Kesan Pertama: Selector Spread Wixoss

1

selector spread wixoss

J.C Staff kembali mempersembahkan seri anime bertemakan permainan kartu pada musim gugur ini. Selector Spread Wixoss merupakan sekuel langsung dari seri Selector Infected Wixoss yang sudah rilis pada musim semi lalu.

Berdurasi sepanjang 24 menit per episode, Selector Spread Wixoss akan ditayangkan selama 12 episode (1-cour). Seri anime ini memiliki genre permainan kartu yang dibalut dengan kisah yang cukup kelam serta beberapa adegan mengarah yuri (hubungan sesama jenis antara wanita), untuk itu seri anime ini memiliki klasifikasi untuk usia umur 17 tahun keatas.

selector spread wixoss cover

Advertisement Inline

Kisah Selector Spread Wixoss meneruskan tanda tanya besar yang terjadi di episode akhir Selector Infected Wixoss. Setelah pertandingan Selector antara Ruko melawan Iona dalam Iona Fan Event di konstruksi menara di tengah kota, Ruko berpisah dengan sang LRIG, Tama.

Selector merupakan para pemain kartu Wixoss (baca wi-kros) yang terpilih. Para pemain perempuan ini masing-masing memiliki kartu LRIG khusus yang memiliki jiwa. Jika seorang Selector memenangkan serangkaian pertarungan Wixoss melawan Selector lain, harapannya akan terwujud. Namun jika ia mengalami serangkaian kekalahan, maka harapan tersebut akan mengutuk sang Selector.

Pada akhir musim pertama, secara tiba-tiba Tama berpisah dengan Ruko dan kini Iona menjadi LRIG milik Ruko. Mengetahui misteri mengenai pertarungan Selector dan Wixoss, Ruko beserta sahabatnya Hitoe memutuskan untuk tidak lagi melakukan pertarungan Selector yang cukup berbahaya.

selector spread wixoss 2

Namun Iona sebagai LRIG Ruko justru mempertanyakan sikap aneh Ruko tersebut. Ruko pun mengakui bahwa dirinya sudah tidak ingin lagi bermain Wixoss karena berpisah dengan Tama, dan juga mengetahui misteri dibalik Wixoss. Dan dalam masa-masa tersebut, Ruko pun secara tiba-tiba kembali ditantang untuk bermain Wixoss oleh salah seorang Selector bernama Chiyori. Teringat akan janjinya dengan Hitoe dan Yuzuki yang telah menjadi LRIG milik Hitoe, Ruko tetap bersikeras untuk tidak kembali melakukan pertarungan antar Selector.

Di sisi lain, Akira yang sempat menjadi model hidupnya kini jatuh berantakan akibat kalah dalam pertempuran antar Selector. Namun suatu hari, Ulith yang sebelumnya merupakan LRIG milik Iona menemui Akira dan mengajak Akira untuk kembali menjadi model serta kembali menjadi Selector. Ulith beserta Akira kini berusaha untuk bertemu dengan Ruko dan mengalahkannya.

Bersama dengan Hitoe, Yuzuki, dan Chiyori, Ruko kini berusaha mengungkap misteri dibalik permainan kartu Wixoss. Perlahan-lahan, misteri mengenai hilangnya Tama, ruang putih, dan sosok misterius bernama Mayu akan terungkap.

Berjarak tidak terlalu jauh dari seri pendahulunya, animasi yang ditayangkan pun tidak terlalu berubah. Masih dengan kekhasan desain karakter yang cukup sederhana namun dengan pewarnaan yang didominasi oleh warna-warna bernuansa kelam. Tidak hanya pewarnaan, dari animasinya juga mengandung nuansa kelam. Meski demikian, gaya animasi yang dibawakan dalam seri anime ini cukup standar dan tidak ada sesuatu yang terlalu wah.

Pemilihan gaya animasi yang terkesan kelam ini ada kaitannya dengan cerita yang dibawakan. Karena meski mengambil tema permainan kartu, namun seri anime ini memiliki cerita yang cukup kelam dan berat. Hal ini dapat dilihat dari cerita yang ada pada musim sebelumnya.

Musik latar yang digunakan juga mendukung suasana gelapnya kisah yang dibawakan dalam Selector Spread Wixoss. Namun terkadang dibeberapa adegan penggunaan musik latar yang bernuansa kelam terkesan digunakan secara berlebihan.

Untuk musim ini masih tetap demikian, pada episode-episode awal suasana kelam dan beratnya cerita sudah cukup terasakan. Meski kelamnya cerita baru terasa saat episode 2, karena pada episode 1 lebih menitikberatkan kepada pengenalan tokoh serta flashback apa yang terjadi di musim sebelumnya. Tensi mulai dibangun pada episode 2 hingga 3 disaat Ruko mulai bertemu kembali dengan musuh lamanya, Akira serta Ulith yang semula LRIG milik Iona yang sudah bertukar tempat.

Pengenalan tokoh dalam musim kedua ini tidak dijelaskan secara jelas, sehingga bagi anda yang baru menonton seri anime ini, akan kesulitan mengikuti jalannya cerita dan sulit mengenal karakter yang ada jika tidak menonton musim pertamanya.

Kisah pada Selector Spread Wixoss ini sekilas lebih menitikberatkan pada sisi kosmologi dunia Wixoss. Berbagai pertanyaan mengenai asal usul Wixoss, apa itu LRIG, serta siapa Mayu akan terjawab dalam musim ini.

Akhir kata, Selector Spread Wixoss meramaikan seri anime bertemakan permainan kartu. Berkat penayangan seri anime Wixoss pertama kali pada musim semi lalu, permainan kartu ini mulai cukup dikenal di Indonesia. Namun bagi anda yang ingin menonton anime bertemakan permainan kartu, seri Wixoss seakan kurang tepat karena seri anime ini lebih menitikberatkan kepada dalam serta kelamnya cerita dengan twist-twist yang muncul dibandingkan menjelaskan mengenai permainan kartunya sendiri. Mengambil tema psychological juga membuat kisah dalam seri anime ini cukup berat untuk diikuti.

Berikut ini adalah beberapa cuplikan dari episode-episode awal seri anime Selector Spread Wixoss:

This slideshow requires JavaScript.

KAORI Newsline | Diulas oleh Rafly Nugroho

1 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.