Hanakimi : Akankah Mengembalikan Kepopuleran Dorama Jepang???

8

Dorama Jepang sesungguhnya memiliki sejarah yang cukup panjang dalam pertelevisian Indonesia. Adalah Dorama Oshin yang pernah ditayangkan oleh TVRI para akhir dekade 1980an dan sangat digemari oleh generasi pada zamannya bahkan hingga kini. Begitupun Dorama Rin Tachibana yang juga ditayangkan oleh TVRI pada tahun 1990 dan tercatat sebagai film pertama dengan sulih suara produksi Indonesia pertama. Kemudian datanglah Indosiar pada tahun 1995. Stasuin TV berlambang matahari ikan terbang inipun cukup berani mengukuhkan dirinya menjadi TV dengan spesialisasi drama Asia dan Anime. Tak lupa pula dengan Dorama Jepang, berbagai judul dari Tokyo Love Story, Ordinary People, Great Teacher Onizuka, sampai One Litre of Tears. Tak lupa dengan TPI yang pernah menayangkan Rindu-Rindu Aisawa pada tahun 1999.

Namun seiring dengan berkembangnya waktu, popularitas Dorama Jepang di mata pemirsapun mulai surut. Dorama terakhir yang tayang di TV Indonesia yaitu Boys Over Flowers yang pernah ditayangkan di Indosiar pada medio tahun 2008 saja akhirnya tidak sukses dan terpaksa harus berganti-ganti jam tayang dari penayangan awalnya setiap hari Selasa jam 22.00 WIB hingga digeser berkali-kali ke jam tayang lain hingga tidak jelas lagi nasib penayangannya. Padahal dua serial adaptasinya yang berasal dari negara lain yaitu Meteor Garden dan Boys Before Flowers berhasil meraup kesuksesan pada jam tayang yang sama. Sejak saat itu Dorama Jepang di TV Indonesia boleh dikatakan sudah habis sama sekali tergilas oleh pembajakan dan booming Drama Korea Selatan.

Namun kini Indosiar tengah berupaya untuk menghidupkan Dorama Jepang kembali. Terhitung mulai tanggal 18 Juni 2011, Indosiar akan menayangkan Dorama berjudul Hanakimi setiap hari Sabtu dan Minggu jam 14.30-15.20 WIB. Dengan dibintangi oleh nama-nama seperti Dewi Arifiani, Jane Leisila Zahara, Ika Zidane, Jeffry Sani, D'den Stovia, Ahmad Zulkifli Lubis, dan sederet nama lainnya yang akan bertugas sebagai pengisi suara, penayangan Hanakimi ini diharapkan dapat menghidupkan kembali popularitas Dorama Jepang yang sudah mati suri selama 3 tahun terakhir.

Advertisement Inline

Beberapa Seiyuu yang terlibat dalam pengerjaan Hanakimi : Dewi Arifiani, Jane Leisila Zahara, dan Ika Zidane

Dorama yang diadaptasi dari Komik dengan judul lengkap Hanazakari no Kimitachi e karangan Hisaya Nakajo (komiknya telah beredar di Indonesia oleh Level Comic) ini sebenarnya sudah dilisensi oleh Indosiar beberapa tahun yang lalu. Namun baru bisa ditayangkan sekarang karena beberapa masalah. Diharapkan Dorama pertama yang akan muncul setelah Boys Over Flowers ini bisa mendapatkan rating dan popularitas yang memuaskan sehingga bisa tayang sampai selesai dan membuka jalan bagi kembalinya penayangan Dorama Jepang di TV Indonesia.

Selamat menonton!!!!!

 

KAORI Newsline|via saddam

 

8 KOMENTAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.