Halaman ini merupakan kelanjutan dari halaman sebelumnya.

Animasi yang Detil

© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Mungkin satu hal yang sangat mengejutkan dari anime ini adalah visualnya. Walaupun anime ini ingin menunjukan sisi moe, anime ini tetap memberikan gambar latar belakang yang sangat detil dan wah sekali. Untuk sebuah anime slice of life standar dan umum, penyajian seperti ini sangatlah luar biasa. Bila saya melihat anime slice of life lainnya, sebut saja; Acchi Kocchi, Kiniro Mosaic, atau bahkan K-On! Menurut saya, anime ini menyajikan visual yang hebat. Selebih lagi ketika menonton ini, fokus saya masih terfokus pada setiap karakter dalam ceritanya. Dan latar belakang tersebut tidaklah terlalu menganggu, malah membuat saya lebih terseret ke dalam dunia anime ini.

Dari sisi animasi sendiri, animasinya digambarkan dengan sangat halus dan pergerakan karakternya juga enak untuk dilihat. Kota dan lingkungan sekitarpun terasa sangat hidup dengan kehidupan. Saya pribadi sangat suka penggambaran animasi ekspresi setiap karakter, baik itu muka Run yang merasa binggung atau aksi Tooru yang mengusir laki-laki yang mendekati Run. Melihat animasi karakter itu membuat saya tertarik dan tersenyum akan anime ini.

© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Setiap momen kehidupan masa muda para karakter ini digambarkan dengan begitu indahnya dan hal ini semakin membuat saya merasa senang akan persahabatan mereka. Apalagi setiap momen ini juga diiringi musik yang mendukung.

Masa Muda yang Indah

© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Anime ini penuh dengan musik indah dan menyenangkan untuk menemani penonton di setiap episodenya. Pertama-tama lagu pembuka anime ini dibawakan oleh Marina Kawano dengan judul “Morning Arch”, dengan lantunan dan musik yang santainya diawal dan semakin semangat seiring waktu, membuat lagu ini sebagai lagu tema pembuka favorit saya. Lagu tema ini juga divisualisasikan dengan berbagai gambar indah mengenai kehidupan dari karakter yang ada. Visual tersebut menangkap suasana slice of life dari karakter ini dan kesantaian dari anime ini.

Lalu lagu penutup dari anime ini dinyanyikan oleh para karakter di sini dengan judul “Humming Girl”.  Ya saya rasa cukuplah lagunya. Apa yang saya harapkan dari lagu penutup sebuah anime slice of life. Seminimalnya lagu ini menangkap suasana persahabatan dari karakter yang ada. Semua digambarkan dengan baik dalam bentuk animasi setiap karakter saat berinteraksi di sekolah dan melakukan kesehariannya juga.

Setiap episode penonton akan menemui berbagai lagu baru yang dinyanyikan oleh salah satu karakternya maupun semuanya, dan rasanya sangatlah indah. Karena terasa sekali seperti musik persahabatan antara karakter yang ada. Walaupun tidak semua lagunya enak untuk didengar, setidaknya lagu itu menghidupkan suasana keseharian mereka. Terlebih lagi BGM dan SFX yang ada juga hadir untuk lebih mewarnai setiap momen yang ada di anime ini. 

Kesimpulan

© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Di awal artikel saya sempat menyebut bahwa anime ini adalah bentuk literal dari apa yang dapat kalian nantikan dari sebuah anime slice of life yaitu “kehidupan nyata karakter”. Bila saya mengomparasikannya dengan anime lainnya, biasanya slice of life dari anime tersebut pasti memiliki bumbu lainnya. Sebut saja anime seperti K-On!, setidaknya menceritakan mengenai pembuatan band, Azumanga Daioh memiliki siswi super pintar yang masuk SMA, Kiniro Mosaic mengenai siswi pindahannya, atau bahkan Nichijou yang memiliki lelucon yang di luar nalarnya. Bumbu tersebut mampu memberikan kesan berbeda pada anime-anime itu, namun tidak pada anime ini. Karenanya di A-Channel kalian hampir tidak akan menemukan bumbu spesial, menarik, maupun unik. Anime ini benar-benar menceritakan siswi yang diterima di SMA dan menikmati kehidupan SMA-nya bersama-sama.

Jadi apakah anime ini jelek? Tidak juga. Walaupun tanpa bumbu tambahan, anime ini mampu berdiri sendiri dan tampil sederhana untuk menyenangkan saya. Melihat cerita para sisiwi yang pergi ke pantai, berbelanja, membantu satu sama lain, hingga berkaraoke, walaupun sangatlah generik, anime ini membawakan cerita yang nyaman. Bahkan walau tanpa ada perkembangan karakterpun, anime ini terasa hidup sekali, baik itu dari pengkarakteran yang baik, visual maupun animasi yang oke, dan lagu yang seru.

Karena itulah, saya akan merekomendasikan anime ini kepada siapapun terutama yang penikmat slice of life atau yang baru saja ingin menonton anime. Kesederhanaannya inilah yang membuat A-Channel dapat menjadi anime yang menyenangkan, mulai dari melihat kehidupan sehari-hari para siswi hingga komedi ringan. Maka tentu saja A-Channel dapat menjadi tontonan slice of life selanjutnya kalian. 

Kelebihan

  • Slice of life yang beneran slice of life
  • Animasi dan visual yang luar biasa untuk tema ini
  • Adanya lagu karakter khusus di setiap episode
  • Komedi ringan yang menyenangkan

Kekurangan

  • Ke-“generik”annya mungkin bukanlah selera semua orang
  • Tidak adanya perkembangan karakter
Judul Lain Aチャンネル
Karya Asli Komik buatan bb Kuroda
Pengisi Suara

Aoi Yuuki (Slime Taoshite 300-nen, Mahou Shoujo Madoka Magica) sebagai Tooru Ichii
Minako Kotobuki (Idoly Pride, Aikatsu) sebagai Yuuko Nishi
Kaori Fukuhara (Shinmai Maou no Testament, Sora no Otoshimono)  sebagai Run Momoi
Yumi Uchiyama (3-gatsu no Lion, Bakuon!!) sebagai Nagisa Tennouji

Sutradara Manabu Ono (Overlord, Mayoi Neko Overrun!)
Komposisi Seri Tatsuhiko Urahata (Black Bullet, Rokka no Yuusha)
Desainer Karakter Masakatsu Sasaki (Fly Me to the Moon, Digimon Adventure tri)
Lagu Pembuka

“Morning Arch” oleh Marina Kawano

Lagu Penutup

“Humming Girl (ハミングガール)” oleh Kaori Fukuhara, Aoi Yuuki, Yumi Uchiyama, and Minako Kotobuki
“Harukaze no Kagaku (はるかぜの化学)” oleh Kaori Fukuhara, Aoi Yuuki, Yumi Uchiyama, and Minako Kotobuki 

Studio

Studio Gokumi (Ramen Daisuki Koizumi-san, Tonari no Kyuuketsuki-san)

Situs resmi https://www.a-ch.jp/
Twitter @A_CH_anime
Mulai tayang pada 7 April 2011 (1640 GMT, 2340 WIB) dan 8 April 2011 (0140 JST)

 

KAORI Nusantara | Oleh Cakra Bhirawa

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.