Mobil Jepang Mulai Banyak Pakai Fitur Canggih, Gara-gara Mobil Tiongkok?

0
mobil tiongkok
Glory i-Auto punya fitur menyerupai black box pada pesawat Sumber: Cinta Mobil

Belakangan mobil-mobil merek Jepang mulai membekali diri dengan ragam fitur canggih. Misalnya Toyota yang mulai menyematkan fitur Toyota Safety Sense pada sejumlah modelnya seperti terbaru pada Raize. Toyota Safety Sense ini memiliki deretan fitur keamanan dan keselamatan untuk para pengendara serta penumpang di dalamnya.

Setidaknya ada empat jenis fitur keamanan dan keselamatan yang terdapat pada Toyota Safety Sense. Keempat fitur itu adalah Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, dan Automatic High Beam. Sang saudara, Daihatsu pun juga menyematkan ragam fitur keamanan dan keselamatan pada sejumlah mobilnya lewat Advance Safety Assist (ASA). Di Indonesia, fitur ASA dihadirkan pada Daihatsu Rocky.

Selain Toyota-Daihatsu, Honda juga belakangan mulai menghadirkan fitur Honda Sensing pada mobilnya. Terbaru, fitur Honda Sensing hadir pada All New BR-V. Adapun fitur Honda Sensing berisi Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Auto High-Beam, Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, dan Lead-Car Departure Notofication.

Sebenarnya sejumlah fitur keamanan dan keselamatan itu bukanlah hal asing dan sudah juga tersemat pada mobil Tiongkok. Sebut saja Wuling yang menghadirkan fitur perintah suara berbahasa Indonesia hingga pengendalian mobil hanya lewat genggaman. Pun ada juga Collision Mitigation System, Forward Collision Warning, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assistance, dan masih banyak lagi tersemat pada mobil Wuling.

Selain Wuling, DFSK pun tak mau kalah. DFSK juga menghadirkan fitur voice command yang bisa menangkap 100 perintah suara pada SUV tertingginya yakni Glory i-Auto. Di samping itu ada juga fitur Vehicle Running Recorder yang punya fungsi mirip black box pada pesawat.

Sejak kehadiran mobil Tiongkok beberapa tahun terakhir, orang Indonesia seolah dibuat ‘melek’ dengan kehadiran fitur-fitur canggih yang disajikan. Tapi yang mungkin hal yang membuat terkejut adalah harganya. Dengan segudang fitur yang ditawarkan, deretan mobil Tiongkok itu justru lebih murah ketimbang para rivalnya dari Jepang.

Lalu apakah kehadiran fitur pada mobil merek Jepang dipengaruhi oleh mobil Tiongkok? Honda dengan tegas menjawab tidak. Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyebut kehadiran fitur Honda Sensing yang baru-baru ini disajikan pada All New BR-V bukan didasarkan persaingannya dengan mobil Tiongkok. Menurutnya, Honda sedari awal memang sudah memiliki komunikasi untuk All New Honda BR-V dari desain ketangguhan, fungsionalitas dari MPV dan SUV, yang pasti menghadirkan banyak teknologi yang pertama kali hadir di kelasnya, Honda Sensing, Walk-Away Autolock.

Sejatinya kehadiran fitur pada mobil memang disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Apalagi dengan fitur yang ada saja, sebuah model mobil tetap memiliki peminatnya sendiri. Namun para pabrikan memang kerap kali ingin menghadirkan fitur canggih pada setiap mobilnya guna meningkatkan keamanan dan keselamatan para pengendara di jalan.

KAORI Newsline | Sumber: Cinta Mobil (Penulis: Dina Rayanti)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.