Comiket 99 Kembali Desember 2021; Jangan Lupa Vaksin!

0
Proses penyusunan meja lingkar partisipan di Tokyo Big Sight, West. (Comic Market Preparation Commitee)

Kabar gembira bagi para penggemar karya indie (doujin) di seluruh dunia. Setelah sempat “libur” hampir dua tahun karena pandemi, acara doujin terbesar di dunia Comic Market (Comiket) 99 akan kembali diselenggarakan pada 30 dan 31 Desember 2021.

Tentu saja karena Covid-19 belum usai sepenuhnya, Comiket 99 yang menjadi Comiket perdana setelah pandemi ini akan banyak berbeda dibandingkan sebelum pandemi. Tidak akan ada lagi antre sembako berjam-jam seperti sebelumnya. Panitia akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk dan merencanakan penjualan tiket secara undian.

Selain itu, panitia menghimbau agar pengunjung dan partisipan melakukan vaksinasi sebelum datang dan memasang aplikasi pelacakan kontak Cocoa. Panitia akan berusaha semaksimal mungkin menyelenggarakan kegiatan “yang aman bagi semua orang, termasuk bagi mereka yang tidak dapat divaksin“. Namun bila calon peserta merasa ragu-ragu untuk vaksin, peserta diarahkan untuk mendapatkan informasi dari sumber terpercaya. Pengunjung diminta untuk mematuhi protokol kesehatan, dan panitia akan menolak masuk pengunjung yang tidak menggunakan masker. Bagi peserta yang membuka lapak, jumlah peserta dibatasi maksimum dua orang dan tidak diperkenankan membawa bangku tambahan.

Tidak hanya itu, seluruh pengunjung dan partisipan akan diminta untuk mendaftarkan informasi mengenai dirinya untuk mendukung upaya pelacakan kontak. Informasi pribadi ini akan dimusnahkan setelah satu bulan. Akan disediakan pula penyuci hama (hand sanitizer) di pintu masuk, dan ventilasi akan diupayakan semaksimum mungkin. Bagi para cosplayer, ruang ganti akan dikurangi jumlahnya.

Mengingat sampai saat ini Jepang masih membatasi akses masuk bagi warga asing non-penduduk, besar kemungkinan Comiket 99 hanya akan diikuti oleh mereka yang sudah berada di Jepang pada masa pandemi ini.

Sebelumnya, Comiket 98 dijadwalkan akan dilaksanakan pada Mei 2020, namun terpaksa dibatalkan karena wabah. Comiket 98 menjadi satu-satunya Comiket yang batal diselenggarakan, dan berbagai perniknya sudah terlanjur dicetak sebelum pandemi merebak.

Ingin mengenang kembali bagaimana ramainya dan keseruan Comiket sebelum pandemi? Baca kembali artikel di bawah ini!

Opini: Lho Kok Masih Mau Aja ke Comiket?

KAORI Newsline | oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.