Wawancara KAORI Nusantara dengan Nano

111

nano

Beberapa waktu lalu KAORI Nusantara mendapat kesempatan mewawancarai artis musik asal Jepang, Nano. Artis yang namanya dikenal karena mengisi beberapa lagu anime ini baru saja meluncurkan album terbarunya pada 27 Januari lalu.

Lahir pada 12 Juli di New York, Amerika Serikat, nano memiliki kemampuan untuk bernyanyi secara bilingual (Jepang dan Inggris). Sejak tahun 2010, nano telah menyanyikan banyak cover lagu terutama dari theme song anime dan lagu barat yang lalu diunggah di YouTube.

Pada bulan Maret 2012, ia merilis album pertamanya yang berjudul nanoir. nano langsung menduduki peringkat ke-10 di chart harian Oricon sejak hari pertama penjualan album pertamanya, lalu peringkatnya terus menanjak secara spektakuler sebagai pendatang baru.

Advertisement Inline

Kemudian nano mengisi lagu pembuka anime Phi Brain: Puzzle Of God berjudul Now Or Never yang menjadi single pertama untuk nano. Setelah itu nano merilis single kedua yang berjudul No Pain, No Game yang juga dipergunakan sebagai lagu pembuka anime BTOOOM! pada bulan October 2012.

nano merilis album ke-dua-nya yang berjudul “N” di bulan Februari 2013 dan menduduki peringkat ke-8 di tanggal lagu mingguan Oricon. Pada tanggal 18 May 2013, nano tampil di sebuah acara konvensi kebudayaan Jepang lalu tampil di Dusseldorf (Jerman) pada tanggal 19 May dan berhasil menarik penonton sejumlah lebih dari 1,500 orang. nano lalu melakukan 2 pertunjukan dalam rangkaian tur “Color My World” di Tokyo dan Osaka pada bulan Agustus.

Single ke-3 nano dirilis pada bulan October 2013 yang berjudul “Savior Of Song” di mana lagu ini juga dipakai sebagai lagu pembuka anime Arpeggio of Blue Steel, di mana dalam lagu ini, nano juga berkolaborasi dengan band My First Story. Lagu ini langsung menduduki peringkat ke-10 di tangga lagu mingguan Oricon.

Berikut petikan wawancara bersama tim redaksi KAORI melalui surel.

Nano sudah cukup dikenal di Indonesia terutama karena lagu-lagu animenya. Kira-kira, ada rencana untuk tampil di Jakarta?
Saya ingin! Kalau warga Jakarta antusias, saya ingin ke sana!

Saat ini penjualan album di Jepang khususnya dalam bentuk fisik (CD) sedang menurun, bagaimana pendapat nano mengenai industri musik pop di Jepang saat ini?
Di satu sisi tentu saya merasa sedih, tapi saya merasa perubahan tentunya tidak terelakkan untuk perkembangan dan pertumbuhan industri musik. Tidak berarti semua perubahan itu buruk. Lebih penting bagi saya, bagaimana perubahan bisa menginspirasi musisi dengan cara berbeda untuk menciptakan karya baru. Saya yakin masa depan industri musik masih akan cerah.

Apa gadget kesukaan nano?
Saya sekarang ini melakukan segala aktivitas saya di iPhone. Selama saya memegang ponsel saya, saya siap beraktivitas.

Apa ada album-album yang memengaruhi gaya Anda dalam bermusik? Boleh disebutkan?
Agak sulit ya menjawab hal ini karena saya mendengarkan berbagai macam lagu. Tapi kalau saya boleh sebut, ini dia: The Beatles “1962-1966”, Enya “A Day Without Rain”, Avril Lavigne “Under My Skin”, OneRepublic “Dreaming Out Loud”, MIYAVI “MIYAVI”.

Apa lima anime terbaik menurut nano?
Meitantei Conan (Detective Conan), Hagane No Renkinjutsushi (Fullmetal Alchemist), Code Geass, Doraemon, Aoki Hagane no Arpeggio (Arpeggio of Blue Steel).

KAORI Newsline

111 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.