Muse Indonesia Akan Turut Menayangkan Anime Dengan Dubbing Indonesia di Youtube Mereka?

0
muse dubbing

Muse Indonesia selama ini telah menemani para penggemar anime dengan sajian-sajian animenya yang memukau. Apalagi sejak tahun 2021 lalu mereka mulai menambahkan fitur dubbing dengan bahasa Indonesia di sejumlah anime mereka. Tercatat beberapa anime dari Muse Indonesia yang telah tersedia dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah Kimetsu no Yaiba, Sabikui Bisco, Kenja no Deshi, Attack on Titan, dan Spy x Family yang semuanya didubbing oleh ATM Studio, dan juga Tokyo Revengers yang didubbing oleh IYUNO.

Meskipun begitu, selama ini anime-anime tersebut umumnya ditayangkan melalui platform-platform streaming lainnya seperti Bstation, Viu, iQIYI, dll. Hingga saat ini masih belum ada satupun anime dengan dubbing berbahasa Indonesia yang ditayangkan langsung melalui akun Youtube Muse Indonesia. Namun berdasarkan pernyataan dari Daem di sesi #Museminar bersama seiyu Spy X Family pada tanggal 22 Juni 2022 lalu, nampaknya saat ini Muse Indonesia tengah berencana untuk turut menayangkan anime dengan dubbing berbahasa Indonesia di Youtube mereka.

Dalam menit ke 1:06:20, ada pertanyaan penonton yang menanyakan apakah Muse Indonesia akan menayangkan anime dengan dubbing atau tidak. Daem pun menjawab nantikan saja karena nanti akan ditayangkan di Youtube. Adapun untuk animenya akan diumumkan nanti ada anime apa saja yang akan ditayangkan dengan dubbing.

Sebelumnya pada menit ke 58:15 terdapat pertanyaan juga mengapa jarang ada informasi mengenai siapa-siapa saja yang ikut mendubbing dalam bahasa Indonesia. Meskipun jawabannya cukup kompleks, namun Daem menyebutkan bahwa pihak Muse ke depannya memang ingin lebih memberikan kredit kepada para seiyu. Dan dengan mengundang seiyu Spy X Family, hal ini menjadi langkah pertama untuk itu. Karenanya ke depannya mereka berencana untuk terus mengusahakan untuk lebih mengenalkan dunia dubbing kepada masyarakat.

Saat ini sebagaimana sempat diberitakan sebelumnya, Muse Indonesia sendiri juga tengah merencanakan satu lagi proyek anime yang akan didubbing. Meskipun begitu, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai proyek anime dengan dubbing terbaru tersebut.

Baca juga:

Kami Mengintip Proses Dubbing Kimetsu no Yaiba

Kami Ngobrol dengan Seiyu Obanai dan Nezuko di Kimetsu no Yaiba Versi Bahasa Indonesia

KAORI Newsline

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.