Terhitung sejak tahun 2020 lalu, layanan video streaming Netflix telah memutar film-film karya Studio Ghibli dalam katalog filmnya. Bekerjasama dengan Wild Bunch, Netflix menayangkan sejumlah film-film Studio Ghibli secara internasional. Tak hanya itu, film-film Ghibli tersebut juga ditayangkan lengkap dengan dubbing dari berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Salah satunya adalah Karigurashi no Arrietty atau The Secret World of Arrietty. Film karya Hiromasa Yonebayashi keluaran tahun 2010 ini ditayangkan di Netflix, lengkap dengan dubbing berbahasa Indonesia dari SDI Media, sebuah grup multinasional yang turut dipercayakan oleh Netflix dalam mendubbing sejumlah film-filmnya ke dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah sejumlah seiyu yang turut serta dalam mendubbing film Arrietty ke dalam bahasa Indonesia di Netflix:

karigurashi no arrietty

Lis Kurniasih sebagai Arrietty

Lis Kurniasih memulai debutnya sebagai seiyu di usia muda. Di masa lalu dirinya banyak berperan dalam mendubbing film-film asing yang tayang di stasiun televisi SCTV. Di luar SCTV dirinya juga pernah menjadi Kobo pada Anime Kobo-chan yang sempat tayang melalui stasiun televisi Space Toon maupun NET. Beberapa peran yang juga pernah dimainkan olehnya adalah Ichigo dalam anime Aikatsu maupun Elsa dalam Frozen.

Dalam film Studio Ghibli ini, Lis Kurniasih berperan sebagai sang karakter utama, Arrietty, sang gadis muda dari suku manusia kecil.

arrietty

Hardi sebagai Sho

Hardi merupakan salah satu generasi baru seiyu berbakat di Indonesia yang memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 2012. Seiyu muda ini sebelumnya terkenal ketika menyulihsuarakan film Spider-Man yang sempat diputar di TRANS TV di mana dirinya menyulihsuarakan karakter Harry Osborne yang diperankan oleh James Franco dalam film Spiderman. Ia juga aktif sebagai seiyu dalam anime Dragon Ball Super sebagai Beerus hingga sebagai Mitsuki dalam anime Boruto.

Hardi sendiri berperan sebagai Sho, sang pemuda tokoh utama yang sakit-sakitan yang sedang berlibur ke rumah bibinya. Di sanalah ia bertemu dengan Arrietty sang manusia kecil, yang akan merubah hidupnya.

karigurashi no arrietty

Triyuh Hendra sebagai Pod

Triyuh Hendra memulai karirnya sebagai seorang seiyu pada tahun 1995. Sejak saat itu ia banyak memainkan beragam karakter dari berbagai film-film yang berbeda seperti menjadi Hercules dalam film Disney’s Hercules hingga Mario dalam serial telenovela Betty La Fea. Triyuh Hendra sendiri juga cukup akrab dengan film-film garapan Studio Ghibli. Bahkan ia juga merupakan salah satu seiyu yang pernah mendubbing film-film Studio Ghibli dalam dubbing versi Disney Channel di masa lalu.

Kali ini Triyuh Hendra berperan sebagai Pod, seorang manusia kecil yang juga adalah ayah dari Arrietty.

arrietty

Siwi Dwi Iswanti sebagai Homily

Siwi Dwi Iswanti adalah seiyu yang sempat berpartisipasi dalam Anima Yell! yang sempat ditayangkan oleh RTV beberapa waktu yang lalu, di mana ia berperan sebagai Hizume Arima. Saat ini dirinya juga tengah aktif dalam proyek podcast horror berjudul The Sacred Riana bersama sejumlah seiyu lainnya.

Siwi Dwi Iswanti berperan sebagai Homily, ibu dari Arrietty.

Endah Wahyuni sebagai Sadako

Endah Wahyuni sebelumnya dikenal sebagai seiyu Hagemaru dalam anime Tsurupika Hagemaru atau Si Botak Hagemaru. Seiyu yang satu ini sudah banyak malang melintang dalam berbagai film yang beragam dari mulai anime, telenovela, hingga film India.

Dalam film Arrietty Endah Wahyuni berperan sebagai Sadako, bibi dari Sho yang membawa Sho untuk berlibur di rumahnya dalam mempersiapkan Sho untuk menjalani operasi demi kesehatannya.

Miftahul Jannah sebagai Haru

Miftahul Jannah memulai karirnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 1992. Di antara peran-perannya yang terkenal adalah sebagai Makoto atau Sailor Jupiter pada anime Sailor Moon yang tayang di Indosiar pada tahun 1995 lalu, hingga Misao dalam anime Samurai X yang tayang di SCTV pada tahun 2000 lalu. Dalam Arrietty sendiri, ia berperan sebagai Haru, pembantu di rumah bibi Sadako yang sempat menaruh curiga atas keberadaan manusia kecil.

Arief Yanuar sebagai Spiller

Arief Yanuar memulai debutnya sebagai seorang seiyuu pada tahun 1995. Berbagai film dari berbagai genre telah ia perankan selama karirnya sebagai seorang seiyu. Beberapa karakter yang telah ia perankan di antaranya adalah sebagai Hanamichi dalam anime Slam Dunk hingga Haru dalam anime RAVE.

Dalam Arrietty ia berperan sebagai Spiller, sosok petualang manusia kecil bertubuh gemuk yang berkawan dengan keluarga Arrietty. Bukan cuma itu, Arief Yanuar sendiri juga menjadi sutradara atau pengarah dialog yang menangani proses dubbing film ini.

Beberapa tahun yang lalu saat Studio Ghibli masih bekerjasama dengan Walt Disney dalam hal distribusi, film-film karya Studio Ghibli juga sempat didubbing ke dalam bahasa Indonesia untuk ditayangkan di Disney Channel. Dan baik versi Disney Channel dahulu dengan versi Netflix sekarang, keduanya hadir dengan jajaran seiyu yang berbeda.

Adapun pihak-pihak lainnya yang turut terlibat dalam proses dubbing Arrietty ke dalam bahasa Indonesia adalah Sulaiman sebagai penerjemah dan Andri Dharma sebagai Adaptor.

© 2010 Studio Ghibli・NDHDMTW

Diproduksi oleh Studio Ghibli, Arrietty adalah film produksi Studio Ghibli yang diproduksi oleh Hiromasa Yonebayashi, dan dirilis pada tahun 2010. Dalam film ini dikisahkanlah mengenai makhluk-makhluk kecil menyerupai manusia yang hidup secara tersembunyi di rumah-rumah manusia. Film ini sendiri diangkat dari novel The Borrowers karya Mary Norton. Film ini sebelumnya sempat diputar di beberapa bioskop di Indonesia dalam rangka momen The World of Ghibli Jakarta pada tahun 2017 lalu.

Baca juga:

Mengenal Para Seiyu Princess Mononoke Versi Bahasa Indonesia di Netflix

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.