November lalu, rekan saya dari KAORI Nusantara mengunjungi event HoYo-FEST Indonesia edisi Honkai Impact. Event tersebut telah berlalu dan di bulan Desember, HoYo-FEST kini hadir dengan tema Genshin Impact. Saya sengaja datang pada hari pertama event ini berlangsung, melihat seberapa ramai event ini pada saat launching, mengingat fandom-nya yang sudah begitu besar di Indonesia. Mumpung datang saat hari pertama, pada artikel ini saya menulis ulasan dan bagaimana cara menikmati HoYo-FEST Indonesia edisi Genshin Impact, untuk Anda yang masih ‘galau’ mau datang atau tidak.

Perlu digarisbawahi bahwa artikel ini ditulis secara fair review. Saya akan menilai setiap poin secara adil, tidak dilebih-lebihkan ataupun dikurangi. Ulasan dibagi menjadi beberapa poin sub-bab yang akan dibahas secara rinci satu per satu.

Keramaian

Poin ini tentu menjadi paling penting saat ini mengingat kita masih dalam kondisi pandemi. Terlebih, wilayah Jakarta, kota tempat event HoYo-FEST Genshin Impact berada, masih berada di PPKM Level 1. Saat saya tiba di Warung Koffie Batavia yang berada di dalam Grand Indonesia Mall sekitar pukul 9.30 pagi, sudah terlihat beberapa orang dalam hitungan jari yang menempati jalur antrean khusus customer HoYo-FEST Genshin Impact. Saya pun tidak tahu bagaimana para pengunjung yang sangat minor ini bisa mengakses masuk mal sebelum dibuka pada pukul 10 tepat. Tiap menit antrean memanjang secara perlahan. Kurang dari 5 menit setelah pintu utama mal untuk pengunjung publik dibuka, panjang antrean melonjak dengan sangat cepat hingga sekitar 50 meter. Tidak ada arahan protokol kesehatan untuk menjaga jarak di antrean, hanya inisiatif dari sebagian pengunjung.

Seluruh area restoran digunakan khusus untuk pengunjung HoYo-FEST. Semua meja digunakan dan tak ada pembatasan jumlah orang yang duduk dalam satu meja. Ruangan dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, area yang terlihat seperti balkon, yang akan dilalui pengunjung yang antre pada saat diarahkan untuk masuk (Foto: Ruangan 1). Kedua, ruangan indoor yang terdapat TV (Foto: Ruangan 2). Ketiga, area outdoor dekat pintu keluar pengunjung (Foto: Ruangan 3). Beberapa titik menjadi sangat padat karena jalur orang lalu-lalang dipakai untuk antrean.

Ruangan 1
Ruangan 2

Seperti di ruangan yang indoor, meja customer dijajar di kiri-kanan dengan jalur lalu-lalang sempit di tengah. Jalur itu terpaksa diisi antrean merchandise yang mengular dari depan resepsionis. Sehingga jika Anda memilih duduk di sana, anda melihat dengan sangat dekat orang berdiri di depan Anda. Sementara untuk orang bulak-balik pun harus ‘nyempil-nyempil’ sambil bilang “permisi”. Jika Anda dapat memilih tempat oleh staf, saya sarankan pilih area outdoor dekat pintu keluar karena memang itu yang cukup kondusif. Namun, lebih baik jangan berharap bisa memilih tempat karena reservasi saja sudah full-booked. Apalagi jika ternyata banyak yang membaca artikel ini selain Anda, tidak mungkin semuanya bisa minta di area outdoor.

Ketersediaan dan Operasional

Langsung saja, panitia menyebut setidaknya dalam satu minggu ke depan (per 3 Desember 2021 pukul 10.00 WIB), pengunjung HoYo-FEST edisi Genshin Impact sudah full booked baik untuk reservasi dine-in maupun takeaway. Dengan kata lain, mereka tidak bisa menerima pengunjung yang tidak memiliki kode reservasi sebelumnya. Reservasi pun minimal harus dilakukan 3 hari sebelum tanggal pilihan Anda.

Prosedur operasional dibagi menjadi 3 antrean. Pertama, antrean masuk restoran yang sudah memiliki kode reservasi. Antrean ini cukup memakan waktu karena panitia mengkonfirmasi kode reservasi Anda secara manual. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke antrean merchandise jika masih tersedia. Syarat pembelian merchandise pun memerlukan pesanan menu restoran ala carte dengan jumlah minimal Rp98.000,- per kwitansi.

Antrean ini memakan waktu jauh lebih lama lagi karena pembelian merchandise dibatasi maksimal 5 items per kwitansi dan tidak boleh memilih jenis merchandise yang sama. Jumlah tiap-tiap item pun terbatas setiap harinya. Keterbatasan tersebut membuat sebagian besar pengunjung berpikir cukup lama memilih merchandise. Saya menyarankan Anda sudah mempunyai Plan B-C untuk pilihan item-nya sebelum sampai pada giliran Anda untuk mempersingkat waktu.

Antrean berikutnya adalah pesanan menu. Antrean ini pendek karena sebenarnya hanya opsional. Jika Anda sudah memilih menu a la carte pada saat reservasi sebelum hari H, Anda tidak perlu mengantre pesanan menu di lokasi. Kecuali diperlukan konfirmasi ulang pesanan menu oleh panitia atau Anda sendiri yang ingin mengganti menu, namun kasus ini jarang terjadi.

Setelah selesai transaksi, Anda diarahkan ke meja Anda bagi yang dine-in, atau jika beruntung diperbolehkan memilih meja. Hal yang perlu diapresiasi adalah, pesanan tiba dengan sangat cepat. Sistem memilih pesanan menu saat reservasi sebelum hari H mungkin faktor yang paling berpengaruh. Durasi dine-in dibatasi maksimal 1 jam dengan alasan protokol kesehatan.

Dekorasi dan Suasana

Pada saat HoYo-FEST edisi Honkai Impact beberapa waktu lalu, dekorasi restoran menjadi perhatian para netizen. Sepertinya hal itu sangat berdampak untuk edisi Genshin Impact. Poster bertema sudah banyak bertebaran di dinding, terutama di dinding sekitar resepsionis. Ada standee Lumine, Aether, dan Paimon berskala 1:1 di area luar dan indoor sehingga masing-masing berjumlah 2 buah.

HoYo-FEST Genshin Impact

Terdapat 3 backdrop bertema untuk foto-foto, yang salah satunya bertema khusus Genshin Impact 1st Anniversary. Sebuah TV LCD dipasang di area indoor, memperlihatkan streaming dari streamer resmi mereka. Di seluruh area restoran, telinga Anda akan ditemani oleh lagu tema Monstadt sebagai backsound. Namun, yang patut diacungi jempol adalah, mereka mengundang guest cosplayer karakter Genshin Impact untuk pengunjung berfoto. Sepertinya guest cosplayer ini akan berbeda setiap harinya. Hari pertama saat saya datang ada karakter Bennett yang dimainkan oleh cosplayer Satoru Sato. Vision-nya keren bisa menyala.

HoYo-FEST Genshin Impact

Merchandise

Seperti yang sudah disinggung pada bagian Ketersediaan dan Operasional, syarat pembelian merchandise memerlukan pesanan menu restoran a la carte dengan jumlah minimal Rp98.000,- per kuitansi. Pembelian merchandise juga dibatasi maksimal 5 items per kuitansi dan tidak boleh memilih jenis merchandise yang sama. Jumlah tiap-tiap item pun terbatas setiap harinya. Jenis-jenisnya dibagi menjadi gantungan kunci, standee skala kecil, pin, poster dan postcard. Semua karakter dari Monstadt dan Liyue tersedia lengkap, namun belum ada karakter dari Inazuma.

HoYo-FEST Genshin Impact

Saya cukup mengapresiasi ketersediaan merchandise edisi Genshin Impact ini. Pada edisi sebelumnya, yaitu Honkai Impact dan Tears of Themis, saya mendengar “kabar burung” kalau setiap harinya merchandise sudah habis ‘ludes’ dalam hitungan menit setelah restoran dibuka. Saya tidak menemukan fakta itu pada saat edisi Genshin Impact kali ini. Saya cukup lama berada di restoran, dan pada saat saya hendak pergi untuk pulang sekitar pukul 1 siang, antrean merchandise masih cukup panjang dan panitia yang menangani bagian tersebut juga masih sibuk melayani. Walaupun memang sudah semakin terbatas pilihannya dikarenakan beberapa item sudah sold out.

Menu Makanan dan Harganya

Seperti edisi sebelumnya, tidak ada menu set khusus bertema Genshin Impact pada edisi kali ini. Pengunjung diminta memilih menu a la carte yang mana menu tersebut memang daftar menu standar dari restorannya. Makanan dikemas dengan box edisi HoYo-FEST, baik untuk pengunjung dine-in ataupun takeaway. Harganya pun memang harga normal dari restorannya, namun khusus pengunjung HoYo-FEST Genshin Impact, jumlah harga menu per kuitansi dikenai pajak 21%. Terdapat bonus menu untuk pengunjung HoYo-FEST berupa pudding rasa coklat, mangga, atau stroberi yang diberikan secara acak. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat daftar menu berikut.

Menu makanan “standar” di Warung Koffie Batavia yang menjad tempat event cafe HoYo-Fest.
HoYo-FEST Genshin Impact
Paket makanan di HoYo-Fest Genshin Impact, lengkap dengan bonus pudding gratis.

Cara Menikmatinya

Akhirnya kita sampai pada bagian ini. Berdasarkan poin-poin yang sudah saya ulas di atas, HoYo-FEST Indonesia edisi Genshin Impact unggul dari segi dekorasi, suasana, dan merchandise. Jika bicara mengenai dekorasi dan suasana, collaboration cafe ini cocok untuk Anda yang mempunyai keterikatan cukup mendalam pada game-nya itu sendiri. Anda akan bisa menikmati dengan sendirinya dengan foto-foto dengan pernak-pernik yang ada, seperti berfoto dengan standee Lumine, ataupun mengoleksi bonus kemasan makanan dan goodiebag-nya.

Anda juga akan puas mengunjungi cafe Genshin Impact jika Anda mempunyai keterikatan dengan karakter di dalam game-nya. Cukup satu karakter saja. Jika Anda tipe fans yang ‘bucin’ dengan Ganyu, incarlah merchandise resminya. Jika ‘hasubando’ Anda Diluc, belilah standee-nya. Anda akan menemukan kepuasan tersendiri mengoleksi pernak-pernik resmi dari karakter kesukaan Anda dari game kesukaan Anda pula. Kecemasan Anda terhadap kekurangan cafe ini akan terbayarkan dengan kepuasan. Selamat bersenang-senang, Tabibito-san.

KAORI Newsline | Bramantyo Wibisono a.k.a Gorengan Nyender

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.