PT Kereta Api Indonesia Luncurkan E-Kiosk

0
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat mencoba membeli tiket KA
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro saat mencoba membeli tiket KA menggunakan e-Kiosk (Sumber: kereta-api.co.id)

PT Kereta Api Indonesia meresmikan fasilitas layanan terbarunya. PT KAI bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia, salah satu anak perusahaan PT Telkom Indonesia meluncurkan layanan mesin pemesanan tiket E-Kiosk. E-Kiosk merupakan fasilitas pemesanan tiket kereta api yang mirip dengan vending machine.

Soft Launching E-Kiosk ini dilakukan pada hari Jum’at (13/3) dan sudah dapat digunakan oleh para calon penumpang untuk membeli tiket kereta api.

Dengan E-Kiosk ini, calon penumpang cukup menginput data perjalanan kereta api seperti tanggal perjalanan, stasiun asal dan stasiun tujuan serta nama kereta api yang akan dipilih. Calon penumpang juga harus menginput data identitas diri calon penumpang dan nomor telepon yang dapat dihiubungi. Input data dapat dilakukan melalui layar touch screen atau keyboard fisik yang ada pada mesin E-Kiosk. Calon penumpang juga dapat memilih posisi tempat duduk di kereta saat melakukan pembelian tiket melalui mesin ini. Setelah selesai melakukan pembelian, calon penumpang wajib mencetak tiketnya di mesin layanan Cetak Tiket Mandiri (CTM).

Dengan E-Kiosk ini, calon penumpang dapat membeli tiket tanpa mengantre di loket. E-Kiosk ini dapat melakukan pembayaran tunai dengan uang pecahan Rp. 2000,- hingga Rp. 100.000,-. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan kartu debit jaringan Alto, dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom.

“Untuk tahap awal, E-Kiosk ini tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit. Namun ke depannya, kami bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia, akan menyediakan fasilitas E-Kiosk ini di seluruh stasiun besar di Jawa dan Sumatera,” ungkap Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

KAORI Newsline | Oleh Fasubkhanali

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.