Squarepants ke dalam bahasa Indonesia. Suaranya juga kerap kali terdengar dalam film-film karya Walt Disney Pictures ataupun Pixar versi dubbing bahasa Indonesia, seperti di antaranya sebagai Aladdin maupun sebagai Woody dalam Toy Story. Tentu saja suaranya juga cukup akrab terdengar di sejumlah anime Jepang seperti Cardcaptor Sakura, Kung Fu Boy, Death Note, Zenki, Samurai Deeper Kyo, dan saat ini suaranya juga terkadang terdengar di anime Detektif Conan yang tayang di NET, umumnya sebagai karakter-karakter figuran. Dengan segudang pengalamannya di industri suara ini, tak heran bila studio CS Pro yang dipercaya oleh Klik Film untuk mendubbing anime-anime mereka mempercayakan Nanang Niskalla untuk mendubbing karakter legendaris sekaliber Lupin III ke dalam bahasa Indonesia.

Lupin III sendiri adalah karakter komik karya mendiang Monkey Punch​. Ia dikisahkan sebagai cucu dari pencuri legendaris karya Sastrawan asal Prancis Maurice LeblancArsene Lupin. Kisahnya dimuat dalam komik yang diterbitkan di Jepang selama tahun 1967 – 1969, dan 1977 – 1981. Selain itu kisah sang cucu Arsene Lupin ini juga telah diangkat menjadi anime dan film live action, di mana jauh setelah komiknya tamat, dan sang pengarang sendiri, Monkey Punch telah wafat, kisah Lupin III masih kerap kali diangkat ke dalam anime atau film live action, hingga sekarang, di mana yang terbaru adalah film Lupin III The First yang kali ini merupakan film dengan grafis 3D. Film 3D ini sendiri juga ditayangkan oleh Klik Film, namun masih dalam bahasa Jepang. Entah apakah Klik Film nantinya juga akan mendubbing Lupin III The First ke dalam bahasa Indonesia, hingga akhirnya suara Nanang Niskalla bisa terdengar dalam film Lupin III versi 3D tersebut atau tidak.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.